TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Tujuh Taman Gratis di Jakarta yang Layak Dikunjungi

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Senin, 13 April 2015

Tujuh Taman Gratis di Jakarta yang Layak Dikunjungi


Taman Suropati salah satu dari tujuh taman yang menarik di Jakarta (Sumber foto: dokumentasi pribadi/ www.roelly87.com)

SELALU ada pilihan untuk warga DKI Jakarta. Jika bosen berada di wahana rekreasi atau pusat perbelanjaan, khususnya mal, plaza, dan sebagainya. Serta bila kita sudah jenuh dengan keberadaan berbagai tempat tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba mencari angin sejenak di ruang terbuka. Secara gratis. Ya, tanpa dipungut biaya kecuali tarif parkir kendaraan yang tentu alakadarnya.

Salah satunya adalah taman kota yang sering saya kunjungi. Bahkan, ada yang nyaris setiap hari saya singgahi demi mencari inspirasi dalam menulis. Nah, di ibu kota ini, menurut Dinas Pertamanan DKI Jakarta terdapat 3.098 taman (sumber http://pertamananpemakaman.jakarta.go.id/v43/listRTH). Tentu, tidak semua taman kota itu pernah saya kunjungi karena berbagai hal.

Saat ini, kemungkinan baru belasan taman berskala regional yang pernah saya singgahi. Berikut tujuh taman yang menurut saya layak dikunjungi:

Lebih dari satu dekade lalu saya sempat kecewa ketika ada rencana pembangunan taman ini. Kenapa? Sebab, sebelumnya taman ini merupakan stadion Persija Jakarta, yang bernama Stadion Menteng. Bisa dipahami mengingat pada masa itu saya masih terbawa euforia sebagai "The Jakmania" yang kerap menyaksikan klub kebanggaan ibu kota ini bertanding. Namun, kekecewaan tersebut sirna setelah saya mengetahui alasan pembongkaran yang diprakarsai Gubernur Jakarta saat itu, Sutiyoso, pada 2006.

Sembilan tahun berselang, Taman Menteng kini jadi salah satu landmark Jakarta. Fasilitas di taman ini sangat lengkap. Mulai dari lapangan futsal, basket, taman bermain anak seperti ayunan dan sebagainya, gedung parkir, dan lain-lain. Apalagi, letaknya tergolong strategis karena berada di pusat kota seperti halnya Central Park di New York, Amerika Serikat (AS).

Lokasi: Jalan HOS. Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat
Akses: Dekat Stasiun Cikini, Bundaran Hotel Indonesia (HI), dan arah Kuningan

2. Taman Suropati
Terletak di Barat Laut Taman Menteng terdapat taman yang tak kalah terkenalnya: Taman Suropati. Rekomendasi saya, kalau ingin ke taman ini sore hari, terutama menjelang senja. Di sini, udaranya lumayan segar mengingat banyak pohon rimbun. Oh ya, di taman yang terletak depan Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta ini terdapat banyak patung karya seniman ASEAN.

Jika berkunjung ke malam hari, khususnya weekend, bakal disuguhkan aksi seniman jalanan. Yang menarik ada semacam pertunjukan band indie/lokal, yang disertai parade biola dengan suara yang aduhai. Hanya, tempat parkir di Taman Suropati sangat semrawut dan terkadang banyak pengunjung yang dikenakan tarif tidak masuk akal.

Jika kita menyeberang ke tengah jalan terdapat patung Pangeran Diponegoro sedang menunggang kuda. Di sini terdapat hamparan bunga yang sangat eksotis, terutama sore hari dengan air mancur yang menambah kesejukan layaknya bukan sedang berada di Jakarta.

Lokasi: Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat
Akses: Dekat Stasiun Cikini dan Bundaran Hotel Indonesia (HI)

3. Taman Situ Lembang
Berjalan beberapa meter dari Taman Menteng atau Taman Suropati, terdapat Taman Situ Lembang. Di taman ini terdapat situ (danau) buatan yang bisa dipakai untuk memancing bagi pengunjung. Bahkan, Taman Situ Lembang ini merupakan langganan syuting untuk film Warkop DKI (Dono-Kasino-Indro) saat berada pada masa kejayaannya.

Taman Situ Lembang ini juga banyak dikunjungi anak-anak karena terdapat arena bermain seperti perosotan, ayunan, putar-putaran (apa gitu namanya :)) dan sebagainya. Tapi kalau mata kita jeli, kerap akan ada pemandangan "aneh" dari pasangan yang didominasi pelajar di bawah pohon. Sangat disayangkan mengingat ini merupakan tempat umum.

Lokasi: Jalan Lembang, Menteng, Jakarta Pusat
Akses: Dekat Stasiun Cikini dan Bundaran Hotel Indonesia (HI)

4. Taman Cattleya
Ada yang mengenal Taman Cattleya? Saya saja sebagai warga Jakarta yang setiap hari melewati jalur Gatot Subroto-S.Parman, harus muter-muter mencari taman ini. Tahun lalu, bahkan sempat nyasar di belakang Mal Taman Anggrek yang mengarah ke Joglo dan juga Kemanggisan. Beruntung, ada tukang ojek yang memberi tahu lokasinya yang ternyata di depan samping lampu merah Tomang.

