TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Michelin Ajak Marquez dan Pedrosa untuk Kampanye Kesadaran Berkendara

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Rabu, 18 Oktober 2017

Michelin Ajak Marquez dan Pedrosa untuk Kampanye Kesadaran Berkendara


Marc Marquez dan Dani Pedrosa menandatangani 10 Golden Rules
(Klik untuk perbesar foto dan geser untuk melihat gambar lainnya)


MICHELIN Safety Academy (MSA) 2017 mencapai puncak kegiatan dengan perayaan kelulusan yang berlangsung kemarin. Tepatnya, penyerahan hadiah simbolisasi di Hotel Santika Premiere ICE BSD City, Tangerang, Selasa (17/10).

Kebetulan, saya turut hadir dalam fase pamungkas kampanye berkendara aman dari Michelin bersama enam rekan blogger dan belasan media. Ini merupakan lanjutan dari Kick-off Michelin Academy Safety yang berlangsung di Miradelima Restaurant pada 4 Oktober lalu (Artikel sebelumnya: Michelin Safety Academy Edukasi Pelajar untuk Berkendara dengan Penuh Tanggung Jawab).

Dalam rangkaian acara itu dihadiri perwakilan dari 400 siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) yang telah mengikuti program edukasi berkendara aman pada 7 dan 14 Oktober lalu. Juga yang lulus ujian Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C.

Bahkan, puncak dari Michelin Academy Safety 2017 ini turut diramaikan dengan kehadiran dua pembalap MotoGP.Yaitu, Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang sama-sama memperkuat Repsol Honda Team.

Kehadiran dua riders ternama itu bukan tanpa alasan. Maklum, Michelin merupakan sponsor utama MotoGP. Perusahaan ban terkemuka di dunia ini juga menjalin kerja sama dengan Federasi Otomotif Internasional (FIA) untuk kampanye keselamatan.

Di Tanah Air, FIA diwakili Ikatan Motor Indonesia (IMI). Selain kedua federasi itu, Michelin juga menjalin kerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas).

Tujuannya, supaya kampanye ini mengena langsung kepada masyarakat luas. Terutama remaja atau pelajar yang belum lama mengendarai sepeda motor. Mereka dibekali pengetahuan dan keterampilan berkendara aman supaya dapat jadi pengendara yang bertanggung jawab.

Apalagi, syarat untuk bisa melajukan kendaraan di jalan raya harus memiliki SIM. Itu mengapa, kampanye ini sangat tepat sasaran. Supaya, pelajar yang mengikuti Michelin Safety Academy ini bisa jadi anutan dari orang-orang terdekatnya dalam hal berkendara.

"Para instruktur Michelin Safety Academy dan para coaches telah melakukan pekerjaan baik dalam membantu para siswa untuk lebih memahami pentingnya berkendara," ujar Presiden Direktur Michelin Indonesia Frederick Mueller.

Pria yang akrab disapa Fritz ini menambahkan, "Kehadiran Marquez dan Pedrosa diharapkan dapat menginspirasi siswa untuk jadi pengendara yang bertanggung jawab. Serta, selalu waspada dan mengutamakan keselamatan."

Gayung pun bersambut dengan antusiasme Marquez menyimak rangkaian acara Michelin Safety Acedemy. Pembalap 24 tahun ini mengatakan, "Harapan saya, generasi muda di Indonesia lebih mengutamakan keselamatan berkendara."

Pernyataan senada diungkapkan seniornya, Pedrosa. Rider bernomor punggung 26 ini mengakui, sejak masih muda sangat menyukai balapan. Namun, Pedrosa menegaskan, tidak melakukannya di jalan raya, melainkan sirkuit.

Menurutnya, jalan raya bukan lokasi yang tepat untuk memacu sepeda motor dengan kecepatan maksimal. "Kalau mau balapan ya di sirkuit, bukan di jalanan," Pedrosa, menjelaskan.

"Di sirkuit, kita bisa memacu kendaraan dengan maksimal karena dilengkapi alat keselamatan. Beda dengan di jalan raya yang bisa membahayakan diri sendiri atau orang lain," lanjut pria asal Spanyol ini.

