TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Ini Tips Merawat Sepeda Motor

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Selasa, 25 April 2017

Ini Tips Merawat Sepeda Motor

Ini Tips Merawat Sepeda Motor yang Semudah Senyum

Suasana diskusi bertema Merawat Motor Semudah Senyum yang
diselenggarakan Mobil123.com (Klik dan geser untuk perbesar foto)


BAGI saya, sepeda motor ibarat nyawa kedua sekaligus "pendamping hidup". Bisa dipahami mengingat dengan sepeda motor, saya bisa berkunjung dari satu stadion ke stadion lain, arena olahraga, dan berbagai tempat lainnya untuk kegiatan kerja. Termasuk, dalam berbagai acara blog yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya.

Itu mengapa, saya selalu berusaha merawatnya dengan sebaik mungkin. Termasuk rutin membawanya ke bengkel untuk servis, ganti oli, suku cadang, atau konsultasi dengan mekanik jika ternyata saya merasa ada yang kurang sreg terkait sepeda motor sehari-hari yang saya pakai.

Terkait sepeda motor, saya mendapat tambahan wawasan. Itu setelah saya mengikuti acara yang diselenggarakan Mobil123.com di The Hook Restoran, Jakarta Selatan, Selasa (25/4) siang. Dalam diskusi bertema "Merawat Motor Semudah Senyum" itu turut menampilkan beberapa narasumber yang kompeten.

Yaitu, Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123.com, Agung Prabowo (Technical Specialist Integrated Lubrication Management Academy PT Pertamina Lubricants), Syafudin (Sales Region 3 PT Pertamina Lubricants), Intania Prionggo (Public Relation PT Pertamina Lubricants), dan Ipoet Kusumonegoro (Lady Biker).

Hari ini merupakan kali keenam saya mengikuti rangkaian acara yang diselenggarakan Portal Otomotif No 1 di Tanah Air tersebut setelah 2015, 2016, dan 2017 (empat kali). Itu berkat informasi dari Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (Komunitas ISB).

Sebagai portal otomotif nomor satu di Indonesia, Mobil123.com memang tidak hanya berisi tentang penjualan atau tips dari roda empat saja. Melainkan juga mengenai sepeda motor dengan terdapat 28.688 list serta berbagai tips yang informatif dalam dunia roda dua.

Itu diungkapkan Agung yang membeberkan sembilan tips untuk merawat kendaraan. Termasuk, wajib menyediakan toolkit seperti kunci busi yang standar untuk antisipasi di perjalanan.

Di sisi lain, Ipoet malah lebih ekstrem. Itu karena putri dari Indra Warkop DKI ini menganggap sepeda motor sebagai pacar!

"Meski aku wanita, tetap rutin merawat Moge (motor gede). Baik itu saat diparkir atau ketika sudah dikendarai. Merawat motor harus penuh perhatian ibarat pacar sendiri," Ipoet, menambahkan.

Mengikuti event ini sukses menambah wawasan saya tentang sepeda motor. Maklum, itu merupakan satu-satunya kendaraan yang saya miliki. Tentu, saya harus merawat dan menjaganya sebaik mungkin supaya nyaman dipakai dalam keseharian.

9 Tips Merawat Sepeda Motor:

1. Cek Kondisi OliOli sangat penting perannya untuk melumasi komponen pada mensin, membersihkan kerak sisa pembakaran atau kotoran dari keausan komponen itu sendiri. Jika sudah berwarna kehitaman, ganti segera oli secara berkala dan gunakan rekomendasi pabrikan yang telah tersedia.

2. Cek Kondisi Aki
Jangan biarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum. Tambahkan pada pagi hari, jangan biarkan aki lemah tidak segera diganti, pasalnya ada efek negatif terhadap kelistrikan. Khususnya motor modern saa ini dengan teknologi injeksi yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna serta boros bahan bakar.

3. Periksa Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor atau kekencengan. Cek kondisi gear jika sudah tajam segera diganti karena bisa mengakibatkan rantai lepas atau putus. Itu sangat berbahaya terhadap pengendara.

4. Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi, cepat ganti jika sudah terlihat retak dan berumur. Perhatikan busi jika sudah kotor, segera bersihkan atau ganti jika sudah umur sesuai yang di standar pabrikan. Busi merupakan sumber api yang vital dalam pembakaran sepeda motor.

5. Perhatikan Selang Bensin
Selang bensin juga rawan bocor karena umur, perhatikan jika sudah ada keretakan. Dan, rawan buntu apalagi jika sering memakai bensin bukan dari SPBU yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna.

6. Panaskan Sepeda Motor Secukupnya
Panaskan mesin sebelum dijalankan cukup 1-2 menit agar tidak bensinnya tidak terbuang percuma. Untuk sepeda motor yang jarang dipakai, lakukan pemanasan rutin supaya oli tidak mengental. Lakukan penggantian olinya tidak memakai KM, tapi sesuai rekomendasi pabrikan pakai bulan/minggu.

7. Periksan Tekanan Angin Ban
Cek tekanan yang diizinkan sesuai ban yang dipakai. Jika terlalu keras akan tidak nyaman, tapi jika kurang tekanan akan boros bahan bakar.

