TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Merajut Kebersamaan Sesama Blogger dalam #BukberBRID dan Ketupat Indosat

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Kamis, 09 Juli 2015

Merajut Kebersamaan Sesama Blogger dalam #BukberBRID dan Ketupat Indosat



Lesehan ala admin BRid saat berbuka puasa bersama (Sumber foto: Dokumentasi pribadi/ www.roelly87.com)
"BLOGGER itu bisa jadi reporter. Yaitu, menuliskan pengalaman atau peristiwa di blog pribadinya yang bakal memberi informasi kepada masyarakat luas. Namun, reporter belum tentu bisa jadi blogger yang menulis dengan gaya khas seperti kita."

Demikian, pernyataan Hazmi Fitriyasa kepada saya tiga tahun lalu. Tepatnya, ketika kami tengah meliput pertandingan semifinal cabang sepak bola SEA Games 2011 di Stadion Gelora Bung Karno. Saat itu, saya mendapat kehormatan bergabung dengan sosok yang akrab saya panggil Bang Srondol -merujuk kota kelahirannya- bersama tiga rekan blogger lainnya seperti Dian Kelana, Yusep Hendarsyah, dan Joshua Limyadi yang disponsori Indosat.

Awalnya, saya belum paham apa yang dimaksud Hazmi. Namun, ketika penulis novel Srondol Gayus ke Italy itu menerangkan lebih lanjut, akhirnya saya baru ngeh. Lantaran, saat itu, kami berlima, mampu bersaing dengan media online untuk menuliskan laporan pertandingan di SEA Games 2011.

Bahkan, menurut salah satu wartawan senior, apa yang kami tulis sebagai blogger, memiliki kelebihan tersendiri. Sebab, kami mampu mengulas sisi lain dari perhelatan SEA Games 2011 itu yang tidak diungkap media mainstream.
*       *       *
TIGA tahun berselang, saya kembali bertemu dengan Hazmi. Kali ini bukan sedang liputan di lapangan. Melainkan, untuk menghadiri acara buka bersama (bukber) yang diselenggrakan komunitas Reporter Blogger (BRid) di Restoran Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (7/7). Kebetulan, Hazmi merupakan pendiri BRid yang sudah eksis di grup facebook sejak 2012.

Bagi saya, ini kali pertama mengikuti acara yang bertema #BukberBRID dan Ketupat Indosat. Maklum, sebagai blogger, saya merasakan manfaatnya bergabung di grup yang dikenal ketat tersebut. Salah satunya, mendongkrak trafik dari banyak artikel yang saya share. Terlebih, saya juga sudah lama mengenal beberapa pengurus BRid seperti Hazmi, Ani Berta, Syaifuddin Sayuti, Rosid, dan sebagainya.

Apalagi, event yang didukung penuh Indosat ini tidak hanya kumpul-kumpul blogger semata. Melainkan demi merajut kebersamaan sesama anggota yang tergabung dalam BRid. Maklum, sebelumnya mayoritas dari kami hanya saling mengenal di dunia maya saja melalui facebook, twitter, atau blog.

*       *       *
Acara dibuka dengan testimoni dari 10 rekan blogger dengan di antaranya dari Nunik Utami dan Haya Aliya Zaki. Dalam kesan mereka, nyaris sama seperti saya. Yaitu, BRid merupakan wadah untuk kami para blogger menuliskan reportasenya. Di sisi lain, sebagai anggota, kami harus tunduk pada aturan dari pengurusnya.

Selanjutnya, giliran Hazmi yang memberikan sambutan mengenai sejarah berdirinya BRid. Tak lupa, penggemar berat AC Milan ini meminta dukungan rekan-rekan blogger, terkait kasus yang menimpa Bapak Internet Indonesia, Indar Atmanto. Saat ini, beliau masih mendekam di balik dinginnya jeruji besi Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sukamiskin terkait kriminalisasi yang menimpanya.

Seusai testimoni Hazmi, saya beruntung bisa bertemu dengan salah satu desainer ternama di Tanah Air, Amy Atmanto. Wanita berusia 41 tahun ini tampak tegar meski saat ini suaminya, Indar, tengah dirundung musibah. Sebaliknya, Amy, bahkan memotivasi kami para blogger, terutama blogger wanita, agar mampu bangkit dari keterpurukan. Salah satu quote yang membuat kami tergugah dari sosok yang masuk dalam 100 Wanita Inspiratif Indonesia versi Kartini Award 2011 ini adalah, "Tidak ada wanita yang tidak cantik. Yang ada hanya, wanita yang tidak tahu cara membuat dirinya cantik."

