TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Fakta Menarik Ivan Zamorano dan Nomor Kostum 1+8

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Minggu, 18 Januari 2015

Fakta Menarik Ivan Zamorano dan Nomor Kostum 1+8



Ivan Zamorano dan nomor kostum unik 1+8 (Sumber foto: Inter.it)


APA yang Anda ingat dari sepak bola Cile? Kalau berbicara saat ini, jelas ada Arturo Vidal yang memperkuat Juventus, Alexis Sanchez (Arsenal), Gary Medel (FC Internazionale), atau Claudio Bravo (Barcelona)? Ya, mereka merupakan tulang punggung kesuksesan Cile di Piala Dunia 2014 hingga melangkah ke 16 Besar sebelum ditundukkan tuan rumah Brasil via adu penalti.

Namun, mengenai sejarah sepak bola tim berjulukan "The Red One" ini, jangan lupakan beberapa pemain legendarisnya. Salah satunya, Ivan Zamorano yang pernah dijuluki sebagai "predator" terbaik di depan gawang pada era 1990-an. Ya, kebetulan, hari ini merupakan ulang tahun ke-48 dari sosok yang mewakili Cile dalam Pemain Terbaik Abad ini versi legenda hidup Brasil, Pele (FIFA 100).

Zamorano dilahirkan di ibu kota Cile, Santiago, pada 18 Januari 1967. Sepanjang karier profesionalnya, dia sudah memperkuat delapan klub berbeda selama dua dekade sejak 1983 hingga 2003. Nah, di antara daftar tim tersebut, kesuksesan Zamorano terjadi saat membela Real Madrid di La Liga Spanyol pada 1992-96 dan Inter di Seri A Italia (1996-01).

Untuk tim pertama, Zamorano berhasil meraih tiga gelar prestisius seperti Copa del Rey, Piala Super Spanyol, dan tentunya La Liga. Itu belum termasuk catatan pribadinya saat memenangkan gelar "Pichichi" alias pencetak gol terbanyak di La Liga pada 1994/95 dengan 28 gol dari 38 pertandingan.

Ketajamannya itu tentu saja memikat Presiden Inter -saat itu- Massimo Moratti yang langsung merekrutnya pada mercato musim panas 1996/97. Yang menarik tentang Zamorano bersama "I Nerazzurri" mengenai perpindahan nomor punggungnya, dari "9" yang jadi ciri khasnya menjadi "18".

Itu terjadi pada musim 1998/99 ketika Inter mendatangkan Roberto Baggio. Sebab, saat itu terjadi sedikit "perebutan" mengenai hak dari nomor punggung Zamorano yang melibatkan Ronaldo Luiz Nazario de Lima. Lantaran, terkait klausul dalam kontrak memaksa manajemen memberikan nomor punggung "10" untuk Baggio dan Ronaldo "9". 

Alhasil, demi menimbulkan polemik, terpaksa Zamorano mengalah terhadap kedua pemain tersebut yang membuatnya kian dicintai Interisti di seluruh dunia. Bisa dipahami mengingat Ronaldo saat itu baru saja mendapat gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA 1996 dan 1997. Sementara, Baggio meraihnya pada 1993.

Nah, karena sudah kadung betah dengan nomor punggung "9", maka Zamorano pun meminta pelatih Inter saat itu, Luigi Simoni untuk memberikannya jersey nomor "18". Ada apa dengan angka 18? Ternyata, usut punya usut, 18 merupakan gabungan dari angka 1 ditambah 8 yang sama dengan 9 yang merupakan nomor identik Zamorano selama ini.

Tak lupa, bomber berjulukan "Bam-bam" yang merupakan tokoh dalam kartun The Flinstones ini menambahkan + di antara angka 1 dan 8. Jadilah, Zamorano sebagai pemain dengan nomor punggung unik 1+8 yang membuatnya hingga kini dikenang tidak hanya Interisti saja, melainkan juga penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Selamat ulang tahun, Zamorano!

*        *        *


Artikel Juventus sebelumnya:

Artikel AC Milan sebelumnya
Kembalinya "Il Sette Magnifico"

Artikel sepak bola lainnya:
17 Januari Kelahiran Guillermo Stabile
Juara Bertahan Real Madrid Tersingkir
Sepak Bola Italia Miskin Ide

Fakta Menarik Seri A sebelumnya:

*        *        *

Cikini, 18 Januari 2015

5 komentar:

  1. hihihi 18 biar totalnya 9 toh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. :)
      eh, ada penggemar kelinci...
      blognya baru lagi euy.

      Hapus
  2. hihi ini yang lama malah mas hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. di sini http://www.hukumpedia.com/pistasimamora ga bisa komentar ya?
      atau harus login or daftar?

      Hapus
    2. komentar ada 2 cara mas, bisa daftar dulu trus login atau langsung komentar dari facebook *promosi hihi

      Hapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)