TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Menyelam Bersama Mola-mola dan Berbagai Ikan Lain di Toyapakeh

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Selasa, 31 Oktober 2017

Menyelam Bersama Mola-mola dan Berbagai Ikan Lain di Toyapakeh


Dari bandara ke Toyapakeh bisa menyewa kendaraan di Omocars.com



Pulau Nusa Penida di provinsi Bali, dari dulu populer dengan diving spot-nya. Salah satunya adalah Toyapakeh.

Toyapakeh mempunyai pemandangan bawah laut yang benar-benar hidup dan indah, yang membuat betah para penyelam. Tempat menyelam yang dekat dengan pelabuhan Padang Bai ini juga mempunyai karang yang berlimpah dan sehat, ikan seakan berserakan begitu saja di airnya yang biru jernih.

Toyapakeh adalah taman bawah air yang bagus sekali untuk obyek fotografi. Terumbu karangnya indah, berwarna-warni dan penuh makanan. Sehingga di sini sering terlihat banyak ikan seperti ikan pelagis, tuna, pari marble, dan hiu karang.

Selain itu juga terdapat karang-karang unik yang berbentuk pilar setinggi 10-15 meter. Sehingga seperti membentuk semacam kota bawah air dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Terdapat juga gorgonia (karang lunak berbentuk seperti kipas) berukuran besar dan ‘semak-semak’ karang lunak.

Toyapakeh adalah tempat menyelam dengan tipe arus sedang. Jarak pandang penyelam di sini cukup luas, sekitar 15-40 meter. Tempat ini paling ideal dikunjungi di bulan Desember.

Di kedalaman 6 meter kita akan menjumpai ikan triggerfish, sweetlip, ekor kuning, jackfish, kuwe, banner, buntal, scorpion, belut moray, terompet, dan pari.

Lebih dalam lagi, sekitar 10 meter, akan dijumpai ikan sweetlip, jackfish, kelelawar, napoleon wrasse, dan kura-kura. Jika mau menyelam lebih dalam lagi, kita akan bisa bertemu dengan ikan mola-mola.

Saat air tenang kita juga bisa melihat belut pita biru, kepiting orang utan dan sesiput laut nudibranch yang unik.

Transportasi ke Pulau Nusa Penida
Ada beberapa rute yang bisa dipilih dari pulau Bali menuju ke pulau Nusa Penida.

Jika dari bandara Ngurah Rai kita ingin menyewa mobil, disarankan untuk menyewa di  OMO cars. Pilih rute ke pelabuhan Padang Bai, lalu menyeberang ke Nusa Penida menggunakan kapal ferry.

Kalau kita tidak membawa mobil maka pilihan tempat menyeberang lebih banyak. Dari pantai Sanur kita bisa naik fast boat, atau naik sampan atau speed boat dari pelabuhan Tribuana.

Jika berangkat dari pantai Pesinggahan maka pilihannya adalah naik kapal kecil, dan jika dari Tanjung Benoa bisa menggunakan jasa Quicksilver Cruise Bali.


- Jakarta, 31 Oktober 2017

2 komentar:

  1. wah pengalaman kamu mantap banget mas huda..

    BalasHapus
  2. Namanya seperti nama-nama di Indonesia Timur ya, Toyapakeh :)

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)