Di Taman Cattleya ini juga ada danau, trek joging, deretan bunga, buah, dan sebagainya. Menurut saya, ini -mungkin- taman terluas yang ada di Jakarta. Nyaris butuh satu jam untuk mengelilingi kompleks yang sekila mengingatkan saya pada film kartun Candy-candy.

Lokasi: Jalan S. Parman, Tomang, Jakarta Barat; Seberang Mal Taman Anggrek
Akses: Samping pintu Tol Tomang

5. Taman Langsat
Anda menyukai tantangan? Terutama uji nyali? Nah, di Taman Langsat ini tempatnya. Taman yang lokasinya memanjang dan seperti tak terawat ini -banyak sampah- kerap dijadikan ajang uji nyali karena banyak pohon yang berusia tua dan terkesan angker. Bahkan, tahun lalu beredar film horor berjudul sama yang sayangnya jauh dari ekspekstasi saya dan sepanjang 90 menit pertunjukan lebih banyak tertidur ketimbang menyaksikan layar bioskop.

Ok, kembali ke topik. Taman ini tersembunyi di belakang Pasar Burung di Jalan Barito, Jakarta Selatan. Meski begitu, tempat yang memiliki nama resmi Taman Lansia ini selalu ramai dikunjungi orang yang ingin berolahraga di joging track sepanjang 800 meter (sumber tambahan: Jakarta.go.id).

Lokasi: Jalan Langsat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Akses: 500 meter dari Terminal Blok M

6. Taman Ayodya
Ini taman favorit saya setelah -tentunya- Taman MentengDi taman ini saya pernah bertemu dengan seorang peri yang baik hati. Di Taman Ayodya ini terdapat danau buatan dengan air mancur yang kalau malah hari, khususnya Sabtu, dipadati pengunjung. Apalagi, dekorasi yang mengelilingi taman ini sangat interaktif layaknya sedang berada di dalam teater terbuka.

Bahkan, ada semacam pendapa alias gazebo yang membuat taman ini kian eksotik. Sayangnya, tempat yang juga memiliki nama lain Taman Barito ini kurang bisa dipakai untuk berolahraga karena areal yang sempit. Terlebih, kehadiran pengemis, pengamen, penjual mawar yang saya suka, dan pedagang asongan yang kerap menawarkan barang dagangannya dengan sedikit mengganggu pengunjung.

Lokasi: Jalan Mahakam II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Akses: 500 meter dari Terminal Blok M

7. Taman Prasasti
Aslinya, tempat ini merupakan pemakaman warga negara asing pada era kolonialisme Belanda yang yang oleh pemerintah kini dijadikan cagar budaya. Jika Anda besar di era 1990-an, tentu tidak asing setelah menyaksikan taman ini. Itu karena, Taman Prasasti ini dikenal luas setelah menjadi latar dalam video klip Base Jam berjudul "Bukan Pujangga".

Oh ya, dibanding keenam taman lainnya, untuk masuk ke Taman Prasasti ini pengunjung harus beli tiket. Tapi, tenang... Tidak mahal, cukup Rp 2.000 untuk orang dewasa dan Rp 1.000 bagi mahasiswa, pelajar, atau anak. Salah satu keunikan taman ini meski tidak bisa dipakai untuk berolahraga adalah tapak tilas akan peradaban lampau. Maksudnya? Silakan artikan sendiri jika Anda sudah mengunjunginya.***
*           *          *

Taman Menteng (www.roelly87.com)

*      *      *
Hamparan bunga di depan Taman Suropati dengan Patung Dipenogoro (www.roelly87.com)

*      *      *
Taman Situ Lembang (www.roelly87.com)

*      *      *
Taman Cattleya (www.roelly87.com)

*      *      *
Taman Langsat (www.roelly87.com)

*      *      *
Taman Ayodya (www.roelly87.com)

*      *      *
Taman Prasasti (www.roelly87.com)

*      *      *

*      *      *
Lokasi Tujuh Taman di Jakarta (Ilustrasi via Google Earth yang sudah diolah kembali @roelly87)

*      *      *


Artikel terkait:

Menelusuri Jejak Tujuh Patung Bersejarah di Jakarta
Taman Menteng: Permintaan Terakhir
Taman Makam Pahlawan Kalibata: Penghormatan Terakhir SBY
Candranaya: Eksotisnya Cagar Budaya di Jakarta
Taman Central Park Jakarta
Monumen Ade Irma Suryani

*      *      *

- Cikini, 13 April 2015


35 komentar:

  1. Masih ada, Taman Honda sama Taman Gas di Tebet, letaknya deketan... hehehe
    Btw aku sebenarnya juga pingin nulis blogpost ini... tulisan ini bisa jadi referensi saya mau ke taman apa saja... hahaha.. trims banyak ya Rul..

