TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Yuk, Jadi Sutradara dalam ProjecTV Genflix

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Sabtu, 02 Januari 2016

Yuk, Jadi Sutradara dalam ProjecTV Genflix


#ProjecTV Genflix 1 Desember 2015 - 15 Februari 2016

TANPA terasa kalender di rumah saya telah berganti. 2015 sudah berlalu yang kini beranjak 2016. Apa resolusi di tahun ini? Tentu, jawabannya beragam. Saya pribadi sebagai penggemar sepak bola, tentu memiliki dua impian. Tepatnya bisa menyaksikan final Liga Champions yang berlangsung di Stadion San Siro di kota Milan pada 28 Mei mendatang dan laga puncak Piala Eropa di Stadion Stade de France, Prancis.

Dua keinginan itu wajar karena berkaitan dengan profesi saya yang bekerja di media olahraga. Nah, selain itu, ada satu lagi impian saya sejak zaman baheula. Yaitu, jadi sutradara. Ini terjadi sejak saya sering menyaksikan film, baik dalam dan luar negeri.

Beberapa sutradara lokal favorit saya seperti Garin Nugroho yang sukses membesut Cinta dalam Sepotong Roti, Riri Riza (Petualangan Sherina), Rudi Soedjarwo (Ada Apa dengan Cinta?), Joko Anwar (Arisan!), hingga Rako Prijanto (3 Nafas Likas).

Sementara, untuk sutradara luar negeri yang karya-karyanya tidak pernah saya lupakan seperti James Cameron yang populer dengan The Terminator, Titanic, dan Avatar. Selanjutnya, Steven Spielberg (ET, Jaws, Jurassic Park), George Lucas (Star Wars), dan Francis Coppola (The Godfather).

Tak ketinggalan beberapa sineas yang populer di Asia meliputi John Woo (A Better Tomorrow), Tsui Hark (Once Upon a Time in China), Zhang Yimou (Hero), hingga Andrew Law yang memikat dengan genre action seperti Young and Dangerous -anak muda era 1990an pasti tidak asing dengan film ini- serta Infernal Affair.


*      *      *

SAKING seringnya menyaksikan karya mereka membuat saya jadi terobsesi sebagai sutradara. Bahkan, dulu kerap menghadiri berbagai acara yang berkaitan dengan film. Sampai-sampai mendatangi pusat pasar buku bekas di Senen dan Palasari (Bandung) demi mencari bacaan mengenai sutradara. Namun, seiring berjalannya waktu, keinginan itu sirna karena kesibukan saya di lapangan.

Beruntung, memasuki pengujung 2015, saya mendapat informasi dari rekan blogger Lidya Fitrian. Wanita yang merupakan fans berat Manchester United (MU) ini mengajak saya untuk menghadiri blogger gathering dengan Genflix di Restoran PappaJack, Jakarta Selatan (23/11).

Nah, dalam acara itu, selain menjelaskan produk andalan dari anak perusahaan PT Festival Citra Lestari (Orange TV) seperti live streaming tayangan sepak bola, film blockbuster, drama Korea, dan sebagainya, juga membangkitkan memori lama saya yang ingin jadi sutradara.

Yupz, Genflix mengadakan TV-Script Competition Challenge yang berlangsung sejak 1 Desember hingga sehari setelah valentine (15 Februari 2016). Bagi saya, #ProjectTV itu jadi jawaban untuk saya dan jutaan penggemar film di seluruh Tanah Air yang ingin mimpinya diwujudkan.

Itu karena #ProjectTV ini merupakan kompetisi untuk mencari penulis berbakat dan menjaring sinopsis atau cerita terbaik yang akan diproduksi jadi serial tv online atau web series atau film pendek yang akan ditayangkan secara eksklusif di Genflix. Tidak tanggung-tanggung, mereka menawarkan tiga hadiah yang membuat saya ngiler!

Berikut, saya kutip dari website resminya di http://projectv.genflix.co.id:
Hadiah Utama: Uang tunai Rp 10 juta + jadi sutradara/scriptwriter untuk film/series yang diproduksi berdasarkan sinopsis yang ditulis dan publikasi media
Hadiah Kedua: Uang tunai Rp 5 juta
Hadiah Ketiga: Uang tunai Rp 3 juta

Pertanyaannya, apakah #ProjecTV ini berlaku untuk blogger saja? Tentu saja tidak. Melainkan, bagi seluruh rakyat di Indonesia.

Bagaimana caranya agar bisa bergabung dengan #ProjecTV Genflix? Gampang banget, tinggal registrasi di http://projectv.genflix.co.id/ dan mengikuti langkah berikutnya seperti yang pernah saya coba di bawah ini:

*      *      *

Setelah membuka website http://projectv.genflix.co.id/, kita dihadapkan pada empat pilihan.
1. Daftar pertama kali
2. Login (bagi yang sudah daftar)
3. Koneksi melalui Facebook
4. Koneksi melalui Twitter
*      *      *

Jika ingin daftar pertama kali, tinggal menuliskan nama, email, password, (konfirmasi password), upload dan foto profil, Selanjutnya, contreng dua kotak yang berisi persetujuan dengan syarat yang berlaku serta langganan info terbaru dari Genflik. Setelah itu, tinggal klik tombol kirim. 

*      *      *

Setelah login, kita pilih kategori di kotak sebelah kanan. Ada lima, yaitu Action, Drama, Komedi, Horor, dan Teen (remaja). Saya pribadi memilih action. Berdasarkan info di website resminya, peserta boleh mengirimkan lebih dari satu sinopsis dengan setiap karya memiliki sekitar 5.000-20.000 karakter termasuk spasi. 

