TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Menguak Rahasia Tong Setan

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Senin, 10 Agustus 2015

Menguak Rahasia Tong Setan


Menguak Rahasia Tong Setan (Roda-roda Gila)

Atraksi Tong Setan (sumber foto: Dokumentasi pribadi/ www.roelly87.com)


TONG Setan? Saat ini atraksi yang kerap terdapat di Pasar Malam itu nyaris sulit ditemui. Terutama di beberapa kota besar, seperti Jakarta. Namun, untuk beberapa daerah, khususnya di pelosok, pertunjukan yang juga dikenal sebagai Roda-roda Gila itu masih sering berlangsung.

Yang menarik, setelah terakhir melihatnya di Sumatera Barat pada 2009, saya kembali bisa menyaksikan atraksi menantang maut ini. Bahkan, letaknya di pusat Jakarta! Itu terjadi ketika saya mengunjungi Heyho Festival di Plaza Tengara Senaya, Jakarta Pusat, Sabtu (8/8).

Bermodalkan tiket masuk seharga Rp 45.000, banyak yang saya peroleh. Mulai dari mencari berbagai busana trendi, cuci mata, menyaksikan konser Sheila On 7, dan tentu saja melihat atraksi Tong Setan. Untuk yang terakhir, saya benar-benar puas.

Apalagi, seusai pertunjukkan, saya berhasil "menculik" salah satu kru untuk diajak berbincang-bincang di balik panggung. Dengan melakukan pendekatan persuasif ala Billy Costigan dalam film "The Departed", akhirnya saya berhasil mengorek beberapa keterangan mengenai Tong Setan. Bahkan, di bawah todongan senjata ponsel sebagai alat perekam, dengan ramah pria bernama Ardian itu mau buka suara. Berikut petikan obrolan kami:

Sudah berapa lama Anda tampil di Tong Setan?
Kalo tidak salah, tujuh tahunan.

Bisa diceritain, awalnya bergelut dengan Roda-roda Gila ini.
Ya, begitu. Mulanya karena hobi mengulik motor. Terus ada rencang -teman- yang menawarkan. Akhirnya ikutan.

Anda tidak takut saat melakukan atraksi? Terutama saat lepas tangan sambil mengendarai motor dalam posisi miring seperti tadi?
Kan udah biasa mas. Ini kan kayak makanan sehari-hari, jadi udah ga ngeri kayak dulu lagi.

Maksudnya?
Waktu belajar itu emang takut, apalagi pas lihat ke bawah. Tapi, setelah beberapa waktu, jadi terbiasa lagi. Yang penting, kecepatan saat di atas tong harus konstan. Ga boleh lebih atau kurang sedikit bisa fatal.

Berapa lama Anda belajar?
Butuh setahunan biar bisa lancar seperti ini. Latihan, jatoh, latihan, jatoh, latihan, jatoh. Lama-lama juga ntar terbiasa.

Tanggapan keluarga?
Istri sama anak saya dukung mas. Ini kan halal, kami melakukannya dengan keahlian.

Menurut beberapa info yang saya baca di internet, konon, ini konon ya. Kabarnya, atraksi Tong Setan ini ada unsur magic...
Ha ha ha... Mas (maksudnya saya) lihat sendiri kan. Sebelum sama sesudah atraksi saya gimana. Ga ada itu magic, mistik, dan lain-lain. Ini hanya soal keahlian. Mas juga bisa kok tampil di dalam asal mau belajar dan "berani" jatoh (tertawa).

Jadi benar, atraksi Tong Setan ini ga ada unsur aneh-aneh?
Ga ada mas. Saya jamin. Rahasianya untuk bisa melakukan atraksi, hanya perlu latihan, latihan, dan latihan. Ini kan berkaitan dengan ilmu fisika gitu soal teori keseimbangan. Yang penting, kita mau, berani, dan siap tanggung risiko kalo jatuh. Mas kalo lihat saya atraksi di atas itu mungkin ngeri. Padahal, bagi saya, beraksi di dalam itu udah jadi santapan sehari-hari. Sama aja kayak saya disuruh ngeblog kayak yang mas lakuin, ya saya belom tentu bisa.

