TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Belajar Saham lewat Aplikasi RHB TradeSmart ID

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Rabu, 11 Oktober 2017

Belajar Saham lewat Aplikasi RHB TradeSmart ID


Peluncuran aplikasi RHB TradeSmart ID di Tower 1 BEI, Selasa (10/10)
(Klik untuk perbesar foto dan geser untuk melihat gambar lainnya)


BELAJAR itu tidak pernah mengenal batas. Tanpa sekat antara ruang dan waktu. Salah satunya, tentang saham. Saya sudah mengenalnya sejak satu dekade silam. Namun, baru sebatas kulit-kulitnya saja dengan kenal dan tahu, "Ooh... Saham begitu, begini."

Sebulan berlalu, setahun, hingga sewindu lewat, akhirnya terlupakan. Bisa dipahami ketika itu, teknologi belum secanggih sekarang. Praktis, hanya mengandalkan buku. Beda, dengan sekarang, yang kian dimanjakan dengan gadget. Termasuk, lewat aplikasi yang memudahkan masyarakat awam.

Itu yang dijawab PT RHB Sekuritas Indonesia (RHB Sekuritas). Bagian dari RHB Banking Group ini, kemarin meluncurkan aplikasi perdagangan saham pertama di Tanah Air yang dilengkapi fitur layaknya sahabat baik dalam berinvestasi. Yaitu, RHB TradeSmart With ARO.

Kebetulan, saya dapat kehormatan jadi saksi peluncuran yang diselenggarakan di Tower 1 Bursa Efek Jakarta, Selasa (10/10). Tepatnya, setelah mendapat informasi dari Komunitas Blogger Perempuan Network.

Bagi saya, kehadiran RHB TradeSmart ID ini kian membuka cakrawala. Bisa dipahami mengingat aplikasi ini dapat memberikan akses kepada masyarakat Indonesia atas rekomendasi saham secara mudah, cepat, dan cerdas. Itu berkat fitur ARO (Assisted Robo Optimization).

Simpelnya, fitur ini dihadirkan untuk membantu investor dan trader dalam mengambil keputusan saat bertransaksi saham secara real time. Yupz, di mana pun dan kapan pun. Meski, saya belum lama mengenalnya, karena baru dicoba saat peluncuran. Namun, aplikasi ini sukses menjawab rasa keingintahuan saya tentang saham.

Tentu, tidak instan langsung paham. Toh, menggoreng bala-bala saja perlu proses, baik pengumpulan sayur, terigu, minyak, hingga di panci. Apalagi, terkait saham yang bagi masyarakat umum memiliki stigma rumit alias sulit dipelajari. Termasuk, saya dulu.

Fakta itu diungkapkan Presiden Direktur PT RHB Sekuritas Indonesia Chan Kong Ming,"Kami menghadirkan RHB TradeSmart With ARO ini untuk memudahkan masyarakat yang ingin berinvestasi di saham. ARO merupakan fitur dalam aplikasi yang memberikan analisis teknis dan strategi investasi secara real-time."

Menurutnya, untuk investor pemula, ARO bisa jadi fitur pembelajaran dan analisis atas saham tertentu. Ini cocok bagi saya yang kian tertarik dengan saham. Pernyataan Chan seperti mengguyur es di kepala saya yang selama ini menganggap saham itu sulit dipelajari.

Selain untuk pemula, aplikasi dengan ukuran 27,35 MB ini juga bisa jadi panduan untuk investor berpengalaman. Bahkan, dengan ARO, setiap investor besar maupun kecil akan menerima notifikasi sama. Pada saat yang sama, memberikan kesempatan merata bagi setiap orang untuk meraih keuntungan atas momentum investasi yang menarik secara real time.

Tuh kan, PT RHB Sekuritas Indonesia sudah memberi kail bagi saya dan jutaan masyarakat Indonesia yang ingin berinvestasi lewat saham. Tinggal, bagaimana kita mampu memaksimalkan aplikasi ini dengan baik.

Maklum, berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat literasi masyarakat Indonesia akan pasar modal serta tingkat utilitas produk pasar modal masih sangat rendah dibanding negara lainnya di Asia.

Selain itu, data Bursa Efek Indonesia (BEI) ini memperlihatkan investor pasar modal yang aktif di Tanah Air hanya berjumlah sekitar 600.000, sangat minim dibandingkan jumlah penduduk Indonesia.

Padahal, besarnya populasi di Indonesia serta banyaknya emiten yang terdaftar di BEI sebenarnya memberikan peluang yang sangat besar untuk pertumbuhan industri pasar modal. Terkait kondisi itu, BEI pun menggerakkan kampanye "Yuk Nabung Saham" dengan mengajak masyarakat untuk mulai mengenal dan berinvestasi di pasar modal secara rutin.

Nah, peluncuran RHB TradeSmart With ARO ini merupakan bagian dari komitmen RHB Sekuritas untuk membantu BEI dalam meningkatkan literasi mengenai pasar modal. Sekaligus, mendorong masyarakat untuk mulai berinvestasi saham secara berkala dan membantu pertumbuhan pasar modal Indonesia.