Menjelang berbuka, kami mendapat siraman rohani dari rekan blogger, Ruli Nasrullah. Pria yang akrab disapa Kang Arul ini mengingatkan kami tentang peran blogger dalam kehidupan sehari-hari. Bahwa, saat ini, menjadi blogger bukan lagi sekadar sampingan. Melainkan jika ditekuni bakal jadi profesi utama. Sebuah ceramah singkat tapi sangat mengena bagi kami.

Pada saat yang sama, kami dikejutkan dengan kedatangan Yenni Wahid. Ternyata, putri kedua almarhum Presiden Abdurrahman Wahid ini tertarik dengan interaksi sesama blogger yang terjalin kuat.

*       *       *

Selesai? Tentu saja belum. Seusai buka puasa bersama, sekretaris BRid, Ani Berta, turut mengumumkan pemenang testimoni dan lomba tweet yang berhadiah gadget keren. Bahkan, ada satu gadget lagi yang akan diberikan kepada pemenang lomba review #BukberBRID.

Yang menarik, ternyata sehabis Idul Fitri, BRid kembali mengadakan acara kopi darat (kopdar) dengan rekan-rekan blogger. Tempatnya, di Gedung Indosat Mega Multimedia (IM2) di Jalan Kebagusan Raya, Jakarta Selatan, sekitar dua pekan setelah lebaran.

Tertarik gabung dengan BRid? Bisa mengikutinya di :
Grup Facebook BRID: Blogger Reporter
Fan-Page Facebook BRID: Blogger Reporter
Akun Twitter BRID: @BR_ID

*       *       *
Testimoni BRID dari rekan blogger Nunik Utami dan Haya Aliya Zaki

*       *       *
Sambutan dari Hazmi Srondol sang pendiri BRid

*       *       *

Sambutan Amy Atmanto (@roelly87)
*       *       *

Kultum dari Dr. Ruli Nasrullah (@roelly87)
*       *       *

Takjil sebelum berbuka (@roelly87)
*       *       *

Suasana saat berbuka dengan rekan blogger (@roelly87)
*       *       *

Foto bersama blogger dengan Yenny Wahid (@roelly87)
*       *       *
Sekretaris BRID Ani Berta menutup acara (@roelly87)

*       *       *

Bingkisan dari BRID dan Indosat (@roelly87)
*       *       *
*       *       *
- Cikini, 9 Juli 2015

14 komentar:

  1. senang bisa bersua lagi mas.. terakhir ketemu waktu acara BNN di sekitar Taman Mini tahun lalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang di taman mini saya ga ikut mas
      he he he

      ikutnya waktu di pondok gede, mie ayam bandung :)

      Hapus
    2. maksudnya yang pondok gede itu mas.. kan deket taman mini.. hahahaahaha

      Hapus
    3. he he he
      iya ya, abis lebaran bnn juga ngadain acara lagi
      kayaknya sih ke lido :)

      *pengen euy

      Hapus
  2. Ternyata ada versi lesehan ya bukbernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, di depan banner pas kita foto bareng mau pulang :)
      he he he

      Hapus
  3. wah para master blogger kumpul-kumpul, pasti seru dan banyak ilmu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayuk mbak,kapan2 kita kumpul bareng :)
      eh abis lebaran ada lagi...

      Hapus
  4. Mas, saya sendiri sudah lupa perneh ngomong :

    "BLOGGER itu bisa jadi reporter. Yaitu, menuliskan pengalaman atau peristiwa di blog pribadinya yang bakal memberi informasi kepada masyarakat luas. Namun, reporter belum tentu bisa jadi blogger yang menulis dengan gaya khas seperti kita."

    Hahahha. terima kasih mas, ini sangat berarti buat saya untuk mengail memory masa lalu yg positif :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he, bang srondol pernah ngomong pas kita rame2 nulis reportase di Kompasiana :)

      ntar saya inbox

      Hapus
  5. Itu yang versi lesehan asyik banget ya. Kenapa Eikeh gak ikutan gabung di situ aja ya kemarin. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he
      itu di belakang mbak, yang buat foto2 latar banner brid :)

      Hapus
  6. kalau ga liat foto diatas, saya ga tau ada versi lesehan X_X
    ituu gooidebag pinknya unyu bangeeet mas hahhaa *salah fokus*

    BalasHapus
    Balasan
    1. gudibegnya keren, isinya lebih2 keren mbak :)
      ho ho ho

      Hapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)