TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Mengintip Produksi Innova dan Fortuner di TMMIN Karawang Plant 1

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Kamis, 19 Oktober 2017

Mengintip Produksi Innova dan Fortuner di TMMIN Karawang Plant 1


Salah satu proses produksi di TMMIN Karawang Plant 1
(Klik untuk perbesar foto dan geser untuk melihat gambar lainnya 



ADAGIUM mengatakan, "Di balik pria sukses, terdapat wanita hebat yang mendukungnya". Demikian, peribahasa sehari-hari melukiskan peran wanita terhadap keberhasilan pria.

Sejarah, mencatat, banyak tokoh ternama yang sukses berkat dukungan istri atau kekasihnya. Begitu juga sebaliknya, wanita yang menjabat sebagai presiden, kanselir, atau perdana menteri, selalu mendapat sokongan dari suami atau kekasihnya.

Fakta tersebut berlaku dalam industri otomotif. Salah satunya, Toyota. Di kolong langit ini, siapa yang tidak mengenal Toyota? Merek mobil ternama asal negeri Hidetoshi Nakata ini sudah mendunia sejak 1937 silam.


Di Tanah Air, Toyota sudah berdiri sejak 12 April 1971. Saat ini, Toyota memiliki dua entitas perusahaan berbeda tapi masih satu grup dengan fokus bisnisnya masing-masing.

Pertama, PT Toyota Astra-Motor (TAM) sebagai distributor kendaraan bermerek Toyota serta layanan purna jual. Satunya lagi, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang merupakan perakit produk Toyota dan eksportir kendaraan serta suku cadang Toyota.

Gampangnya begini. TAM bertindak sebagai distributor yang memasarkan semua kendaraan Toyota ke seluruh wilayah di Tanah Air. Serta, layanan purna jual yang mencakup garansi dan servis.

Nah, TMMIN ini, sebagai perakit produk dan suku cadang Toyota. TMMIN akan memasok produknya ke TAM untuk dipasarkan ke dalam negeri. Sementara, untuk pasar luar negeri jadi domain TMMIN.

Kebetulan, saya pribadi tidak asing dengan Toyota. Sejak masih kanak-kanak hingga rekan seangkatan sudah memiliki banyak anak, Toyota jadi kendaraan yang paling sering dipakai. Jenisnya beragam, baik itu sedan, penumpang seperti SUV dan MVP, kendaraan niaga, pick-up, hingga truk.

Pun begitu dengan merek, mulai dari Kijang yang legendaris hingga mewah seperti kendaraan dinas menteri seperti Camry dan Alphard yang beberapa kali saya tumpangi (artikel sebelumnya: http://www.roelly87.com/2014/10/wawancara-ekskusif-dahlan-iskan.html dan https://www.kompasiana.com/roelly87/sisi-lain-dahlan-iskan_54f432c9745513992b6c8941).

Teranyar, saya mendapat kehormatan untuk mengunjungi pabrik TMMIN (Plant 1) di Karawang bersama Portal Otomotif No 1 di Tanah Air, Mobil123.com. Tepatnya, Rabu (18/10) setelah mendapat informasi dari Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) bersama puluhan rekan blogger.

Sebagai gambaran, TMMIN memiliki lima pabrik dengan basis produksi yang berbeda. Yaitu, Plant Sunter 1 dan 2 di Jakarta serta Karawang 1, 2, dan 3 (Jawa Barat). Kehadiran saya di TMMIN Plant 1 ini merupakan yang kedua. Sebelumnya, pada 10 Juni 2015, saya sudah menyambangi TMMIN Plant Sunter 1.

Nah, untuk TMMIN Karawang Plant 1 ini memproduksi Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner. Di pabrik seluas 100 hektar ini, kami diajak berkeliling untuk menyaksikan proses produksi dua kendaraan tersebut. Mulai dari hulu hingga hilir. Sejak ketika masih jadi batangan sampai utuh mengkilap.

Jelas, ini jadi pengalaman berharga bagi saya. Terutama karena saya bisa melihat langsung dengan mata kepala sendiri, betapa Toyota melalui TMMIN bukan sekadar memproduksi saja. Melainkan juga ada aspek lainnya seperti humanisnya suasana kerja di pabrik.

Maklum, mendengar kata pabrik, yang timbul dalam pikiran saya, konotasinya bising, kotor, hingga sumpek. Namun, tidak dengan TMMIN Karawang Plant 1 ini yang bisa dibilang higienis bagi pekerja.

Untuk itu, kami, sebagai tamu dibekali informasi terkait pabrik dan perlengkapan keamanan sebelum menelusuri setiap jengkal dari TMMIN Karawang Plant 1.

Salah satu yang memikat saya ketika melewati sudut pabrik dengan plang bertuliskan, "Taruhlah Sampah Sesuai Jenisnya". Ini menarik, mengingat biasanya, di tempat sampah selalu bertuliskan, "Buanglah Sampah pada Tempatnya".

Sekilas, ini sepele. Namun, jika dicermati, TMMIN benar-benar mengaplikasikan kampanye kebersihan kepada pekerja dan tamu yang hadir. Bagaimana pun, sampah itu bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang berguna.

"Dengan adanya acara ini, kami harap bisa menambah pengetahuan kepada masyarakat melalui tulisan dari rekan-rekan blogger semua. Terutama, mengenai produksi kendaraan. Di TMMIN Karawang Plant 1 ini, kualitas merupakan nomor satu. Untuk itu, kami melakukan proses produksi dengan sangat ketat supaya hasilnya diterima konsumen dengan baik," ujar General Manager TMMIN Arif Mustofa dalam diskusi seusai keliling pabrik.

