TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Kopdar Kokgituya.com yang Menambah Pengetahuan Blogger

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Jumat, 28 Agustus 2015

Kopdar Kokgituya.com yang Menambah Pengetahuan Blogger



Hazmi Srondol menjelaskan peran blogger yang sudah diakui berbagai kalangan, terutama brand untuk iklan

SEBAGAI blogger, mengikuti kopi darat (kopdar) merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Meski tidak rutin, alias jarang-jarang, namun jika ada kesempatan -khususnya hari libur- atau pagi, saya berusaha menghadirinya.

Saya masih ingat, kopdar pertama saya sebagai blogger, ketika datang ke acara talk show sekaligus bedah novel "Srondol Gayus ke Italy" karya Hazmi "Srondol" Fitriyasa di Pejaten Village, Sabtu, 14 Mei 2011. Saat itu, saya hadir bersama beberapa rekan Kompasianer yang merupakan julukan blogger  di Kompasiana.

Setelah itu, saya sudah lupa berapa kali mengikuti kopdar blogger, baik itu bersama komunitas Kompasiana, Blogdetik, VIVAlog, dan Hukum Online. Atau, dengan kawan-kawan di grup facebook seperti Blogger Reporter Indonesia (BRID), Kompasianer Hobi Jepret (Kampret), Kompasianer hobi nonton film (Komik), Fun Blogging, dan sebagainya. Tak ketinggalan undangan dari berbagai brand, Divisi Humas Polri, Badan Narkotika Nasional (BNN). Ya, intinya banyak deh yang kadang membuat lupa.

*       *       *

SORE itu, Sabtu (22/8) saya turut menghadiri Diskusi dan Kopdar yang diadakan Kokgituya.com. Yaitu, komunitas yang dibentuk PT Astra Daihatsu Motor Indonesia sebagai wadah blogger untuk saling berbagi info. Ya, mungkin, Kokgituya.com ini semacam agregator untuk meningkatkan trafik blog.

Oh ya, ini kali pertama saya mengikuti kopdar yang diadakan Kokigtuya.com. Sebelumnya, 20 Maret lalu sempat diundang saat mereka melakukan launching di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta. Namun, karena waktunya bentrok dengan jam kerja, ya, terpaksa saya tidak ikut.

Jadi, ketika melihat informasi di fan page facebook dan timeline twitter Kokgituya.com kembali mengadakan kopdar Sabtu yang merupakan libur, sudah pasti saya langsung kirim email untuk registrasi. Apalagi, acaranya bertepatan dengan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 (GIIAS 2015) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Banten.

Maklum, selain pihak Kokgituya sudah menyediakan tiket masuk yang kalau beli seharga Rp 60.000 (weekend), kehadiran saya ke GIIAS 2015 pun cukup bawa badan saja. Itu karena untuk transportasi pun gratis, dengan menumpang shuttle bus dari mal Central Park. Intinya, ya dinikmati aja kopdar bareng rekan-rekan blogger sekaligus jalan-jalan gratis?

*       *       *
DALAM acara yang berlangsung di Hall 8B booth Daihatsu ini, Kokgituya.com mengundang dua pembicara yang sudah tidak asing lagi bagi saya. Pertama, Hazmi Fitriyasa yang merupakan pendiri BRID dan rekan media Danang Arradian (Redaktur Koran Sindo). Tak ketinggalan, perwakilan dari Kokgituya, Rini Agustina, yang bertindak sebagai moderator.

Salah satu diskusi menarik dijabarkan Hazmi yang menambah pengetahuan saya dan puluhan blogger lainnya yang hadir. Utamanya, mengenai posisi blogger yang sudah sejajar dengan jurnalis. Sebagai individu yang mengikuti keduanya itu, jelas saya setuju. Bahkan, pria yang sehari setelah acara merayakan HUT ke-36 ini membeberkan rahasia dari perusahaan atau brand, dalam beriklan. Yaitu, tidak lagi didominasi media mainstream seperti cetak, elektronik, bahkan online.

Sebaliknya, Hazmi membeberkan bahwa porsi mereka itu mayoritas dialihkan untuk blogger! Kenapa? Menurut riset dari penulis yang karyanya terdapat di perpustakaan terbesar di dunia, Library of Congress, Amerika Serikat (AS) ini, perusahaan atau brand merasa lebih efektif beriklan di blog yang dikelola blogger karena tepat sasaran.

Maklum, di antara blogger dan pembaca, ada saling keterikatan. Jadi, pengunjung blog yang ingin mengetahui info atau produk dari yang dituliskan blogger, bisa menanyakan langsung kepada yang bersangkutan. Hal ini yang tidak ada pada media online, meski menyediakan kolom komentar tapi terkesan kurang responsif.

Setelah Hazmi, diskusi dan kopdar bertema "The Power of Content" ini rehat sejenak. Kami, -blogger- diajak pihak Daihatsu untuk berbagai macam hiburan di hall 8B. Mulai dari perform dance, launching Jalan-jalan Man (JJM) bersama tim MalesBanget.com (MBDC), yang dihadiri pendirinya Cristian Sugiono, serta berbagai macam permainan edukatif lainnya. Termasuk, saat riweuh mencari beberapa huruf untuk hadiah gelang adik saya yang beruntung dibantu brand ambassador Daihatsu yang manis banget baik hati.

Selanjutnya, giliran Danang yang berbagi ilmu menulis untuk dipadukan dalam konten blog. Penggemar musik cadas itu, menjelaskan pentingnya verifikasi dalam memasukkan sumber/link ke dalam tulisan. Gunanya, agar artikel yang ditulis blogger bisa jadi rujukan nasional yang bersanding dengan media mainstream. Fakta mengejutkan, menurut Danang, ternyata banyak rekannya sesama jurnalis yang tertarik untuk ngeblog!

