TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Ini Tips Kredit Mobil yang Menguntungkan

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Nikmati Genflix Selama 7 Hari Gratis!

Kamis, 02 Maret 2017

Ini Tips Kredit Mobil yang Menguntungkan


Suasana diskusi kredit mobil yang menguntungkan bersama Mobil123.com


MEMILIKI mobil merupakan impian banyak orang. Termasuk, saya yang sejak kecil bercita-cita ingin membeli kendaraan roda empat tersebut. Maklum, mobil itu banyak kegunaannya bagi saya. Baik untuk menjalankan tugas kantor, liputan, menghadiri acara blogger, hingga liburan bersama keluarga.

Namun, saya sadar, dengan kondisi saat ini, bagi saya, mobil itu masuk kategori barang mewah. Alias, dalam lingkup ekonomi, berada dalam kebutuhan tersier. Itu setelah kebutuhan primer yang meliputi pangan, sandang, dan papan, serta kebutuhan sekunder (kesehatan, pendidikan, dan rekreasi).

Meski begitu, seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Itu juga berlaku bagi saya dan mungkin Anda, pembaca blog ini. Alias, jika tidak (belum) mampu membelinya secara tunai, kita bisa memiliki mobil dengan cara kredit. Alias, bayarnya dicicil dalam jangka waktu tertentu.

Nah, yang menarik, membeli mobil dengan cara mencicil itu ternyata bisa menguntungkan! Itu saya dapat setelah mengikuti acara yang diselenggarakan Mobil123.com di Tartine FX Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (28/2).

Portal Otomotif No 1 di Indonesia ini memang kerap menyelenggarakan diskusi menarik antara pembeli maupun calon pembeli mobil dengan narasumber yang kompeten. Maklum, Mobil123.com merupakan situs jual beli mobil baik baru maupun bekas dengan jumlah listing terbesar di Tanah Air yang mencapai 200.000 data.

Teranyar, Mobil123.com menyelenggarakan diskusi bertema "Tips Kredit Mobil yang Menguntungkan". Acara yang saya ikuti setelah mendapat informasi dari komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) ini berlangsung interaktif dengan mendatangkan dua narasumber kompeten di bidangnya masing-masing.

Yaitu, Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123.com dan Otospirit.com serta Betty Anjarini yang merupakan Regional Manager PT. Mitra Pinasthika Mustika (MPM) Finance. Dalam kesempatan itu, keduanya memberi tips dan solusi bagi kami, blogger yang ingin membeli mobil secara kredit.

*         *         *
"INDONESIA merupakan salah satu pasar otomotif terbesar di Asia dengan 1,03 juta unit (penjualan). Untuk itu, kami dari Mobil123.com berusaha menyediakan yang terbaik bagi calon pembeli. Baik itu yang ingin memiliki secara cash maupun kredit," kata Indra membeberkan fakta tentang penjualan mobil di Tanah Air.

Dalam data yang saya dapat dari survei Mobil123.com, Indonesia menempati posisi kelima di Asia. Yaitu, setelah Cina dengan 24,6 juta unit, diikuti Jepang (5,05 juta unit), India (3,43 juta unit), dan Korea Selatan (1,83 juta unit).

Dengan angka penjualan di Indonesia yang seksi itu, sekaligus terbesar di Asia Tenggara, membuat saya berpikir. Lebih baik membeli secara tunai atau kredit. "Sama saja sebenarnya. Itu tergantung dari kebutuhan kita. Mana yang harus diprioritaskan, untuk cash atau cicil," Betty, memberi penjelasan.

Dia juga membuat perbandingan kepada kami, puluhan blogger yang hadir, mengenai komparasi untuk beli mobil, yaitu:

Tunai:
- Harga beli lebih murah karena tidak terkena bunga dan biaya administrasi
- Lebih mudah untuk dijual kembali karena surat kelengkapan sudah di tangan
- Tidak memikirkan angsuran setiap bulan

Kredit:
- Lebih mahal, tapi besarnya angsuran setiap bulan dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial kita
- Dapat memiliki mobil yang kita inginkan dengan cepat meski belum memiliki uang yang cukup untuk membeli secara tunai
- Sangat membantu jika kita butuh mobil dalam keadaan mendesak

Nah, dengan komparasi itu, kita tinggal pilih. Mungkin, analoginya begini.

Pertama:
Saya punya tabungan di bank sekitar Rp 300 juta (ini kalimat pengandaian, bukan faktual ^_^). Saya butuh mobil untuk kegiatan sehari-hari ketimbang naik kendaraan umum yang macet belum lagi hujan becek ga ada ojek.

