TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Real Madrid Lengkapi Koleksi Gelar 2014

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Minggu, 21 Desember 2014

Real Madrid Lengkapi Koleksi Gelar 2014

Penggawa Real Madrid saat menjuarai Liga Champions 2014/15 (sumber foto: Uefa.com)


REAL Madrid akhirnya berhasil menjuarai satu-satunya trofi yang belum pernah digenggam sebelumnya: Piala Dunia Klub. Itu setelah skuat asuhan Carlo Ancelotti mengalahkan San Lorenzo 2-0 di Stadion Marrakech, Maroko, barusan atau Minggu (21/12) dini hari WIB. Gol "Los Merengues" disumbangkan Sergio Ramos pada menit ke-37 dan Gareth Bale (51).

Kemenangan atas juara Piala Libertadores 2014 ini tentu sangat menggembirakan. Wajar, jika fan Madrid di seluruh dunia larut dalam pesta yang tiada hentinya. Sebab, Piala Dunia Klub merupakan gelar satu-satunya yang belum pernah diraih sepanjang sejarah klub. Kecuali, Piala Winners yang memang sudah dilebur dengan Piala UEFA (kini Liga Europa) sejak 1998/99.

Memang, sebelumnya mereka pernah memenangkan turnamen serupa yang mempertemukan antarklub terbaik Eropa dan Amerika Latin hingga tiga kali pada 1960, 1998, dan 2002. Namun, saat itu masih bernama Piala Toyota -merujuk sponsor utama- atau juga kerap disebut sebagai Piala Interkontinental.

Sementara, Piala Dunia klub yang diprakarsai FIFA baru dimulai pada 2000. Atau, secara rutin menggantikan Piala Toyota sejak 2005 yang dimenangkan Liverpool pada edisi perdana. Nah, di ajang ini, Madrid harus mengakui dominasi Barcelona yang sudah dua kali juara pada 2009 dan 2011.

Bahkan, keberhasilan Lionel Messi dan kawan-kawan pada 2009 menorehkan sejarah baru. Yakni, Barcelona merupakan klub pertama yang sukses meraih seluruh gelar pada 2009 tahun kalender. Saat itu, mereka mememenangkan titel La Liga, Piala Raja, Piala Super Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Klub.

Catatan fantastis itu yang belum pernah bisa disamakan hingga kini. FC Internazionale dan Bayern Muenchen nyaris mencobanya pada 2010 serta 2013. Namun, mereka terkendala di Piala Super Eropa dan Piala Super Jerman.

Begitu juga dengan Madrid saat ini yang harus puas hanya mengoleksi empat trofi (Piala Raja, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Klub). Sementara, dua gelar lagi melayang akibat kalah dari rival sekota, Atletico Madrid pada ajang La Liga dan Piala Super Spanyol.

Meski gagal menyamai prestasi terbaik Barcelona pada empat tahun silam, atau malah tertinggal dari Inter dan Muenchen. Fakta tersebut tidak membuat fan Madrid patah arang. Bagaimana pun, mereka masih layak disebut sebagai tim terbaik dunia berkat 10 kali meraih Liga Champions atau "La Decima".

Sebab, trofi "Si Kuping Lebar" -sebutan Liga Champions- jelas lebih prestisius dibanding apapun dalam level klub. Mungkin, hanya kalah gengsi dari Piala Dunia yang memang berlangsung empat tahun sekali dan diikuti seluruh negara yang ada di kolong langit.

Termasuk saya pribadi sebagai Juventini -fan Juventus- yang harus mengakui bahwa Madrid memang pantas disebut sebagai "penguasa" sepanjang musim 2013/14 hingga kini. Maklum, keberhasilan "Los Blancos" menjuarai Liga Champions salah satu karena sukses menyingkirkan Juventus di Liga Champions musim lalu. Tepatnya dalam dua pertemuan di Grup B Liga Champions 2013/14. Saat itu, Madrid mengalahkan Juventus 2-1 di Santiago Bernabeu dan imbang 2-2 di Juventus Stadium.

Akhir kata, selamat untuk Madrid!
Musim ini, semoga Juventus bisa menyamai pencapaian tersebut...

Koleksi gelar Madrid sepanjang 2014
Piala Raja/ Copa del Rey 2013/14 (vs Barcelona 2-1)
Liga Champions 2013/14 (vs Atletico Madrid 4-1)
Piala Super Eropa 2014 (vs Sevilla 2-0)
Piala Dunia Klub 2014 (vs San Lorenzo )

Kegagalan Madrid sepanjang 2014:
La Liga Spanyol (urutan ketiga setelah Atletico Madrid dan Barcelona)
Piala Super Spanyol (dikalahkan Atletico Madrid 1-2)

Klub raksasa Eropa yang meraih 4 gelar atau lebih dalam semusim:
Barcelona 6 trofi pada 2009/10: La Liga, Piala Raja, Piala Super Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Klub
FC Internazionale 5 trofi pada 2009/10: Seri A, Piala Italia, Liga Champions, Piala Dunia Klub.
Bayern Muenchen 5 trofi pada 2012/12: Bundesliga, Piala Jerman, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Klub

Referensi: FIFA.com dan statistik diolah secara pribadi

Sergio Ramos saat merayakan golnya (sumber foto: fifa.com)


- Bandung, 21 Desember 2014

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)