Salah satu upaya RHB Sekuritas dalam mendukung kampanye "Yuk Nabung Saham" dengan menunjuk Merry Riana sebagai Duta RHB TradeSmart. Di Tanah Air, siapa yang tidak mengenal wanita 37 tahun ini? Merry merupakan penulis sekaligus motivator yang sukses memotivasi dirinya dan memberikan inspirasi masyarakat luas.

Dalam diskusi bersama blogger dan media usai peluncuran, Merry memberi pencerahan, "Mayoritas masyarakat khawatir akan investasi saham karena risiko yang dianggap terlalu tinggi. Padahal, sebenarnya risiko muncul akibat kurangnya pengetahuan seseorang akan produk investasinya."

Pernyataan peraih Creative and Innovative Person of The Year 2016 ini beralasan. Namun, seperti kata pepatah, kalau takut ombak ya jangan berlayar. Begitu juga dengan saham. Saham, investasi, dan sebagainya ini bukan judi. Sebab, dilakukan dengan melakukan kalkulasi yang matang. Beda dengan judi yang tercipta akibat spekulasi dan hitung-hitungan mencari untung besar.

"Dengan adanya aplikasi RHB TradeSmart With ARO ini, setiap orang mendapatkan kemudahan dan akses informasi yang sama untuk berinvestasi saham. Termasuk, mereka yang sehari-hari cukup sibuk untuk bisa mengamati perkembangan saham," Merry, melanjutkan.

"Saya sendiri sudah merasakan manfaatnya dengan memonitor investasi sekaligus membuat langkah investasi baru berdasarkan rekomendasi yang diberikan ARO, kapan pun dan di mana pun saya berada."

Nah, pernyataan Merry membuat antusiasme saya untuk terjun lebih jauh mengenal saham kian besar. Itu semua diawali dengan mempelajari aplikasi RHB TradeSmart With ARO.

Saya sudah mengunduhnya via Google Play Store pada laman https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fgsinfotama.skytrade.neo&hl=in atau di website-nya langsung, www.rhbtradesmart.co.id. Bagaimana dengan kalian?


Sekilas tentang Aplikasi RHB TradeSmart With ARO
Pemilik: PT RHB Sekuritas Indonesia
Ukuran: 27,35 MB
Diperbarui: 2 Oktober 2017
Versi terkini: 3.0.9
Google Play Store: Ya
Apple Apps Store: Ya
Email pengembang: id.support@rhbgroup.com

*         *         *
Tidak ada kata terlambat untuk belajar sesuatu, termasuk tentang saham
(Foto: www.roelly87.com/ dipotret @Fitrian)

*         *         *
Rekan blogger, media, dan undangan yang menyaksikan
peluncuran aplikasi RHB TradeSmart ID

*         *         *

Presiden Direktur PT RHB Sekuritas Indonesia Chan Kong Ming 

*         *         *
Aplikasi RHB TradeSmart ID dalam rangka mendukung kampanye
Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan terkait "Yuk Nabung Saham"

*         *         *
Merry Riana sudah merasakan manfaat dari aplikas RHB TradeSmart ID,
kalian kapan?

*         *         *
Aplikasi RHB TradeSmart ID bisa diunduh pada dua platform berbeda

*         *         *
Dengan aplikasi RHB TradeSmart ID, saya terpacu untuk kenal lebih dalam
tentang saham (Foto: www.roelly87.com/ dipotret @Timo_WP)

*         *         *
Aplikasi RHB TradeSmart ID yang bisa
diunduh gratis di Google Play Store

*         *         *
Tampilan aplikasi RHB TradeSmartID
dengan berbagai notifikasi secara real-time

*         *         *
- Jakarta, 11 Oktober 2017

13 komentar:

  1. jadi pengin mendalami saham danbelajar lebih banyak lagi. untungnya ada apps itu ya jadi bisa otodidak juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoiii mbak, dengan Aplikasi RHB TradeSmart ID with ARO bikin kita yang awam jadi bisa melek saham :)

      Hapus
  2. Aku juga punya saham di mana-mana mas di Facebook Twitter dll ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe jadi inget pas booming gara2 aarga saham Facebook naik waktu IPO

      Hapus
  3. Buruan kak nabung saham buat masa depan *uhukkkk :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. so sweeetttttt, tante :)
      yang pasti, saham itu butuh kalkulasi yang matang

      Hapus
  4. ARO memang seperti sahabat baik ya bagi Para Pemula yg ingin nabung saham

    BalasHapus
  5. Belajar sambil berinvestasi, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui :)

    BalasHapus
  6. Senwng banget pas Meery Riana ngomong... Rasanya pengen teris belajar barenag dia hehehe...

    BalasHapus
  7. Sejak kenal ARO jd inget kalau dr kmrn2 pengen memulai investasi saham. Berkat ARO juga jadi nggak ragu lagi nih soalnya lebih gampang pantau harga :D

    BalasHapus
  8. Itu kenapa ada bala-bala segalaaa, mana lengkap dengan bahan-bahannya lagi *gagal fokus wkwkwkw
    Salam buat ARO yaaa *yuk nabung saham

    BalasHapus
  9. Waaah dutanya Merry Riana. Motivator wanita favorit aku

    BalasHapus
  10. Saya juga sudah download nih Mas, mumpung masih muda..mau belajar saham pakai ARO yang fiturnya membantu banget buat pemula seperti saya.

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)