TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Ini Tips Mudik Asyik dari Mobil123.com

Google Adsense 2016

Tentang Juventus dan Liga Champions

Tentang Juventus dan Liga Champions
Road to Cardiff: Langkah Si Nyonya Besar untuk Bertakhta Dimulai

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Kamis, 18 Mei 2017

Ini Tips Mudik Asyik dari Mobil123.com


Suasana diskusi bersama Mobil123.com dan Mitsubishi Indonesia
(Klik untuk perbesar gambar dan geser untuk melihat foto lainnya)

MEI sudah memasuki pertengahan. Pekan depan, ramadan tiba. Itu berarti, mayoritas rakyat di Indonesia akan segera merayakan tradisi mudik ke kampung halamannya masing-masing. Biasanya, terjadi H-7 hingga H+7 Idul Fitri. Saat ini, masih sekitar sebulan lagi.

Masih cukup lama memang. Namun, bagi perantauan, harus sudah mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Kebetulan, pada dekade 2000-an, saya lama di rantau orang. Biasanya, sebulan jelang mudik, sudah harus mempersiapkan tiket bagi yang menaiki kendaraan umum.

Atau, untuk yang memiliki kendaraan pribadi, membawanya ke bengkel. Baik itu untuk servis maupun mengganti suku cadang supaya saat di perjalanan jadi nyaman. Rekan blogger, bagaimana dengan persiapan mudik Anda?

Nah, saya baru mendapat tambahan informasi mengenai mudik. Sebagai blogger, tentu jika memiliki sesuatu yang informatif dan edukatif, saya wajib men-sharenya di blog ini. Tepatnya, ketika mengikuti talkshow bersama Mobil123.com dan Mitsubishi Indonesia di Foodism Cafe, Rabu (18/5).

Kehadiran saya di acara bertema "Seberapa Asyik Mitsubishi Mirage Diajak Mudik?" ini berkat informasi dari Komunitas ISB. Ini kali ketujuh saya mengikuti rangkaian acara yang diselenggarakan Portal Otomotif No 1 di Tanah Air tersebut. Rinciannya, pada 2015, 2016, dan 2017 (lima kali).

Dalam diskusi itu, Managing Editor Mobil123.com dan Otospirit.com Indra Prabowo memberikan berbagai tips untuk mudik. Tentu, saya sudah sering mudik. Baik itu lewat darat, udara, hingga laut. Bahkan, yang terakhir itu harus melewati beberapa hari dari Banjarmasin menuju Cirebon. Namun, mendengar penjelasan dari Indra, sukses menambah wawasan saya. Maklum, informasi ini datangnya langsung dari sang ahli!

"Sebelum mudik, persiapkan kendaraan Anda sudah aman untuk digunakan," tutur Indra di hadapan puluhan blogger. "Cek kondisi kendaraan seperti rem, oli, ban, dan sebagainya. Jangan lupa, cek tekanan angin sebelum berangkat. Tidak boleh terlalu kencang atau malah kurang. Ini bisa jadi bahaya di jalan."

Yupz, pernyataan Indra seperti memberikan guyuran segelas air es ke kepala saya. Maklum, biasanya, kalau mau mudik itu saya kerap terburu-buru. Maklum, ingin cepat-cepat sowan dengan keluarga, terutama Orangtua.

Adakalanya, sudah sampai di jalan malah lupa. Baik itu ada yang tertinggal seperti baju, oleh-oleh, hingga barang bawaan lain. Tak jarang, saya dan rombongan abai dengan kondisi kendaraan. Terutama, ban yang bersyukur diingatkan kembali berkat mengikuti acara Mobil123.com.

Indra melanjutkan, "Gunakan rest area dengan bijak. Kalau sudah merasa lelah, lebih baik beristirahat. Luruskan punggung setelah berjam-jam di jok mobil atau sepeda motor. Bahkan, kalau ngantuk, mending tidur sejenak untuk memulihkan kondisi."

Yupz, saya sependapat dengan penuturan alumni dari Universitas Diponegoro tersebut. Sebab, dengan beristirahat di rest area, tidak hanya baik untuk kondisi tubuh kita saja, melainkan juga kendaraan. Maklum, mudik itu kan tidak cukup satu atau dua jam, melainkan hingga belasan jam bahkan berhari-hari.

Rekor mudik pribadi saya, paling dekat Cirebon-Jakarta. Terjauh, ya Banjarmasin-Jakarta yang ditempuh darat dan laut. Sementara, untuk Padang-Jakarta, kendati secara jarak lebih jauh, tapi tidak terlalu berat. Sebab, saya hanya duduk manis sepanjang jalan karena sudah ada rekan yang mengemudi bersama rombongan.

