TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: 3 Tahun Diego Simeone bersama Atletico Madrid

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Sabtu, 27 Desember 2014

3 Tahun Diego Simeone bersama Atletico Madrid


Diego Simeone diangkat para pemainnya saat merayakan juara La Liga 2013/14 dengan target musim ini Liga Champions! (Sumber foto: thetelegraph.co.uk)


HANYA tiga tahun waktu yang dibutuhkan Diego Simeone untuk mengubah peta kekuatan La Liga yang didominasi Barcelona dan Real Madrid. Tiga tahun yang penuh kerja keras, keringat, emosi, dan banyak lagi. Itu terjadi pada 23 Desember lalu yang diperingati segenap elemen Atletico Madrid saat merayakan "ulang tahun" yang ketiga untuk sang pelatih.

Ya, Simeone petama menginjak markas "Los Rojiblancos" pada 23 Desember 2011. Ketika datang, potongan rambutnya masih dengan gaya serdadu Amerika Serikat dengan corak jarhead, yang kemudian disimbolkan sebagai kesiapan pelatih asal Argentina ini untuk melakukan pertempuran. Ketika "El Cholo" datang, Atletico dalam kondisi nyaris hancur dari sisi pencapaian prestasi. Mereka lebih dekat dengan zona degradasi ketimbang Liga Champions.

Ibarat sosok tua dengan depresi nan parah, susah untuk disembuhkan. Namun, sejak kedatangannya pada Desember tiga tahun lalu itu, total 1.096 hari telah dilewati klub sekota Madrid ini bersama Simeone. Yang ada saat ini adalah Atletico yang berebda. Klub ini bersaing dengan semua tim kuat di Eropa.

Atletico kini telah mengalahkan Madrid dan Barcelona di La Liga dengan tampil sebagai juara pada 2013/14. Dan, semua itu karena tangan dingin "El Cholo". Pada musim pertamanya, Simeone membawa pemainnya hingga final Liga Europa, mengalahkan Athletic Bilbao di Bucharest. Selanjutnya mereka mengalahkan Chelsea dalam Piala Suepr Eropa di Monako.

Musim berikutnya adalah ditandai dengan "kelahiran" kembali Diego Costa. Penyerang berkewarganegaraan Spanyol-Brasil ini sempat diramalkan akan pindah. Tetapi berkat kegigihannya, Costa menjadi pemain penting Atletico dan berperan dalam meraih trofi Piala Raja yang ke-10 kali dalam 100 tahun sejarah klub ini. Itu adalah malam yang tak akan dilupakan "Los Rojiblancos" di Stadion Santiago Benabeu karena yang mereka kalahkan adalah Madrid.

Saat itu, "El Cholo" menghabiskan 1,5 tahun di Atletico dan telah mendapatkan tiga gelar. Pencapainnya tersebut pun membuatnya memenangkan hati penggemar. Tapi, Simeone bukanlah orang yang mudah berpuas diri. Musim berikutnya dia mengincar gelar Liga Spanyol. Pertama, dia mengungkapkan filosofi "partido a partida" (laga demi laga), kemudian "final a final" (final demi final).

Itulah yang dilakukannya hingga tiba pada pertandingan terakhir liga di Camp Nou. Atletico pun sukses menjuarai La Liga 2013/14. Tapi, musim itu ditandai pula dengan kekecewaan karena kalah di Lisabon, di final Liga Champions dari Madrid.

Target 2015
Namun, pil pahit tersebut menjadi sebuah motivasi untuk terus bekerja lebih keras di masa depan. buah pertama dari sikap pantang menyerah mereka itu adalah Piala Super Spanyol setelah kembali mengalahkan "Los Blancos", meskipun kebahagiaan ini tidak sebanding dengan apabila menjadi juara Liga Champions.

Kini, 2014 akan berakhir dan tantangan 2015 sudah menunggu untuk diwujudkan. "Hal terbaik akan tiba," kata Simeone jelang liburan Natalnya. "2014 tahun yang luar biasa. Tapi, ada 'urusan' yang belum selesai," katanya lagi. Tak diragukan lagi, pesan itu mengacu pada batu sandungan yang tertanam di hati mereka sejak kesedihan pada final 24 Mei lalu.***


Gelar yang diraih Atletico dalam tiga tahun terakhir dengan Simeone. Itu meliputi Liga Europa 2011/12, Piala Super Eropa 2012, Piala Raja 2012/13, La Liga 2013/14, dan Piala Super Spanyol 2014.

114
Kemenangan yang diraih Atletico di era kepelatihan Simeone atau sekitar 64% dari total 177 laga di semua kompetisi. 37 di antaranya tercipta sepanjang 2014 ini.


*        *        *

- Mario Balotelli Minta Maaf

Fakta Menarik Seri A sebelumnya:
Fakta Menarik Seri A Pekan ke-10

Artikel Juventus sebelumnya:

Artikel AC Milan sebelumnya
Artikel FC Internazionale sebelumnya
Satu Dekade ICI: Semangat Kekeluargaan dari Interisti

*        *        *

- Cikini, 27 Desember 2014

2 komentar:

  1. Biar nyambung saat ngobrol ttg sepak bola, saya perlu baca baca blog nya Mas Irul nih :D

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)