TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Benteng Pertahanan Itu Bernama Giuseppe Meazza

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Sabtu, 15 November 2014

Benteng Pertahanan Itu Bernama Giuseppe Meazza

Stadion Giuseppe Meazza (sumber foto: sansiro.net)


TIM nasional (timnas) Italia kembali ke kota Milan. Skuat asuhan Antonio Conte itu akan menggunakan San Siro sebagai benteng pertahanan saat menghadapi Kroasia di kualifikasi Piala Eropa 2016 (16/11). Sepanjang sejarah, "Gli Azzurri" memiliki rekor fantastis di stadion bernama lengkap Giuseppe Meazza tersebut.

Italia hanya kalah dua kali dari 54 pertandingan dengan 37 kemenangan dan 15 kali seri. Apalagi, dua kekalahan itu terjadi nyaris satu abad silam pad 1911 dan 1925 yang dua-duanya berasal dari Hongaria. Jadi, bukan tanpa alasan jika San Siro sangat ideal bagi Graziano Pelle dan kawan-kawan untuk mengalahkan Kroasia.

Selain kemenangan yang berujung tiket kelolosan ke Piala Eropa 2016, Italia memiliki misi lainnya. Yaitu, meramaikan kembali antusiasme publik "Negeri Piza" untuk mendukung timnasya. Terutama, San Siro yang ditargetkan dipenuhi lebih dari 50 ribu fan Italia.

Maklum, dalam beberapa laga terakhir di Seri A, stadion itu selalu sepi saat menggelar pertandingan AC Milan dan FC Intenazionale. Itu karena rata-rata tifosi yang datang hanya berjumlah 20 ribu dari total kapasitas stadion yang mencapai lebih dari 81 ribu kursi.

Alhasil, kemenangan atas Kroasia akan memberikan motivasi lebih bagi banyak pihak. Begitu juga dengan situasi sempurna bagi pelatih perfeksionis seperti Conte. Allenatore 45 tahun ini sebagai kapten, simbol, dan lambang kebangkitan Juventus yang hanya menelan satu kekalahan di San Siro (dari Milan). Kemudian, Conte sukses membawa "I Bianconeri" meraih empat kemenangan dan dua kali seri versus Inter.

Jad, meski belum pernah berkarier di klub asal Milan, Conte bisa dikatakan memiliki takdir yang sama. Apalagi, bukan rahasia umum jika Presiden Milan, Silvio Berlusconi dan Wakil Presiden (Adriano Galliani) sudah lama terkesan dengan taktik Conte. Terutama musim lalu ketika Juventus mencatat perolehan poin tertinggi sepanjnag sejarah dengan 102 poin.

Selain itu, yang paling menarik dari Conte adalah kemampuannya dalam mengembangkan kualitas pemain hebat. Dia merupakan pelatih sekaligus pemimpin tim, manajer sepenuhnya, dan ideal untuk menangani Italia.

Yang menarik, kehadiran Conte di San Siro nanti akan mendapat sambutan istimewa dari Interisti. lantaran saat menyaksikan duel Inter kontra Sampdoria pada pekan sembilan (28/10) dia banyak dikerubuti fan. Hingga, Conte harus susah payah menduduki kursinya di tribune VVIP Meazza.

"Mereka menghujani saya dengan dukungan, meminta tanda tangan, dan foto bareng," kata Conte, tersenyum. "Sudah jelas bahwa saya bukan ultras. Kini, saya melatih Italia setelah lama menangani Juventus. Jadi, saya harus total bersama Italia. begitu juga jika suatu hari nanti saya melatih Inter atau Milan. Saya pun akan mendukung tim itu sepenuh hati."***

Beberapa Petandingan Penting di San Siro
- Final Liga Champions 1964/65: Inter vs benfica 1-0
- Final Liga Champions 1969/70: Feyenoord vs Celtic 2-1
- Final Liga Champions 2000/01: Muenchen vs Valencia 5-4
- Laga Pembuka Piala Dunia 1990: Argentina vs Kamerun 0-1
- 16 Besar Piala Dunia 1990: Jerman Barat vs Belanda 2-1

Beberapa Pertunjukkan Penting di San Siro
- Konser Madonna baertajuk "Sticky & Sweety Tour" 14 Juli 2009 yang dipadati 55.338 penonton
- Konser Michael Jackson "History World Tour" 18 Juni 1997 (70 ribu penonton)
- Konser Rolling Stones "Licks Tour" 11 Juni 2006 (56.175 penonton)
- Konser U2 "Vertigo Tour" 21 Juli 2005 (137.427 penonton)
- Konser Muse "Resistance Tour" 8 Juni 2010 (62.000 penonton)
- Konser Bon Jovi "Because We Can" 29 Juni 2013 (51.531 penonton)
- Pertandingan tinju kelas berat ringan 1960 antara Duilio Loi vs Carlos Ortiz

Artikel ini dimuat di Harian TopSkor edisi 13 November 2014






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)