Sekadar informasi,TMMIN Plant 1 berdiri sejak 1998 dengan kapasitas produksi mencapai 130.000 unit kendaraan setiap tahunnya. Yang membuat saya bangga, setiap kendaraan mayoritas komponen lokal. Innova mencapai 85 persen dan Fortuner 75 persen.

Tujuannya, demi mendukung industri otomotif di Tanah Air. Bisa dipahami mengingat Toyota merupakan pemimpin pasar di Indonesia. Mendengar kata Toyota, asosiasi saya langsung tertuju pada kendaraan merakyat, sejuta umat, serba guna, tahan uji, kualitas nomor satu, dan harga kompetitif.

Dan, di balik itu semua, ada peran TMMIN lewat kerja keras dan kerja cerdas karyawannya.***


Sekilas TMMIN
Alamat: Jalan Permata Raya Lot DD-1, Kawasan Industri KIIC ((Tol Jakarta Cikampek Km 47), Karawang, Jawa Barat
Website: http://www.toyotaindonesiamanufacturing.co.id/
Facebook: https://www.facebook.com/tmminID/
Instagram: https://www.instagram.com/TMMIN_ID/
Ekspor: Sejak 1987 ke lebih 80 negara
Penghargaan: TMMIN meraih penghargaan perusahaan eskportir terbaik dari Kementerian Perdagangan RI hingga tujuh kali pada 2008, 2010, 2011, 2013, 2014, 2015, dan 2016


*         *         *
Pembekalan keselamatan sebelum berkeliling pabrik

*         *         *
Saya dengan peralatan safety

*         *         *
Narsis bareng blogger, Mobil123.com, dan perwakilan TMMIN 

*         *         *
Saya setuju! Dari pikiran yang baik, menghasilkan produk yang baik

*         *         *
Antusiasme rekan-rekan blogger menyimak setiap penjelasan dari perwakilan TMMIN

*         *         *
TMMIN Karawang Plant 1 memproduksi Toyota Kijang Innova dan Fortuner

*         *         *
TMMIN Karawang Plant 1 berdiri sejak 1998 silam

*         *         *
Kapasitas produksi kendaraan di TMMIN Kawarang Plant 1 mencapai
130 ribu unit per tahun

*         *         *
Yupz, taruhlah sampah sesuai tempatnya

*         *         *
Kualitas merupakan faktor utama produksi TMMIN dalam memanjakan konsumen

*         *         *
Cek dan ricek kendaraan dengan teliti secara bertahan sebelum
hinggap di tangan konsumen

*         *         *
Salah satu kendaraan yang akan dieskpor ke Filipina dengan setir kiri
*         *         *
Quality Control Division Head TMMIN Bachtiar Wirjadi menambah ilmu untuk
kami para blogger

*         *         *
Diskusi hangat antara petinggi TMMIN dengan blogger

*         *         *
Managing Editor Mobil123.com Indra Prabowo menerima penghargaan dari
General Manager TMMIN Anang Sayogo

*         *         *
Perwakilan blogger, Ani Berta, mendapat cendera mata dari Quality Control
Division Head TMMIN Bachtiar Wiryadi

*         *         *
Foto bersama pemenang kuis, doorprize, dan penanya terbaik dengan
manajemen TMMIN

*         *         *

Artikel Terkait Toyota


Artikel Terkait Mobil123.com dan Komunitas ISB
- Tips Memilih Kaca Film Berkualitas
Ini Tips Mudik Asyik dari Mobil123.com
Ini Tips Merawat Sepeda Motor
Ketika yang Kedua Belum Tentu Kalah Bagus dari Tangan Pertama
Mau Kredit Mobil yang Menguntungkan? Ini Tipsnya
Mobil123.com Edukasi Blogger Pentingnya Asuransi untuk Kendaraan
Mobil123.com Rilis Fitur Live Chat untuk Mudahkan Calon Pembeli
Solusi Mudah Cari Mobil di Mobil123.com

*         *         *

DISCLAIMER: Seluruh foto merupakan dokumentasi pribadi (www.roelly87.com) atas persetujuan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Dilarang menggunakan foto proses produksi di TMMIN untuk tujuan komersial

- Jakarta, 19 Oktober 2017

7 komentar:

  1. Asyik kali semalam ya, Roel. Kita dijamu laksana raja haha. Makanan berlimpah. Tuan rumah ramah-ramah.

    BalasHapus
  2. Ya Rul, pengalaman melelahkan bayangin aja luasnya 100ha, tapi seru sekarang jadi tahu seperti apa pembuatan untuk 1 unit mobil Toyota...jadi pengen bawa pulang mobilnya heee

    BalasHapus
  3. ugh, ada bena.
    hahaha.
    tapi bena beneran baru tahu kalo di sana hanya untuk pembuatan mobil fortuner dan innova. hmmm..

    BalasHapus
  4. Pokoknya jadi tahu dapurnya ya dari mobil mewah yang berseliweran di jalan ternyata prosesnya luar biasa :)

    BalasHapus
  5. Wah, sudah kali kedua ya kunjungan ke TMMIN, tapi memang budaya pabrik sangat berguna ketika kita berada di luar pabrik, sekelas pabrik jepang memang baik budaya safety nya.

    BalasHapus
  6. maju terus Toyota, angkat nama Indonesia via produk otomotif yg berkualitas.... tulisan informatif yg perluu :D

    BalasHapus
  7. Pengen ngulang jalan2 ke pabrik Toyotan lagi deh jadinya.. Heheh

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)