Berdasarkan info di Mobil123.com yang, kendaraan yang saya inginkan harganya Rp 200 juta. Dengan dana yang tersedia, berarti masih ada sisa. Langsung saja saya beli secara cash.

Kedua:
Di sisi lain, saya hanya punya uang Rp 50 juta. Sementara, mobil yang saya inginkan Rp 200 juta. Untuk menabung hingga bisa beli tunai, jelas butuh waktu bertahun-tahun. Itu belum termasuk inflasi, penyusutan, dan lain-lain.

Kebetulan, di Mobil123.com ada yang menjual kredit dengan pembiayaan melaui MPM Finance. Down payment (DP) 20 persen yang berarti Rp 40  juta. Sementara, cicilan per bulan saya sanggupnya Rp 5 juta. Itu karena gaji saya misalnya Rp 15 juta per bulan.

Setelah diverifikasi pihak MPM Finance -minimal cicilan 1/3 gaji-, ternyata saya lolos. Besoknya, mobil yang saya idamkan sudah ada di halaman rumah saya. Gampang kan. Sementara, uang sisanya bisa saya pakai untuk keperluan lainnya (Rp 10 juta).

*         *         *
TERNYATA, jika syarat dan ketentuan kita penuhi, membeli mobil secara kredit itu mudah dan menguntungkan. Sebagai tambahan, berikut saya tampilkan cara cerdas untuk kredit mobil berdasarkan info dari MPM Finance yang 26 tahun berpengalaman melayani kebutuhan pembiayaan modal kerja, multiguna, dan investasi:

1. Pilih unit kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan kita
2. Pilih perusahaan pembiayaan yang memiliki reputasi dan pengalaman yang baik
3. Pastikan besaran angsuran sesuai dengan kemampuan finansial kita. Ingat, jangan sampai cicilan per bulan melebihi gaji/penghasilan kita setiap bulan. Kalau mau aman sih, cicilannya 1/3 atau kalau lebih baik 1/4 dari gaji/penghasilan. Misalnya, cicilan perbulan kita Rp 5 juta, maka gaji kita harus Rp 15-20 juta.
4. Pastikan kendaraan Anda di-cover asuransi dengan skema comprehensive (all-risk) selama masa pembiayaan. Oh ya, ini sudah saya bahas di artikel sebelumnya yang juga setelah mengikuti acara Mobil123.com berjudul Mobil123.com Edukasi Blogger Pentingnya Asuransi untuk Kendaraan
5. Pelajari isi perjanjian pembiayaan. Ingat-ingat, baca skemanya secara teliti, termasuk jika ada syarat dan ketentuan dengan huruf kecil atau tanda * (bintang)

Oh ya, itu kan untuk yang setiap bulan mendapat gaji seperti pegawai baik negeri maupun swasta. Nah, bagaimana jika misalnya kita sebagai blogger yang tidak memiliki slip gaji? Tenang, semua ada solusinya.

Menurut Betty, tetap bisa kredit mobil. Yang penting, kita punya rekening bank yang nanti dilihat transaksi keuangannya. Tuh kan, mudah banget!

Selain mudah, membeli mobil secara kredit juga menguntungkan. Serius? Yupz, ini faktanya:

1. Terasa Lebih Ringan
Kita tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar secara sekaligus
- 20% dari harga kendaraan dibayarkan di muka sebagai DP
- 80% sisanya dibagi sepanjang masa kredit yang kita pilih. Jadi lebih ringan dibanding tunai, karena sisa uangnya bisa kita gunakan untuk keperluan lain

2. Cashflow tetap terjaga
Kiat tidak perlu menghabiskan seluruh tabungan untuk bsia membawa pulang mobil impian kita. Cukup dengan DP, sis uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Misalnya, bisnis atau investai.

3. Sulit menabung? Kredit saja!
Untk mobil, kita hanya perlu membayar uang muka sekitar 20% dan sisanya dibayar angsuran setiap bulan hingga waktu tertentu. Jadi, kita tidak perlu lagi lama-lama menunggu uang tabungan terkumpul demi memiliki mobil.

4. Ada yang ingin menambahkan keuntungan beli mobil secar kredit berdasarkan pengalaman Anda? Monggo, bisa menuliskannya di kolom komentar di bawah ini. Sekaligus, sebagai referensi saya dan pembaca setia blog ini jika ke depannya ingin membeli mobil secara kredit. Terima kasih.