*       *       *

SEKADAR informasi, booth Daihatsu di hall 8B mengusung tema "Fun Experience with Your Best Friend" yang dilengkapi R&D corner sebagai sarana edukasi teknologi, press room untuk istirahat media, Kids corner, CSR corner, serta Dealing & Value Chain Area.

Sepanjang GIIAS berlangsung (20-30 Agustus), selain pengunjung bisa melihat 15 display kendaraan -mulai dari Xenia hingga mobil konsep-, juga dapat menikmati hiburaun lainnya. Misalnya, Sabtu lalu ada Christian Sugiono yang merupakan salah satu aktor terkenal di negeri ini, serta pada Minggu, disuguhkan aksi Kahitna. Begitu juga dengan hari-hari selanjutnya hingga puncaknya saat penutupan pada Minggu (30/8).

*       *       *
Danang Arradian mengungkapkan jurnalis juga harus bisa ngeblog

*       *       *
Perwakilan Daihatsu Kokgituya, Rini Agustina, mengenai tema acara

*       *       *
Antusiasme rekan-rekan blogger dalam diskusi dan kopdar Kokgituya.com

*       *       *
Booth Daihatsu di GIIAS 2015 Hall 8B

*       *       *
Foto bareng petinggi Daihatsu usai menerangkan kinerja Great New Xenia

*       *       *
Hiburan di booth Daihatsu

*       *       *
Aktor sekaligus pendiri malesbanget.com Christian Sugiono 

*       *       *
Game edukatif selamatkan penyu yang menarik perhatian pengunjung, terutama anak-anak

*       *       *
Stempel buat penukaran hadiah :)

*       *       *
Ngubek-ubek cari huruf buat gelang

*       *       *
Setelah sekian lama, akhirnya ketemu lima huruf :)

*       *       *
Adik saya, Putry Jelyta memakai gelang hasil "kerja keras" di booth Daihatsu GIIAS 2015

*       *       *

*       *       *
Keterangan: Seluruh foto merupakan dokumentasi pribadi (www.roelly87.com)

*       *       *

*       *       *

- Cikini, 28 Agustus 2015

23 komentar:

  1. Kopdar blogger seru ya, sellau memberikan input yang baru, dan bikin ketagihan, apalagi di ibukota yang banyak banget event hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, selain silaturahmi di acara kopdar bisa saling share info masing2 :)

      Hapus
  2. hadeh kapan ya terakhir kali aku kopdar dengan blogger, kayaknya tahun 2012an dulu deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he

      ntar kopdar lagi yuk mas :)

      Hapus
  3. Pasti dpt byk info yg bermanfaat, ya, Mas. Btw, gabung dg kompasianer penyuka film, gimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini mbak link fb-nya:

      https://www.facebook.com/groups/398289883564976/?ref=ts&fref=ts

      gabung aja, kadang suka ngadain nobar gitu :)

      Hapus
  4. Informasi yang bermanfaat

    alee | www.alimuakhir.com

    BalasHapus
  5. Iya loh..temen jurnalis juga ada yg pengen jd blogger..malah, PR yg biasa memfasilitasi event u/ blogger, minta tukeran posisi..haha...tp kalo udh byk peminatnya, berarti blogger harus siap bersaing dan meningkatkan mutu..jiahh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk paragraf terakhir setuju banget bu :)
      apalagi bagi blogger pemula seperti saya
      he he he

      Hapus
  6. yeaay aku suka dengan penyajian tulisan masbro Huda yang komplit soal kopdar ini plus foto2nya, kapan yaa bisa ketemu ama yang lokal kayaksaya ?Nun jauh di mato :v wkkki

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiiiih mbak atas apresiasinya, jadi tersandung :)
      eh iya, kokgituya mau ngadain kopdar keliling di berbagai kota di Tanah Air, tungguin ya mbak...

      Hapus
  7. waaah, saya juga hari sabtu ke GIIAS lho mas, kok ngga ketemu yah kita? hahaha *yaiyaalha ditempat seluas itu, mana ketemu :v

    saya juga sempat mampir nih ke boothnya daihatsu, liat2 doang tapii :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho ho ho
      saya kan ga kemana-mana, tapi ada di mana-mana :)

      #eaaaa

      Hapus
    2. kirain dihati neng rani eaaa

      Hapus
  8. Mas Huda terimakasih sudah berpartisipasi dan berbagai pengalaman :)
    semoga bisa bertemu di kopdar-kopdar lainnya...eh ada temen blogger yang stay di Kalimantan? Mungkin bisa nih kopdar disana barengan terios 7 wonder

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mbak :)

      jangan bosen2 ngundang lagi yaaaaa

      Hapus
  9. iya bener..konten sekarang yang dicari...
    aku juga lagi berusaha seh...walau isinya tetep curhat2 geje :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. curhat?
      wajar mbak, intinya ngblog kan emang nulis catatan sehari2, curhat termasuk lah :)

      ha ha ha

      Hapus
  10. ish keren banget sih, pantes aja artikelnya sering ditarik sama kokgituya. selamat eaaa. *kanmakan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau artikelnya submit di kokgituya, tinggal pm adminnya aja yang komen di atas tar :)

      Hapus
  11. Selalu dapat sesuatu kalau habis kopdar sama blogger, sayangnya aku jaraaang sekali punya waktu. *nelan ludah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he
      mbak mah kopdarnya ke luar negeri terus :)

      *ikuuuut

      Hapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)