TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Mengintip Keindahan Tersembunyi Kota Toyama

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Kamis, 14 Januari 2016

Mengintip Keindahan Tersembunyi Kota Toyama



BAGI saya, Jepang itu identik dengan tiga hal: Doraemon, Bunga Sakura, dan Hidetoshi Nakata. Ya, ketiganya itu bisa disebut mengenalkan saya pada Jepang.

Doraemon? Siapa sih yang tidak kenal dengan komik lucu ini? Di lemari saya, berderet judul dari komik buatan Fujiko F. Fujio ini.

Bunga Sakura? Duh, dulu saya kerap memimpikan bisa menggelar tikar ditemani teh dan makanan ringan sambil memandangi bunga sakura.

Hidetoshi Nakata? Saya mengenalnya sejak SMP. Tepatnya setelah Nakata memperkuat Perugia yang berlanjut sukses dengan beberapa klub Seri A Italia lainnya pada 1998-2005.

Seiring perjalanan waktu, pengetahuan saya tentang Jepang pun mulai bertambah. Misalnya, saat remaja saya grup musik L'Arc-en-Ciel, lalu film Seven Samurai, Eksotisnya gunung Fuji, dan sebagainya.

Apalagi, kini setelah saya bekerja di media olahraga. Otomatis, pengetahuan saya tentang Jepang tidak hanya Nakata saja. Kebetulan, musim ini, terdapat dua pemain asal "Negeri Matahari Terbit" itu di Seri A. Keisuke Honda yang memperkuat AC Milan dan Yuto Nagatomo (FC Internazionale).

Selain ketiga pemain itu, ada satu lagi yang saya tidak pernah lupa. Yaitu, Atsushi Yanagisawa. Bagi penggemar sepak bola saat itu, nama tersebut tentu kurang familiar. Namun, tidak bagi kami yang besar pada dekade 2000-an ketika Seri A Italia masih jadi kompetisi paling populer di dunia.

Itu karena Yanagisawa dua kali memperkuat klub Seri A. Sampdoria pada 2003-2004 dan Messina 2004-2006. Dulu, menyaksikan dia mengecoh bek lawan  membuat saya bangga. Lantaran saat itu hanya Yanagisawa dan Nakata yang mewakili pemain asal Asia di Italia.

Berbicara Yanagisawa, saya jadi teringat dengan kota kelahirannya, Toyama. Oh ya, kota ini memang bisa dibilang kurang terkenal dibanding Tokyo, Osaka, Kobe, Yokohama, Nagoya, dan Kyoto. Namun, Toyama memiliki keunikan sendiri yang tidak kalah dibanding kota lainnya.

Itu setelah saya mencari informasi di berbagai forum wisata luar negeri. Khususnya, website resmi kota Toyama yang beralamat di city.toyama.jp. Kota ini memiliki luas 1.241 km yang berarti nyaris dua kali Jakarta. Namun, penduduknya relatif sedikit, hanya sekitar 417 ribu jiwa, yang kalau dibandingkan dengan Jakarta sangat jauh (sekitar 10 juta).

Nah, apa sih kelebihan Toyama? Menurut berbagai informasi yang saya rangkum, ternyata kota yang berjarak sekitar 300 km dari Tokyo ini identik dengan keindahan alam. Lima di antaranya yang menurut saya sangat memesona yaitu:

Sumber foto (www.pixelatedphotographer.com)


1. Kurobe Dam
Di Indonesia, dam itu bisa disebut bendungan. Sejauh ini, yang saya kenal di Jatiluhur, Jawa Barat. Untuk Kurobe dam ini merupakan tempat wisata idaman turis lokal Jepang dan manca negara. Sebab, jika kita menginjakkan kaki di bendungan ini bakal menyadari betapa kecilnya manusia dibanding alam sekitar. Lantaran dam yang diresmikan pada 1963 ini memiliki tinggi 186 meter, panjang 492 meter, dan dapat menampung sekitar 200 juta ton air! Melihat fotonya saja membuat jantung saya berdebar-debar. Apalagi, jika benar-benar mengunjunginya.