8. Gunakan Part Sesuai Rekomendasi Pabrikan
Gunakan part sesuai rekomendasi pabrikan, termasuk oli yang dipakai. Tidak hanya berpatokan dalam merk/brand, tapi tingkatan mutu yang ada di manual maintenence yang terdapat di buku servis.

9. Jangan Lupa Cuci dan Salon Motornya
Rutin cuci sepeda motor agar terlihat seperti baru. Saat cuci, perhatikan bagian elektrik jangan disemprot kencang, termasuk bagian karburasi jika masih pakai serta knalpot agar airnya tidak masuk ke dalam mesin.

Mungkin tips ini sudah pernah kita lakukan mengingat aktivitas berkendara setiap harinya. Namun, tidak ada salahnya jika saya kembali menyebarkannya supaya diketahui khalayak ramai.

Sebab, inti dari ngeblog itu saling berbagi informasi (kalau bisa inspiratif). Kebetulan, saya sudah mengikuti acara yang diselenggarakan Mobil123.com hingga enam kali. Jadi, apa yang saya dapat dari diskusi bersama portal otomotif nomor 1 di Tanah Air dan narasumbernya itu selalu saya share di blog ini. Tujuannya, untuk menambah wawasan dan pengalaman baik saya pribadi maupun pembaca setia www.roelly87.com.***

*         *         *
Kendaraan operasional Mobil123.com

*         *         *
Kendaraan operasional Pertamina Lubricants

*         *         *
Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123.com (kanan)

*         *         *
Intania Prionggo (Public Relation PT Pertamina Lubricants)

*         *         *
Agung Prabowo (Technical Specialist Pertamina Lubricants)

*         *         *
Ipoet Kusumonegoro dari perwakilan Lady Biker

*         *         *
Syafudin selaku Sales Region 3 Pertamina Lubricant (tengah)

*         *         *
Rekan blogger Dede Ariyanto bertanya kepada narasumber

*         *         *
Ipoet bercerita tentang kendaraan yang dianggap sebagai pacar

*         *         *
Berbagai produk dari Pertamina Lubricants

*         *         *
Foto bersama kru Mobil123.com dan narasumber

*         *         *

Artikel Terkait:
Ketika yang Kedua Belum Tentu Kalah Bagus dari Tangan Pertama
Mau Kredit Mobil yang Menguntungkan? Ini Tipsnya
Mobil123.com Edukasi Blogger Pentingnya Asuransi untuk Kendaraan
Mobil123.com Rilis Fitur Live Chat untuk Mudahkan Calon Pembeli
Solusi Mudah Cari Mobil di Mobil123.com

*         *         *
Jakarta, 25 April 2017

14 komentar:

  1. Kalo Ipoet Kusumonegoro menganggap motornya sebagai pacar, berbeda dengan mas Huda yang menganggap motor sebagai "pendamping hidup." Eh, ada foto aku pas nanya. Maacih mas Huda. :)

    BalasHapus
  2. Iya jangan asal bisa jalan aja motornya. Tapi rawat juga yang bener. Belinya juga kan pake duit bukan daun. Hixhixhix.
    Lagian kalau dirawat, dipakenya juga enak.

    BalasHapus
  3. saya sama teman-teman saya biasanya pergian naik motor,, kadang masalah yang kami jumpai tu , di mesin khususnya di busi sma pengapian,, hmm intian siap-siap bawa sperpat khususnya busi cadangan, trimss hehe

    BalasHapus
  4. mobil 123, jaringan nya cukup banyak banget ampe bingung mo milih mana...jadi pengen cari motor kak, dua motor dirumah di jual ganti 1 yang baru gitu :D

    BalasHapus
  5. waah perlu di share ke ayahnya anak2 nih...TFS mas

    BalasHapus
  6. Mantaf intinya jngan malas rawat kendaraan. Udah muka pas pasan eh motornya juga ngepas banget untuk masuk bengkel kudu renovasi . Pasti tambah bete .gak ada senyum .

    Coba deh rajin rajin ikut tips dalam tulisan ini pasti indah dunia. Karena apa? Karena semudah senyuman.

    BalasHapus
  7. Emang bener klo punya kendaraan, anggap lah seperti kekasih/pacar, biar dielus-elus dan pastinya terawat...

    BalasHapus
  8. Bagi saya sih performa mesin lebih utama dari pada bagian bodi.
    percuma bodi keren tapi ga ada larinya malu euuy

    BalasHapus
  9. Hal yang saya impikan dan impossible tercapai adalah "bisa naik motor ke jalan raya" duh aku penakut! Bisa jalankan motor di komplek tapi nervous pas di jalan raya :))
    Tapi tips merawat motor ini bisa buat dibagikan untuk teman dan saudara :)

    BalasHapus
  10. Kalo kendaraan sakit, kayanya tuh ada yg hilang gitu dehh. Bingung mau kemana-mana

    BalasHapus
  11. Cocok mas, rawat rawat dan rawat kendraan. Selamat di jalan insya alloh

    BalasHapus
  12. Jadinya yah merawatnya sembari senyum, kendaraannya juga semakin sehat. Terpenting mah rutin ganti oli dan cek semua kondisi.

    BalasHapus
  13. Wah tipsnya membantu bgtt, pengen diterapin secepatnya deh heheh

    BalasHapus
  14. wah saya jarang ke salon motor, tapi bersyukur bodynya masih bagus

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)