TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Membedah Daihatsu Sirion yang Memesona

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Minggu, 01 Februari 2015

Membedah Daihatsu Sirion yang Memesona



Daihatu Sirion Sahabat Muda (Sumber foto: www.daihatsu.co.id)



DAIHATSU Sirion? Mobil apa lagi itu?
Mungkin, itulah pertanyaan yang terus membayangi saya ketika terlintas kata "Sirion". Jujur saja, saya memang sama sekali tidak mengenal varian terbaru Daihatsu tersebut. Biasanya, jika mendengar produk "Daihatsu", memori saya langsung tertuju pada dua model: Xenia yang sejak satu dekade terakhir disebut sebagai "mobil sejuta umat" -bersama Toyota Avanza- dan Taft.

Untuk yang pertama, saya tidak bisa berbicara banyak karena jarang menggunakannya. Tapi tidak dengan Taft yang memang merupakan "sahabat" sehari-hari saya  saat masih bekerja di pertambangan yang terletak di pedalaman Sumatera dan Kalimantan. Ya, Taft menjadi primadona karena berpenggerak empat roda serta mampu melewati segala medan yang terjal dan berlumpur.

Bagaimana dengan Sirion? Lagi-lagi saya belum bisa menjawabnya. Toh, saya memang belum punya mobil pribadi. Selama ini, saya pergi ke mana-mana menggunakan sepeda motor. Terlebih, hingga kini saya belum pernah mencicipi Sirion. Jadi, terkesan ngelantur jika saya dengan pede-nya menulis kelebihan Sirion dalam artikel di blog personal ini.

Kecuali, jika saya termasuk dalam 50 blogger terpilih yang akan diundang secara eksklusif oleh pihak Daihatsu untuk menikmati Slalom Experience bersama Stuart Collins.Ya, saya berharap bisa termasukd alam 50 blogger terpilih untuk bisa menuliskan pengalaman setelah menyaksikan Slalom Experience tersebut.

Tapi, bukan berarti saya "gagap" dengan Sirion. Toh, saya bisa mengambil kesimpulan berdasarkan pengalaman bersama Taft sebelumnya. Meski kedua varian itu berbeda jenis, Namun, baik Taft dan Sirion sama-sama keluaran dari "rahim" yang sama: Daihatsu.

Yang satu didesain untuk segala medan, baik itu pertambangan, perkebunan, hingga proyek berat lainnya. Sementara, satunya lagi, ditujukan untuk kalangan keluarga, khususnya anak muda. Ya, sesuai dengan slogan yang dikampanyekan pihak Daihatsu, bahwa Sirion merupakan "Sahabat Muda".

*       *       *

Kabin Sirion yang lumayan lega saat dilihat pada fitur 360' (www.daihatsu.co.id)


Di sisi lain, sebagai blogger yang mengadopsi etika jurnalistik terkait "cover both side" alis prinsip berimbang dalam membuat artikel, tentu saya harus "membedah" lebih lanjut. Apakah iya, Sirion benar-benar bisa menjadi "Sahabat Anak Muda"?

Untuk menjawabnya, tentu saya harus mengambil referensi resmi, yaitu situs www.daihatsu.co.id/sirion. Berdasarkan spesifikasinya, produk yang laris manis di negeri Jiran, Malaysia itu, memang menyasar kalangan keluarga, khususnya anak muda. Itu karena harga Sirion relatif terjangkau yang dimulai pada kisaran Rp 155 juta hingga Rp 176 juta.

Dengan kisaran harga tersebut, -menurut saya- Sirion bisa head-to-head dengan produk dari produsen lainnya yang sudah lebih dulu menancapkan kuku di Tanah Air. Bagaimana dengan eksteriornya? Nah ini dia. Kesan pertama begitu menggoda. Selanjutnya, jangan terserah Anda.

Alias, secara tampilan luar, Sirion tergolong oke, dengan lekuk yang memesona plus adanya sensor parkir. Terlebih, mobil ini tergolong mungil hingga bisa diandalkan di tengah padat dan macetnya kota Jakarta.

Lalu, interiornya? Ini yang menarik. Sebab, pada dashboard sudah terintergrasi dengan fitur bluetooth, USB, dan juga Mp3. Setahu saya -ini setahu saya, maaf kalau salah- untuk mobil kompetitor dengan harga sejenis, jarang yang menampilkan kelengkapan fitur seperti ini. Selain itu, berdasarkan gambar yang saya peroleh di situs resmi Daihatsu Sirion, kabinnya lumayan lega. Bagi saya, ini penting, khususnya jika kita memiliki tubuh bongsor.

Apalagi, Daihatsu Sirion memiliki fitur Total Advance Function (TAF). Apa itu TAF? Yaitu, teknologi keselamatan pasif pada konstruksi body mobil yang bisa menyerap efek benturan pada saat tabrakan. Sehingga, relatif aman bagi pengemudi dan penumpang di dalamnya.

*       *       *

Itu beberapa kelebihan Daihatsu Sirion berdasarkan spesifikasi yang saya ambil dari situs resminya. Bagaimana dengan kekurangannya? Ada beberapa yang saya sorot. Terutama bagasi yang tergolong sempit. Meski, ini tidak jadi soal bagi anak muda yang tidak hobi membawa barang pribadinya dalam mobil. Satu lagi, karena ini tipe City Car, maka hanya bisa untuk menampung empat orang. Tapi, itu sebenarnya bisa diatasi jika dalam keluarga hanya terdiri dari empat anggota seperti suami-istri dan dua anak.

Nah, itulah beberapa "bayangan" mengenai Daihatsu Sirion versi saya. Bagaimana, menurut Anda?

*       *       *
Referensi: Daihatsu Sirion Indonesia, Otosia.com

Artikel sebelumnya:
- Sensasi Perjalanan Melintasi Hutan Belantara
- Pengalaman Ekstrem di Pedalaman Sumatera

*       *       *

- Cikini, 1 Februari 2015

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)