2. Toyama Castle
Bangunan yang mengingatkan saya pada kuis Benteng Takeshi (Takeshi Castle) yang populer di televisi pada era 2000-an. Toyama Castle sudah berusia lima abad lebih karena didirikan pada 1543. Bangunan ini salah satu tujuan destinasi saya jika kelak mengunjungi Jepang bersama dengan Stadion Internasional Yokohama yang menyelenggarakan final Piala Dunia 2002.

3. Pesona Gletser
Banyak negara di Asia yang kawasannya terdapat salju. Indonesia pun begitu dengan keberadaan salju abadi di puncak Jayawijaya, Papua. Bagaimana di Jepang? Tentu, sebagai negara dengan empat musim, mereka juga memilikinya. Yang menarik, ternyata tidak jauh dari kota Toyama, tepatnya masih satu perferektur, terdapat gletser. Yaitu, sekumpulan es yang mengalir sepanjang musim. Ya, menurut situs His-Travel.co.id, gletser di Toyama merupakan satu-satunya di Asia Timur selain Rusia.

4. Museum of Modern Art
Museum ini menampilkan koleksi pameran permanen dan sementara yang bakal membuat pengunjung berdecak kagum. Bangunan yang didirikan sejak Juni 1981 ini memiliki ribuan koleksi tentang sejarah dan budaya Jepang. Sebagai penggemar museum yang kerap menjelajah di empat dari lima pulau besar di Indonesia (minus Papua), tentu saya tidak akan melewati kunjungan ke tempat ini.

5. Botanic Garden
Salah satu rekan yang pernah liputan bulu tangkis ke Jepang sempat merekomendasikan Botanic Garden di Toyama. Saya sendiri kebetulan tidak begitu paham dengan tanaman. Meski begitu, mendengar cerita beliau malah penasaran. Khususnya, untuk menyaksikan sekitar 5.000 spesies tanaman Jepang dan negara Asia Timur lainnya.

Selain wisata dan keindahan alamnya, bagaimana dengan makanan khas Toyama? Untuk hal ini, terus terang saya sangat awam. Jangankan makanan khas Toyama, tentang kuliner Jepang saja saya tahunya hanya Dorayaki yang identik dengan Doraemon. Itu mengapa saya agak norak, ketika tahun lalu mendapat undangan dari rekan blogger untuk mencicipi Ramen di kawasan SCBD, Jakarta Selatan. Maklum, itu kali pertama saya menyantap masakan khas Jepang.

Ya, sebagai manusia, kita wajib mengejar impian. Berawal dari membaca komik Doraemon, lalu menyaksikan permainan Hidetoshi Nakata dan Atsushi Yanagisawa di layar televisi, hingga menyantap ramen asli Jepang, tidak tertutup kemungkinan saya suatu saat bisa benar-benar pergi ke Jepang yang jadi impian sejak kecil.

*          *         *
d

d


d
Facebooker's yang menyempatkan diri berfoto dengan Bapak Karo PID (Brigjen Pol. Drs. Daniel Pasaribu)
https://www.facebook.com/DivHumasPolri/photos/a.184838644878333.51797.117740101588188/1194741400554714/?type=3&permPage=1

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10205515650681631&set=a.1083906628872.2013045.1562566513&type=3&permPage=1
lucu


http://www.tribratanewspolresbanyumas.com/berita/2015/di-hari-sumpah-pemuda-kadiv-humas-gandeng-netizen-bangun-citra-polri/

http://tribratanewspolrestatasikmalaya.com/article/165033/di-hari-sumpah-pemuda-kadiv-humas-gandeng-netizen-bangun-citra-polri.html



d


Artikel Kepolisian Lainnya
Ketika Polwan Beraksi di Atas Moge
Profil Enam Calon Kapolri dan Plus-Minusnya
HUT Polantas ke-60: Dengarlah Aspirasi Masyarakat untuk Bersama Mengurai Kemacetan
Pengalaman Sehari di Mabes Polri