Komentar dari Pedrosa beralasan. Sebagai pembalap, tentu dia tahu bagaimana risiko melajukan kendaraan hingga batas maksimal. Untuk itu, Pedrosa dan Marquez menyarankan kepada masyarakat Indonesia yang saat itu diwakili belasan pelajar, supaya berkendara dengan penuh tanggung jawab.

Apalagi, Marquez merupakan Duta FIA untuk keselamatan berkendara dalam skala global. Dalam kesempatan itu, juara dunia tiga kali ini turut mengkampanyekan kesadaran berkendara aman. Salah satunya, dengan selalu menggunakan helm saat mengendarai motor yang termasuk dalam 10 Golden Rules hasil kemitraan FIA dan Michelin.

Marquez bersama Pedrosa, perwakilan dari organisasi pendukung dan siswa, menandatangani deklarasi 10 Golden Rules sebagai tanda dukungannya bagi para pengendara pemula di Indonesia untuk menjadi pengendara yang bertanggung jawab.

"Saya sangat beruntung bisa menjadi salah satupeserta di Michelin Safety Academy. Melalui acara ini, saya mendapatkan pengetahuan berharga mengenai berkendara aman," tutur Anita Rahmawati, salah satu peserta Michelin Safety Academy edisi keempat ini.

Siswi SMAN 50 Jakarta ini melanjutkan, "Termasuk, pengetahuain menegenai tekanan angin pada ban yang sangat penting untuk menjamin keamanan berkendara. Informasi ini dapat menyelamatkan nyawa, tidak hanya bagi diri sendiri saja, tapi juga orang lain."

Yupz, Marquez, Pedrosa, Anita, dan peserta Michelin Safety Academy 2017 sudah membulatkan tekad untuk jadi pengendara yang bertanggung jawab. Saya pun berusaha untuk menerapkannya karena punya pengalaman buruk akibat di jalan raya. Bagaimana dengan kalian?

Yuk, bersama-sama kita terapkan berkendara yang aman di jalan raya. Sekaligus, jadi pengendara yang bertanggung jawab supaya tidak mencelakai diri sendiri dan orang lain. Itu semua, tentu dimulai dari diri sendiri.***


Berikut, 10 Golden Rules Hasil Kemitraan FIA dan Michelin:


1. Memakai Sabuk Pengaman
2. Mematuhi Peraturan Lalu Lintas
3. Mematuhi Batas Kecepatan
4. Memperhatikan Kebugaran
5. Melindungi Anak-anak di Belakang Saya
6. Selalu Siaga Saat Mengemudi
7. Berhenti Saat Merasa Lelah
8. Memakai Helm Saat Bermotor/Bersepeda
9. Berprilaku Santun di Jalan
10. Memeriksa Ban

*         *         *
Saya dan rekan-rekan blogger ikut jadi saksi kampanye kesadaran berkendara

*         *         *
Siswa-siswi pemenang reportase video berhadiah beasiswa dari Michelin

*         *         *
Foto bersama dua pelajar yang meraih hasil tes SIM A dan C terbaik bersama
perwakilan Michelin, Korlantas, Kemenhub, dan IMI 

*         *         *
Deklarasi Golden Rules sebagai wujud nyata kontribusi Michelin untuk Indonesia

*         *         *
Marquez dan Pedrosa memamerkan cendera mata boneka Michelin bersama
Presiden Direktur Frederick Mueller dan Nora Guitet (Head of Public Affair)

*         *         *
1... 2... 3... Klik! Selfie berjamaah Marquez dan Pedrosa

*         *         **         *         *
*         *         **         *         *
*         *         **         *         *

*         *         *


Artikel Terkait:
Michelin Safety Academy Edukasi Pelajar untuk Penuh Tanggung Jawab
Michelin Selenggarakan Road Safety Day di Polda Metro Jaya
HUT Polantas ke-60: Aspirasi Masyarakat Mengurai Kemacetan
(Esai Foto) Jakarta Metropolitan Police Expo 2016: Demi 3M untuk Masyarakat

*         *         *
- Jakarta, 18 Oktober 2018

1 komentar:

  1. Nah setuju, nih. Penting banget berkendara yang aman. :)

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)