Sekadar informasi, jika rekan blogger tertarik dengan dunia otomotif, bisa mengkliknya di:
Website: www.mobil123.com
Facebook: Mobil123
Twitter: @Mobil123ID
Aplikasi: Android AppStore

Atau, jika rekan blogger ingin tahu serba-serbi dunia blog, seperti menulis reportase dan liputan, bisa gabung ke komunitas Indonesian Social Blogpreneur
Facebook: Indonesian Social Blogpreneur
Twitter: @IDBlogpreneur
Instagram: @IDBlogpreneur

*         *         *
Rekan blogger Ono Sembunglango dan Ani Berta melakukan registrasi acara

*         *         *
Selpiiiiih wajib sebelum acara dimulai

*         *         *
Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123.com

*         *         *
Betty Anjarini selaku Regional Manager MPM Finance

*         *         *
Rekan blogger Yusep Hendarsyah bertanya kepada Indra dan Betty

*         *         *
Rekan blogger Wndah Saputro bertanya tentang DP dan tenor per bulan 

*         *         *
Cara cerdas memperoleh persetujuan kredit (Klik untuk perbesar foto)

*         *         *
Kelebihan membeli mobil secara kredit (Klik untuk perbesar foto)

*         *         *
Head of Marketing Mobil123.com mengambil doorprize untuk blogger
yang didapat Ani Berta dan Risalah Husna

*         *         *
Tagar #Mobil123 dan #KreditMobil memuncaki trending topic Nasional
yang memperlihatkan antusiasm netizen untuk kredit mobil
tidak hanya yang datang di Tartine FX saja, melainkan juga di rumah

*         *         *

Artikel Terkait:
Mobil123.com Edukasi Blogger Pentingnya Asuransi untuk Kendaraan
Mobil123.com Rilis Fitur Live Chat untuk Mudahkan Calon Pembeli
Solusi Mudah Cari Mobil di Mobil123.com

*         *         *
- Jakarta, 2 Maret 2017

22 komentar:

  1. Kreditpun musti diperhitungkan agar caahflow tetap terjaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak, abis (kredit) rumah, rencananya juga saya mau kredit mobil ah :)

      Hapus
    2. Ciee yang lagi menyiapkan rumah masa depan hahayyy.

      Hapus
    3. hi hi hi
      mauuuuuuuu banget mbak :)

      Hapus
  2. Mas dipikir2 klo kredit, mereka bisa untung 30 persenan yak dari harga asli huehehehhe, tapi klopun cash ya itu dia, kayaknya mau main sulap duluk ah biar ada duitnya #bukan duit sekedar daon #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua kembali ke kebutuhan kita masing2 mbak :)
      kalo saya pribadi sih, pengennya beli cash, tapi kalo dana belum terkumpul, kredit jadi solusi yang tepat. yang penting kitanyah bisa atur keuangan

      Hapus
  3. Kalau mau kredit berarti harus punya catatan laporan keuangan pribadi, biar bisa memperkirakan kemampuan cicilannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bu, sekalian kalkulasi hingga tenor berakhir :)

      Hapus
  4. Mendingan cash ya kalo ada duit mah, kredit bayangin bayar tiap bulannya itu lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak, maunyah cash hi hi hi
      tapi, kredit juga jadi alternatif kalo dana belum terkumpul seluruhnya :)

      Hapus
  5. selama persyaratannya terpenuhi, ternyata gak ribet ya kredit mobil, apalagi setelah dikasih tips sama Mobil123 dan MPM finance :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, diskusi ini penting kalo suatu saat kita pengen kredit mobil, jadi sudah ada gambarannya :)

      Hapus
  6. Punya istri punya anak punya rumah sekarang tinggal punya mobil.aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...

      iya pak, jika belum terkumpul secara cash, alternatifnya ada pada kredit :)
      *siap2 ngumpulin buat dp

      Hapus
  7. Ternyata untuk bisa punya mobil mudah ya sekarang. Kalo tak punya kerja tetap pun masih bisa dengan kredit ya. Yang penting syarat lain terpenuhi ya. Dan juga Suai kebutuhan sendiri, cocoknya cash ato kredit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, eperti kata pepatah: banyak jalan menuju roma :)
      hehehe

      tinggal pilih, tunai atau cicil

      Hapus
  8. blogger bisa mengajukan kredit mobil juga ya kaaan...aiih mantaap

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi hi hi
      iya mbak sesuai kebutuhan, jadi kalo rumah udah lunas, tinggal (kredit) mobil deh
      #eaaa :)

      Hapus
  9. Iya nih bener ya, banyak jalan untuk memiliki mobil, ga hanya tunai aja, dgn kredit jg bisa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mas, kredit jadi solusi jika kita belum punya dana tunai :)
      *siap2 nabung nih

      Hapus
  10. better kredit... soale uang nya bisa buat ngopi cantik dan jalan halan ke emol :D

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)