Artikel BNN LainnyaPresiden dan Kepala BNN Kompak: Bandar Narkoba harus Dihukum Mati
Sinergi BNN dan Blogger untuk Mengatasi Darurat Narkoba
Sisi Lain Budi Waseso (Buwas): Pasukan Khusus, Ceplas-ceplos, dan Kritik
BNN Tangkap Pilot dan Pramugari Lion Air yang Konsumsi Narkoba

Artikel Instansi Pemerintah Lainnya
Sosialisasi Pemilu Melalui Sepak Bola
Membongkar "Rahasia" Bea Cukai

Artikel Tokoh Lainnya
Profil Anang Iskandar: Calon Kapolri yang Merupakan Blogger Aktif


------------
http://www.kompasiana.com/roelly87/pengalaman-sehari-di-mabes-polri_552bbed46ea834027a8b45e1

http://www.kompasiana.com/roelly87/di-usia-tni-ke-66-ini-semoga-tidak-ada-lagi-paswalyur-pasukan-pengawal-sayur_550def16813311842cbc6125

http://www.kompasiana.com/roelly87/memetik-pelajaran-dari-kematian-4-tokoh-besar-di-tahun-2011_55090abd813311761cb1e34f

http://www.kompasiana.com/roelly87/taufik-hidayat-indonesia-pasti-juara-sea-games_550910d2813311991cb1e35b

http://www.kompasiana.com/roelly87/tidak-semua-polisi-berperilaku-kurang-baik_550b8fb4a333119c1e2e3db8

http://www.kompasiana.com/roelly87/polisi-menggugat_550bb640a33311d81a2e39ce

http://www.kompasiana.com/roelly87/kucing-kucingan-antara-pengendara-dan-penjaga-jalur-busway_550d79d08133116d2cb1e337

http://www.kompasiana.com/roelly87/ketika-polisi-juga-manusia-biasa-seperti-kita_550e06a4813311be2cbc6153

http://www.kompasiana.com/roelly87/balap-liar-sensasi-mengejar-gengsi-di-balik-maut_550e1bd0a33311b12dba8022

http://www.kompasiana.com/roelly87/pelajaran-berharga-pasca-kerusuhan-di-lp-kerobokan_550e3a12813311892cbc63c4

http://www.kompasiana.com/roelly87/mau-dibawa-ke-mana-aksi-nekat-suporter-kita_550e4861813311b62cbc62bf

http://www.kompasiana.com/roelly87/langkah-awal-bnn-dalam-memberantas-narkoba_550e6e31813311bb2cbc6447

http://www.kompasiana.com/roelly87/benarkah-polisi-segan-dengan-dosen-tentara-dan-wartawan_550e82d7a33311a92dba815d

http://www.kompasiana.com/roelly87/suka-duka-relawan-ranjau-paku-saber-community_550f15c9a33311ae2dba832c

http://www.kompasiana.com/roelly87/komik-the-raid-dari-warna-merah-menjadi-hitam-putih_55100e2ea333117b39ba7de3

http://www.kompasiana.com/roelly87/mengenalkan-bahaya-narkoba-melalui-game-online_5512567ca33311ba56ba82f4

http://www.kompasiana.com/roelly87/pembalap-liar-yang-masuk-koran_5517ce2b81331126699de335

http://www.kompasiana.com/roelly87/menelusuri-aktivitas-relawan-saber-community_552e60f66ea834c9588b457e

http://www.kompasiana.com/roelly87/ketika-kawasan-istana-jadi-arena-balap-liar_552c62e86ea83417078b456e

http://www.kompasiana.com/roelly87/nurani-yang-tak-terbeli_552a64aaf17e61aa06d623af

http://www.kompasiana.com/roelly87/malam-jumat-balap-liar-dan-sisi-lain-jakarta_54f79628a33311b67a8b46ac

http://www.kompasiana.com/roelly87/mengusir-pak-ogah-solusi-atau-benci_54f71562a3331100258b4893




