TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Dari Lumpur Genoa Muncul Harta Karun

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Jumat, 12 Desember 2014

Dari Lumpur Genoa Muncul Harta Karun

GENOA DAN SAMPDORIA LEWATI DUO KLUB KOTA ROMA DAN MILAN

Mattia Perin salah satu andalan Genoa musim ini (sumber foto: soccerly.com)
BENCANA banjir yang melanda Genoa tidak memengaruhi kondisi persepakbolaan kota tesebut. Yang menakjubkan, kekuatan kedua sepak bola Italia musim ini berasal dari sana. Dua tim yang bermarkas di kota pelabuhan itu, yakni Genoa dan Sampdoria memetik 51 poin. Prestasi keduanya musim ini nyaris mengulangi pencapaian 1990/91 ketika Sampdoria menjadi juara dan Genoa di peringkat empat.

Kini, mereka mengungguli perolehan poin dua klub ibu kota (AS Roma dan Lazio) dan klub asal kota Milan (AC Milan dan FC Internazionale). Posisi "Il Grifone" -julukan Gneoa- melesat hingga tujuh tingkat dibandingkan musim lalu. Sedangkan Sampdoria yang kini bertengger di posisi keempat, sempat terburuk di posisi ke-19 setahun lampau.

Berbeda dengan klub-klub besar lain yang jor-joran saat belanja pemain. Genoa dan "I Blucherchiati" tetap berpegang pada transfer berbiaya rendah. Petinggi kedua tim meminta setiap sen yang dikeluarkan harus memberikan hasil yang top.

Investasi klub mulai memperlihatkan keuntungan. Bukan hanya performa tim yang melejit, sekarang nilai pasar masing-masing individu pemain juga meningkat secara signifikan. Sergio Romero misalnya, yang sempat dipinjamkan ke AS Monaco, diambil lagi dan diselamatkan. Kiper tersebut menjadi penguasa gawang ketika Emiliano Viviano cedera.

Kesempatan yang diberikan pelatih Sampdoria, Sinisa Mihajlovic, dimanfaatkan dengan baik oleh portiere berusia 27 tahun itu. Nilai pemain asal Argentina itu naik dari tiga juta euro menjadi lima juta euro. Untuk menghindari status bebas transfer, kemungkinan klub akan melepasnya dalam mercato Januari.

Kiper Genoa, Mattia Perin disukai banyak klub. Bayern Muenchen pernah meliriknya musim panas lalu. Sekarang nilai pemain muda itu yang meroket. Bagi klub yang tertarik, siapkan minimal 8-9 juta euro.

Lini belakang merupakan senjata skuat Gian Piero Gasperini menaklukkan musim ini. Pertahanan tim tersebut terbaik kedua di Seri A setelah Juventus. Nilai jual bek seperti Facundo Roncaglia, Nicolas burdisso, dan Sebastian De maio, yang bermula sekitar 2,5 juta euro, naik dua kali lipat menjadi 5 juta euro.

Gelandang Luca Rizzo, 21 tahun ditebus Sampdoria dari Modena seharga 400 ribu euro. Sekarang, nilainya melambung 6 kali lipat. performa cemerlangnya juga membuatnya masuk dalam orbit tim nasional Italia U-21.

Kejutan terindah datang dari lini depan. Lima tahun lalu, Diego Perotti, 26 tahun diikat Sevilla dengan kalusul pelepasan sebesar 47 juta euro.  Namun, Presiden Genoa Enrico Preziosi hanya mengeluarkan modal 300 ribu euro untuk komisi agen winger tersebut. Dia diikat hingga 2018. Dalam enam bulan, nilainya melonjak hingga 25 kali lipat.

Alessandro Matri pemain pinjaman yang produktif mencetak gol, sementara Iago Falque perjudian yang dimenangkan "I Rossoblu" -julukan lain Genoa-. Di kubu Sampdoria, Manolo Gabbiadini bersinar sehingga dihargai 15 juta euro. Sedangkan Stefano okaka datang secara gratis dan sekarang nilainya lebih dari 10 juta euro.

Prestasi Kedua Tim sejak 1990/91 (5 besar Seri A)
1990/91 Sampdoria juara Seri A, Genoa posisi 4
1993/94 Sampdoria posisi 3
2004/05 Sampdoria posisi 5
2008/09 Genoa posisi 5
2009/10 Sampdoria posisi 4
2014/15 Genoa posisi 3, Sampdori 4 (hingga pekan ke-14)

Artikel ini dimuat di Harian TopSkor edisi 11 Desember 2014

*      *      *

Artikel sepak bola lainnya:

Artikel FC Internazionale sebelumnya
Satu Dekade ICI: Semangat Kekeluargaan dari Interisti

Artikel Juventus sebelumnya:

Artikel AC Milan sebelumnya


*      *      *

Cikini, 12 Desember 2014

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)