TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: "El Clasico" Inggris dalam Duel MU vs Liverpool

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Minggu, 14 Desember 2014

"El Clasico" Inggris dalam Duel MU vs Liverpool


GERRARD KLAIM DUEL TIMNYA VS "SETAN MERAH" DUEL TERBESAR DI DUNIA
Aspek sejarah, rivalitas, dan kebencian membuat pertemuan kedua tim ini memenuhi segala syarat untuk menyandang laga terbaik.

Steven Gerrard (Liverpool) versus Wayne Rooney (Manchester United) (Sumber foto: dailymail.co.uk)
STEVEN Gerrard pernah berkata duel Manchester United kontra Liverpool merupakan laga terbesar. Tak hanya di Inggris, tapi juga di dunia. Pernyataan kapten "The Reds" itu bukan sekadar omong kosong. Laga kedua tim memiliki segala syarat untuk disebut sebagai yang terbaik: dari aspek sejarah, rivalitas, dan kebencian di antara kubu masing-masing.

"Mungkin laga Barcelona versus Real Madrid juga besar. Namun, bagi saya, tak ada yang melebihi laga Liverpool lawan MU," ujar Gerrard pada 2012. "Kedua tim klub tersukses di Liga Primer yang merupakan kompetisi terbaik di dunia."

Eks penggawa timnas Inggris, Martin Keown bahkan mengandaikan laga ini "El Clasico" versi Inggris. Tiap pemain dari kedua tim akan saling mengalahkan demi gengsi dan reputasi. Tak jarang laga berlangsung panas dan memicu ketegangan antarpemain kedua tim. Dalam empat duel terakhir di Liga Primer, wasit total mengeluarkan 21 kartu kuning dan kartu merah.

Minggu (14/12), kondisi kedua tim tak jauh beda. Liverpool baru tersingkir dari Liga Champions dan terpuruk di Liga Primer. MU pun belum mampu menunjukkan performa terbaik mereka meski kini meringsek ke posisi ketiga. Namun, itu tak akan mengurangi daya tarik duel klasik ini. Berikut ini aspek kedua tim layak menjadi yang terbaik.

Trofi
Dalam urusan trofi, kedua tim merupakan yang terbaik di Inggris. Terhitung sejak berakhirnya Perang Dunia II, MU telah meraih 20 gelar Liga Primer, lebih baik daripada torehan Liverpool yang memiliki 18 titel. Sementara, di kancah Liga Champions, prestasi "The Reds" lebih mentereng dibandingkan Wayne Rooney dan kawan-kawan . Tim Merseyside itu pernah lima kali mengangkat gelar kompetisi tertinggi antarklub Eropa itu. "Setan Merah" baru tiga kali.

Posisi Akhir Klasemen
MU dan Liverpool mungkin dua tim peraih gelar terbanyak di Ingrgis. Tapi, dalam periode tertentu, laga antara kedua tim tak selalu menjadi laga terbesar di Liga Primer. Pasalnya, saat "The Reds"; dalam performa fantastis, MU justru terpuruk. Begitu juga sebaliknya. Ini menimbulkan pertanyaan seberapa sering mereka jadi dua tim terbaik Inggris. Satu cara adalah dengan menyimak intensitas Liverpool dan "Setan Merah" finis di posisi dua besar. Dari total 32 titel Liga Primer yang diraih kedua tim sejak 1945, lima kali kedua tim bersaing sebagai rival utama.

Piala Domestik
Kompetisi domestik juga jadi barometer rivalitas MU dan Liverpool. Kedua tim tidak pernah bertemu di laga final hingga 1977. Ini bukti mereka tidak terlalu sering bertemu di Piala FA atau Piala Liga. Sejak usai Perang Dunia (PD) II, kedua tim hanya berhadapan enam kali, di final, semifinal, atau delapan besar. Kedua tim sama-sama mengantongi total 15 gelar di dua ajang domestik tersebut.

Artikel sepak bola lainnya:

Artikel FC Internazionale sebelumnya
Satu Dekade ICI: Semangat Kekeluargaan dari Interisti

Artikel Juventus sebelumnya:

Artikel AC Milan sebelumnya
*      *      *

Cikini, 14 Desember 2014

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)