------------------------------------------------------------
http://www.kompasiana.com/roelly87/yuk-hadiri-diskusi-bersama-bnn-bertema-2014-bebas-narkoba_54f84fb9a33311195f8b4c47

http://www.kompasiana.com/roelly87/kenapa-harus-blogger-yang-kampanye_54f8185ca333113b618b4942

http://www.kompasiana.com/roelly87/apresiasi-untuk-kejelian-paspampres_54f7fccca333112e1f8b4c53

http://www.kompasiana.com/roelly87/diskusi-blogger-dengan-kepala-bnn-yang-juga-seorang-blogger_54f79f96a33311c5198b462a

http://www.kompasiana.com/roelly87/sinergi-bnn-dan-blogger-untuk-mengatasi-darurat-narkoba_556c46195fafbd71048b4569

------------------------------------------------------------

http://www.kompasiana.com/roelly87/50-tahun-gugurnya-ade-irma-suryani-dalam-kenangan-kakak-tercinta_5614620eb99373a0048b4569

http://www.kompasiana.com/roelly87/sisi-lain-basoeki-abdullah-dalam-pameran-rayuan-100-tahun-di-museum-nasional_560cb24b377b612e05b2e044

http://www.kompasiana.com/roelly87/di-bandung-jokowi-kalah-populer-dibanding-ridwan-kamil_55ac8b7e1297738d05362ed9

http://www.kompasiana.com/roelly87/jokowi-sang-gubernur-gaul_5528a1c66ea83461538b45a5

http://www.kompasiana.com/roelly87/cindy-adams-dan-misteri-dua-paragraf-otobiografi-bung-karno_54f37d2f745513942b6c7851

http://www.kompasiana.com/roelly87/dahlan-iskan-dan-gerbong-terakhir_54f403737455137e2b6c8663

http://www.kompasiana.com/roelly87/sisi-lain-dahlan-iskan_54f432c9745513992b6c8941

http://www.kompasiana.com/roelly87/anomali-ahok-pahlawan-atau-pengkhianat_54f5d00ea333111b508b45fa

http://www.kompasiana.com/roelly87/sisi-lain-paspampres-yang-berprestasi_54f5de54a33311251f8b47e7

http://www.kompasiana.com/roelly87/penghormatan-terakhir-presiden-sby-untuk-pahlawan_54f6720ea33311e6048b4c76

http://www.kompasiana.com/roelly87/mengenang-ade-irma-suryani_550e0653813311b92cbc6100
------------------------------------------------------------

http://www.kompasiana.com/roelly87/semarak-hut-tni-ke-68-di-monas_552a293b6ea8343326552d1b

http://www.kompasiana.com/roelly87/pengalaman-seru-naik-panser-anoa-tni-ad_551fa2fd813311466e9de508

http://www.kompasiana.com/roelly87/sepenggal-kisah-di-museum-abdul-haris-nasution_5528cf7cf17e61030c8b4577

http://www.kompasiana.com/roelly87/3-nafas-likas-dan-sosok-di-balik-kehebatan-jenderal-djamin-ginting_54f41787745513a32b6c85df


------------------------------------------------------------

d

- Jakarta, 5 Maret 2016
- Jakarta, 14 Januari 2016

10 komentar:

  1. Negeri Jepang memang menggoda. Semoga terwujud kakimu menapak di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...

      makasiiih ya bu, atas doanya :)

      Hapus
  2. Amin...amin...Semoga bisa ke Jepang yoo,,btw saya juga suka lagu L'Arc-En-Ciel *toss* .

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagu2 mereka sih dari zaman saya masih sekolah
      oh ya, sama satu lagi: Masaki Ueda duet sama Reza "Biar Menjadi Kenangan" yang romantiiiiiis pake banget :)

      Hapus
    2. Itu lagu Biar Menjadi Kenangan *jadi inget mantan ya?? #ehh hahaa

      Hapus
  3. Jepang ngga habis untuk di ceritakan dalam tulisan... Eh Negara kita juga kan ya mas CH.. masih banyak yang perlu di explore lagi... Sukses Mas ...

    BalasHapus
  4. Pengen ngeliat salju di Jepang mas,

    BalasHapus
  5. Komik Jepang yg banyak di rumah cuma Conan

    BalasHapus
  6. Aku udah komen belum sih tadi jadi lupa hahahaha. Kalo udah komen Delete aja ya yg ini

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)