Sekadar informasi, sebelum kita mengirim sinopsisnya, lebih baik kita buat  di aplikasi Word terlebih dulu, sekalian untuk dicek tanda baca, spasi, jumlah karakter, kata, dan sebagainya. Jika sudah yakin 100 persen, baru kita salin dan paste ke laman http://projectv.genflix.co.id/index.php/submissions seperti foto di atas.

Oh ya, sinopsis cerita harus asli karangan kita sendiri. Alias, bukan salinan atau saduran (terjemahan) dari karya orang lain. Sinopsis juga dalam bentuk populer yang bukan laporan akademis, skripsi, tesis, makalah, jurnal, serta sejenisnya. Satu hal lagi, isinya tidak mengandung unsur pelecehan, penghinaan, dan SARA.

Nanti, sinopsis yang masuk akan dinilai juri yang berasal dari Genflix dan Titien Wattimena yang merupakan penulis skenario. Beberapa karyanya yang saya tahu seperti Mengejar Matahari, Tentang Dia, Cinta Pertama, Minggu Pagi di Victoria Park -ini yang bikin saya nontonnya gimana gitu ;)-, Badai Pasti Berlalu. Oh ya, wanita kelahiran Makassar yang akan genap 40 tahun dua hari sebelum pembukaan Piala Eropa mendatang ini juga sudah dikenal sejak jadi asisten sutradara Gie dan Laskar Pelangi.
*      *      *

Jika sudah mengirimkannya, bisa dilihat di galeri (http://projectv.genflix.co.id/index.php/galleries). Nah, di submenu ini juga, kita yang belum mengirim sinopsis bisa baca-baca karya mereka terlebih dulu untuk mengambil inspirasi. Sepanjang Desember lalu saya kerap mengintip berbagai sinopsis dari mereka di berbagai genre. Ada yang bikin saya terharu, tertawa ngakak, merenung, hingga merinding!

Yuk ah, kita berkarya yang positif pada awal 2016 ini sambil mewujudkan keinginan masing-masing. Saya sudah membuatnya -aslinya tinggal edit kalimat di Word sebelum dikirim- dengan genre action, selanjutnya giliran Anda kapan?

*      *      *
Info Lebih Lanjut:




Video di Youtube tentang ProjecTV Genflix

*      *      *
Artikel terkait:
- Genflix Puaskan Penggemar Seri A
- Piala Amerika dalam Genggaman Bersama Genflix


*      *      *
- Jakarta, 2 Januari 2016

20 komentar:

  1. asli aku jadi tertarik aku suka banget nonton film action, horor yang sadis, sama film yang kalo nonton kita ikut berfikir.

    keingianku banget buat bikin film. tapi baru coba bikin cerpen kalo aku yang yaa paling baru nyampe 1800-an karakter masih jauh banget.

    pingin banget ikutan, tapi masih rada ragu juga, waktunya juga sebentar lagi, belum ntar ngeditnya. aakkhh...

    makasih juga infonya bang, kalo buat kedepanya ada lagi gak ya bang?? asli aku tertarik banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut aja mas, DL-nya masih lama kok, 1,5 bulan lagi :)
      cukup atuh kita ngerangkai kata demi kata, syukur2 kalo menang... aamiin

      yuk, susul saya mas he he he

      Hapus
    2. siaap mas, tak usahakan tuk nyusul.

      Hapus
    3. siap mas, lanjutkan!
      he he he

      Hapus
  2. Menarik nih, sangat cocok buat yang punya kreatifitas dalam membuat cerita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, apalagi genrenya banyak
      kalo saya cenderung ke action, secara dari kecil emang hobi nonton film action :)

      Hapus
  3. ikutan tuh nulis sricptnya, hadiahnya lumayan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ini lagi nambahin beberapa ide lagi
      *makasiiiih ya infonya waktu itu :)

      Hapus
  4. Wow .. hadiahnya oke juga yah.
    Siapa ya teman2 blogger lain yang suka bola ... kayaknya ada emak blogger selain Mbak Lidya tapi lupa siapa ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi hi hi
      banyak mbak yang hobi bola atau olahraga :)
      kalo mbak lidya mah emang khatam soal MU

      Hapus
  5. Eh tpi utk lomba, tidak harus penggemar bola yah? Maaf, belum nyambung dengan baik ... saya terpengaruh dengan:
    Beruntung, memasuki pengujung 2015, saya mendapat informasi dari rekan blogger Lidya Fitrian. Wanita yang merupakan fans berat Manchester United (MU) ini ... dan bahwa Mas Roelly ini wartawan olah raga. Oalaaah :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. bebas mbak, ga hanya penggemar sepak bola mbak, tapi seluruh warga negara Indonesia :)

      kalo yang itu maksudnya mbak lidya juga sesama penggemar olahraga he he he

      yuk mbak, ikutan DL-nya masih lama, 15 februari, jadi cukup buat kita bikin sinopsisnya

      Hapus
  6. Sok ikutan mas hadiahnya lumayan tuh,,saya bagian pendukung hore hore aja yoo hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayuk atuh ikut aja, awali 2016 dengan positif
      menang kalah kan itu bonus :)

      Hapus
  7. sya suka pemain bolanya #eh...
    pastinya gak bisa ikutan ini maah xixixi
    sukses mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikut aja mbak, ini genrenya bebas
      ga hanya buat pecinta olahraga ajaaaa :)

      DL-nya masih lama kok
      he he he

      Hapus
  8. agak takjub juga mb lidya suka mancester united gegegkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi hi hi
      beliau itu sama kayak suaminya, fans berat MU :)

      Hapus
  9. wiii menarikkk :) semoga makin bermunculan para talenta baru melalui event ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, seneng juga kita dapat diberi wadah positif untuk nyalurin bakat yang terpendam :)

      Hapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)