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he
      ini juga nulis iseng2 mbak, kebetulan sambil nonton bola :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. makasih mbak :)
      tulisannya, fotonya, atau orangnya yang cakep?
      *sotoy he he

      Hapus
  3. Iyahh harusnya taman honda masuk nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya udah empat kali ke sana, terakhir pas acara kompasiana :)
      tapi, bagi saya taman honda ga begitu berkesan sih dibanding menteng-ayodya...

      *maksa wkwkkw

      Hapus
  4. Makasih infonya. Banyak dari taman di atas yang belum pernah aku kunjungi. *sigh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mbak, kalo bawa anak rekomendasinya ke situ lembang :)
      tapi kalo pengen olahraga mending ke langsat yang ada trek jogingnya...

      Hapus
  5. Smg dengan adanya taman kota dapat mengurangi bencana banjir,

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas :)
      salah satu fungsinya kan mengurangi/meminimalkan banjir biar ada penyerapan alami di kota...

      Hapus
  6. beberapa tahun tinggal di Jakarta dan belum ada satupun taman-taman itu yang saya datangi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he
      next time aja mas, atau pilih yang deket rumah dulu :)

      Hapus
  7. Balasan
    1. terima kasih kembali komentarnya mas :)

      Hapus
  8. taman lawang juga ada tuh..
    wahaha, jujur aja gue baru tau ada taman2 itu.
    sebagai anak jakarta, saya merasa gagal :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. taman lawang ga jauh dari taman menteng mas :)
      dulu sering ke sana kalo mau ke setiabudi
      biar gagal, sok atuh kunjungin atu2
      he he he

      Hapus
  9. artikelnya sangat bermanfaat dan sangat membantu dalam menambah pengetahuan saya.
    terima kasih infonya.....
    salam kenal dan salam sukses :)....

    BalasHapus
  10. Taman Tanjung yg di dekat flyover Pasaringgu belum kedata :)


    Salam kenal ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapa kali lewat mas, tapi belom pernah mampir apalagi foto2
      jadi ga dimasukin :)
      next time kalo ada event lagi deh...

      terima kasih mas

      Hapus
  11. Jakarta sebenarnya banyak banget Tamannya ya Mas.. Di taman-taman itu juga sering diadakan banyak kegiatan komunitas contohnya untuk penggalangan dana.. yuk ah kunjungi semuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, banyak juga komunitas blogger yang memanfaatkan keberadaan taman ini untuk kopdar :)

      *yuk kunjungi...

      Hapus
  12. lewat doang biasanya, belum pernah berkunjung langsung ke taman-taman terserbut

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sempat datangin aja mbak, buat olahraga :)
      Situ Lembang sama Menteng + Taman Kodok (sebelahan) itu asyik untuk anak2...

      Hapus
  13. pengen ke taman itu,, tapi sama siapa y... hehe...

    BalasHapus
  14. lumayan banyak juga yaa ternyata taman nya :D .. seru kalau buat maen di weekend atau sekedar jalan jalan sore :) daripada mall yang gitu gitu doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh ya, di beberapa mal juga ada taman yang lumayan indah.
      salah satunya Central Park di Jakarta :)

      http://www.roelly87.com/2015/01/menikmati-segarnya-udara-taman-terbuka.html

      Hapus
  15. Nah saya sedang mencari referensi taman dengan rerumputan untuk guling-guling (bukan film india tapi buat anak bermain) haha..

    BalasHapus
  16. Nyasar ke postingan ini. Lagi nyari tempat liburan di jakarta selain ancol dan dufan (maklum orang kampung) wkwk.

    TFS, mbak. :)

    BalasHapus
  17. paling suka nongkrong sama temen2 yang di taman menteng.. hehe
    penuh kenangan :-(

    BalasHapus
  18. Bagus nih buat jadi referensi tempat buat kumpul-kumpul. Saya dulu pernah tinggal di Jakarta tapi masih kecil, jadi udah lupa sama sekali dengan tempat-tempatnya

    BalasHapus
  19. wahh. kebetulan lagi pengen ke jakarta nih.. thankss yaa buat infonyaa.. bermanfaat bangett

    BalasHapus
  20. Keren" kak tamannya :) Makasih atas informasinya

    BalasHapus
  21. Mari kita dukung taman kota jakarta sebagai taman yang asri humanis, inspiratif dan educatif, semoga suatu hari taman kota jakarta akan mampu meraih penghargaan di tingkat asia dan di kenal masyarakat dunia secara lebih luas seperti halnya pernah di raih taman kota surabaya, kami ahli-taman terbaik di jakarta siap berkontribusi menjadi eksekutor operational landscape , mari kita wujudkan taman kota jakarta menjadi icon bangsa indonesia sesuai dengan kapasitas kita masing-masing.

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)