*         *         *

NAH, berikut berbagai tips dari Indra dan tim Mobil123.com yang saya sarikan di blog ini:

Pra-Mudik

1. Persiapkan kesehatan kita dan semua anggota keluarga:
- Jangan bekerja berlebihan
- Istirahat dan tidur yang cukup
- Tetap berpuasa
- Konsumsi 4 sehat 5 sempurna
- Periksa ke dokter

2. Persiapkan kendaraan Anda dengan membawa ke bengkel resmi untuk diperiksa setidaknya sepekan sebelum mudik

3. Kumpulkan berbagai macam informasi seperit:
- Rencana rekayasa lalu lintas
- Lokasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU)
- Titik rest area
- Perkembangan jalan tol (untuk roda empat ke atas)

4. Siapkan dana dan perkirakan apa-apa saja yang akan menjadi pengeluaran. Saran saya, biaya terbesar saat mudik itu ya pengeluaran tak terduga yang bisa terjadi di jalan raya. Untuk itu, saya kalkulasikan pengeluaran mudik sekitar -CONTOH- Rp 1 juta. Nah, saya menyiapkannya Rp 1 - 2,5 juta sebagai antisipasi kalau ada apa-apa di jalan. Yupz, mencegah lebih baik daripada mengobati

5. Inventarisir barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Ada baiknya, Anda mengirim barang-barang yang memakan ruang kargo via perusahaan logistik beberapa hari atau pekan sebelum mudik.


Saat Mudik

1. Pastikan lagi kondisi Anda dan keluarga dalam keadaan sehat jasmani dan rohani

2. Periksa kembali beberapa bagian kendaraan sebelum berangkat
- Kondisi ban dan tekanan angin
- Kelistrikan
- Cairan (misalnya untuk mobil seperti minya rem, air wiper, air radiator)

3. Jangan membawa terlalu banyak barang karena mengganggu kenyamanan, membuat boros bahan bakar minyak (BBM) dan membahayakannya

4. Manfaatkan Rest Area
-Beristirahatlah ketika pengemudi lelah, setiap 3-4 jam perjalanan selama minimal 30 menit sampai Anda bugar kembali. CATATAN: Ketika mudik bersama rombongan, saya biasanya gantian bawa kendaraan. Sebagai kalong bin insmonia, saya suka mengendarai malam hari. Nah, siang harinya, saya tidur, dan rekan saya yang menjalankan kendaraan
- Senam ringan bisa Anda lakukan saat penat atau letih
- Jikapenegmudi mengantuk, obatnya hanya tidur. CATATAN: Saya tambahkan, obatnya cabe rawit. Tapi, efeknya sementara. Jangan meminum minuman energi untuk melawan rasa kantuk. Sebab, ada efek sampingnya.

5. Manfaatkan teknologi kendaraan, seperti mobil untuk menghibur Anda dan keluarga, serta mendapatkan berbagai informasi penting. Misalnya, kondisi lalu lintas, lokasi SPBU, dan lain-lain sepanjang rute kita

*         *         *

SELAIN tips dari Indra, dalam acara tersebut juga kami mendapat tambahan informasi dari Mitsubishi Indonesia. Yaitu, Intan Vidiasari selaku head of PR & CSR Department PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia. Kebetulan, saya tidak asing dengan Mitsubishi.

Sebab, sering menggunakan produk mereka ketika masih merantau di tambang. Yaitu, Mitsubishi Triton yang dikenal ampuh di segala medan. Terutama, yang double gardan (4x4) yang mampu melibas jalanan berlumpur seperti berada di tengah kota.

Yupz, Mitsubishi memang dikenal sebagai brand yang memiliki ketangguhan dan cita rasa tersendiri. Tak heran jika Basoeki Abdullah menggunakan salah satu produknya, Lancer, sebagai kendaraan sehari-hari. Itu saya ketahui ketika menghadiri peringatan 100 tahun dari pelukis legendaris ini di Museum Nasional pada 30 September 2015.

Dalam artikel yang saya buat berjudul Sisi Lain Basoeki Abdullah dalam Pameran Rayuan 100 Tahun di Museum Nasional terdapat koleksi koran edisi 19 Oktober 1981. Saat itu, Basoeki memberikan testimoni, "Hmm... Mobil ini memang luar biasa!"

Teranyar, Intan mempersilakan kami untuk menjajal ketangguhan Mitsubishi Mirage. Wow... Kesan saya terhadap mobil ini sangat eksotis. Apalagi, yang warna Wine Red Pearl, sangat memesona.

"Mirage kali pertama diluncurkan pada 2012 dan mengalami penyegaran 2016 lalu. Mirage ini memiliki tiga konsep utama. Yaitu, Sporty dan stylish dengan eksterior desain, easy comfortable, dan eco driving serta safety," Intan, menjelaskan.