Selain di sini, Anda dan tim beraksi di mana lagi?
Ga tentu mas. Biasanya seputaran Jabodetabek. Kadang di Jakpus, Jakbar, Jaksel, dan lain-lain.

Ok mas, terima kasih banyak atas informasinya. Sampai jumpa di lain kesempatan.
Sama-sama mas. Terima kasih sudah menonton.

*       *       *
Saat latihan sebelum beraksi

*       *       *
Dua pengendara Tong Setan saling kebut

*       *       *
Ardian yang jatuh bangun setiap latihan

*       *       *
Atraksi Tong Setan terlihat dari jauh

*       *       *

Video rekaman Tong Setan
*       *       *

*       *       *

- Cikini, 10 Agustus 2015

22 komentar:

  1. Di Sumatra barat, dimananya nya itu mas ?

    Saya terakhir kali melihat atraksi "roda gila" ini juga di tahun 2009.
    Di kabupaten pesisir selatan, sumatra barat ....
    Waktu kecil saya paling ngeri dengan atraksi yang satu ini, tapi setelah menginjak remaja saya beranikan juga untuk melihatnya. Dulu saya juga mengira kalau "roda gila" itu ada mistisnya mas.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mas, pessel ;)
      soal mistis itu juga yang akhirnya saya baru tahu pas nanya beliau
      pan, kalo cuma baca info di internet bisa simpang siur, makanya kebetulan bisa konfirm ke salah satu kru mereka

      Hapus
  2. Waktu kecil aku takut kalau diajak lihat tong setan, kirain itu kaya rumah hantu :) eh tapi sampai sekarang juga aku gak berani sih masuk rumah hantu. Tong setan biasanya ada di pasar malam ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. rumah hantu?
      hi hi hi

      iya juga, namanya kan pake ada "setan" segala :)
      kalo kata beliau sih iya, tiap akhir pekan ganti tempat

      Hapus
  3. masih ada rupanya ya.. hiburan murah meriah,, juga memancing adrenalin para penontonnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he
      saya liat dari atas aja udah ngeri, tapi mereka malah tenang2 aja sambil nganggap makanan sehari2 :)

      Hapus
  4. Wadaw..tong sampah raksasa....takut ah kegelincir...hihihi...tapi seru juga ya liat atraksinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi hi hi

      telinga kita mesti ditutup biar ga bising banget denger knalpotnya mbak :)

      Hapus
  5. Kenceng bgt ceritanya, btw nyawer brp mas?!!!
    :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha ha ha

      tahu aja mas, iya, tapi sawernya pas udah selesai
      kalo masih jalan, ga berani ngeri jatuh...

      Hapus
  6. berarti kuncinya memang rajin latihan dan pantang menyerah, ya. Gak boleh kapok kalau jatuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia mbak
      kuncinya, latihan, latihan, latihan + nekat :)

      Hapus
  7. waaah ternyata tontonan mulai jaman masih kecil dulu sampai sekarang masih eksis aja ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas :)
      katanya dari tahun 80-an, era Warkop, Tong Setan ini udah terkenal...

      Hapus
  8. dulu aku juga pernah nonton di festival, ngeri banget sih ya apa lagi kan tong nya itu kaya sumur tapi cuma lebih gede, tapi seru sih nonton nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi hi hi

      mesti tutup telinga mbak, secara bising banget di dalamnya :)

      Hapus
    2. iya bener bising banget soalnya motornya kan di sengajain di gas2 jadi kedengaran banget suaranya

      Hapus
    3. iya mbak, emang sengaja biar menarik perhatian penonton
      tapi aksi mereka juga keren2...

      Hapus
  9. Aku waktu kecil sering nonton, seneng-seneng ngeri.
    Rasanya kalo mau tidur masih terdengar saja suara motornya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he
      bising banget emang mbak, tapi seru dan tegang juga pas nonton
      takut kenapa2, untungnya mereka udah biasa :)

      Hapus
  10. Mas.. ada kontak tong setan ini ga? Sepertinya menarik bila disewa.. thx ya

    BalasHapus
  11. pas kecil mah dibilangin kalo ada yg aneh2 tentang tong setan tapi pas udah gede (udah bisa mikir sendiri) memang semua 100% skill seperti yg dibahas...

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)