Sosok yang bekerja di Mitsubishi Indonesia sejak 1999 ini pun membeberkan keunggulan Mirage untuk dipakai mudik. Terlebih, sebelumnya saya sudah menjelajahi dari ujung ke ujung terkait Mirage ini sebelum acara dimulai.

"Mirage ini cocok untuk mudik. Pastinya, kita juga ingin tampil lebih gaya saat pulang kampung. Mirage memiliki desain baru yang lebih stylish dan cocok bagi kita yang berjiwa muda. Termasuk, Pahmud (papah muda) dan Mahmud (mamah muda)," tutur Intan, semringah.

Yupz, demikian kisah saya terkait mudik bersama Mobil123.com dan Mitsubishi Mirage. Bagaimana, dengan pengalaman Anda?***

*         *         *
Indra Prabowo berbagi tips untuk mudik kepada puluhan blogger

*         *         *
Intan Vidiasari membeberkan keunggulan Mitsubishi Mirage untuk mudik

*         *         *
Lima rekan blogger pemenang doorprize

*         *         *
Pasangan blogger foto bersama Mitsubishi Mirage

*         *         *
Rekan blogger menyimak lebih jauh dalaman Mitsubishi Mirage

*         *         *
Antara aku, kau, dan Mitsubishi Mirage :)

*         *         *
Artikel Terkait:
- Ini Tips Merawat Sepeda Motor
Ketika yang Kedua Belum Tentu Kalah Bagus dari Tangan Pertama
Mau Kredit Mobil yang Menguntungkan? Ini Tipsnya
Mobil123.com Edukasi Blogger Pentingnya Asuransi untuk Kendaraan
Mobil123.com Rilis Fitur Live Chat untuk Mudahkan Calon Pembeli
Solusi Mudah Cari Mobil di Mobil123.com

*         *         *
Jakarta, 18 Mei 2017

17 komentar:

  1. Cucok deh. Interior desainnya stylish ya kak

    BalasHapus
  2. Tips mudiknya bermanfaat sekali mas Roelly, terutama untuk aku yang punya keluarga kecil. Mitsubishi Mirage ini pas banget apalagi fitur keselamatannya sudah lengkap.

    www.talkativetya.com

    BalasHapus
  3. Mauu donk diajak mudik #ehh hahaha.
    Btw makasih yoo tipsnya catet lah kalo punya mobil nanti hehe.

    BalasHapus
  4. Mirage tahun 2016 lalu kan dapat gelar Favorite City Car dari pembaca majalah Autocar dalam Autocar Reader’s Choice Award. Hal ini membuktikan performa dari city car ini sudah teruji oleh konsumen Indonesia, mantap!

    BalasHapus
  5. tipsnya detail...bermanfaattttt

    BalasHapus
  6. Ommm...ommmm,..hati masuk angin kepala diguyur air es. Btw kapan kita naik mirage bareng nih

    BalasHapus
  7. Keren oom.
    Mudik bareng mirage yuk!

    BalasHapus
  8. Memang kalau mudik semua-muanya harus diperhatikan termasuk kesehatan driver n penumpang. Ini mungkin yang kadang juga suka luput.

    BalasHapus
  9. Mudik memang kudu nyaman, karena perjalanan jauh, kalo nggak nyaman bikin BT, hehe

    BalasHapus
  10. jadi ntr mudik naik ini roel? hahaha
    biar halan-halan jg di kampung halaman. new mirage memang menggodaaa!

    BalasHapus
  11. Ciee ada akuuu, aaakkk. Aku hiiitsss.
    Hahahahaha.
    Salah fokus. Tapi gpp, hits bareng mirage

    BalasHapus
  12. Tip nya boleh juga persiapan buat mudik....klo mudik drivernya bisa gantian enak roel, nggak terlalu cape yg satu bisa istirahat hee

    BalasHapus
  13. Sempat nyobain Mirage? Pengen banget, sayangnya belum bisa bawa sendiri. Kayaknya Mirage mudah dikendarai.

    BalasHapus
  14. Senangnyaa kalo bisa mudik pake Mirage nih, nyaman interiornya, stylish juga ya

    BalasHapus
  15. Asik ada foto kita. Waw! pernah mudik Cirebon-Jakarta, Banjarmasin-Jakarta, dan Padang Jakarta. Aslinya orang mana toh mas Huda?

    BalasHapus
  16. Nah bener banget biaya tak terduga juga harus disiapkan ya mas, cucok banget karena emang banyak pengeluaran di luar prediksi ketika mudik hehe. Tapi kalau mudik pakai Mirage sudah pasti iritlah ya apalagi sudah dirilis dari 2012 dan diperbarui 2016 nice lah

    BalasHapus
  17. mau banget mudik sama Mitsubishi Mirage

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)