TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Ini Rahasia untuk Ngeblog Lebih Semangat

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Selasa, 25 April 2017

Ini Rahasia untuk Ngeblog Lebih Semangat


PENDAMPING hidup atau penyemangat saat ngeblog. Demikian, tema One Day One Post (ODOP) untuk hari ketiga yang diselenggarakan Komunitas ISB. Mengenai kriteria bisa itu lagu, cemilan, pajangan foto mantan atau bakal calon, wishlist, dan sebagainya.

Untuk saya pribadi, cenderung memilih yang pertama. Yaitu, menulis sambil mendengarkan lagu. Baik itu via MP3 di ponsel, youtube, atau radio. Untuk lagunya bisa itu pop, rock, metal, hingga dangdut! Yupz, sebagai musik asli Tanah Air, saya memang menggemari dangdut.

Kecuali jika ditampilkan dengan seronok yang membuat saya ilfil. Kebetulan, enam tahun silam saya pernah menulisnya di Kompasiana (http://www.kompasiana.com/roelly87/fenomena-dangdut-musik-asli-indonesia-bersaing-dengan-musik-pop_5508fd63813311a524b1e1b0).

Untuk musisi atau penyanyinya, saya merupakan penggemar Iis Dahlia sejak masih imut hingga kini sudah kepala empat tetap memesona. Selain itu, ada Rita Sugiarto, Cici Faramida, Itje Trisnawati, Camelia Malik, Evie Tamala, Ikke Nurjanah, hingga Elvy Sukaesih. Maaf, dalam daftar saya tidak ada tempat untuk penyanyi dangdut yang vulgar atau sekadar sensasi.

Sementara, untuk pria ada Rhoma Irama, Ahmad Rafiq, Muchsin Alatas, Jaja Miharja, hingga Meggy Z (alm). Yuzp, ketika sedang mati ide dalam menulis di blog, berbagai karya dari musisi dangdut pria dan wanita itu seperti jadi penyemangat. Itu karena lirik-lirik mereka yang puitis mampu memompa adrenalin untuk menyalurkan ide hingga lancar mengetik.

Selain dangdut, tentu banyak genre musik lain yang saya suka. Bahkan, dari 1.000 artikel lebih di blog yang saya tulis sejak 2009 (Kompasiana 667, www.roelly87.com 459), sekitar 10 persennya tentang musik. Entah itu opini maupun reportase. Jadi, agak mabok juga untuk menampilkan artikel terkait musik dalam postingan ini.

Apalagi, sejak mencuatnya Windy Ghemary yang merupakan jebolan Indonesian Idol 2014. Saya jadi lebih sering mendengarkan lagu dari wanita kelahiran 1993 ini. Terutama, pada malam hingga dini hari WIB yang merupakan fase produktif dalam ngeblog.

Windy (lagunya, maksudnya) jadi kerap menemani saya dalam mengetik bersama Iis, Ikke, Evie, dan sebagainya. Bisa dipahami mengingat Windy merupakan musisi serba bisa. Membawakan lagu yang mendayu-dayu oke. Begitu juga ketika suaranya dipaksa melengking dengan gaya rocker, pun tetap oke.

Meski saat ini belum memiliki album, namun Windy sudah merilis dua single di akun resmi youtube-nya. Yaitu, Masih Mencintaimu dan Gelisah Hati yang kerap saya simak di laman https://youtu.be/YZz0LZTqqWw.

Dengan mengetik sambil mendengarkan musik seperti saat ini yang saya lakukan sekitar menjelang pergantian malam hingga dini hari terbukti membuat pikiran lebih jernih. Yupz, memang saya biasanya aktif ngeblog sekitar pukul 23.00 WIB setelah selesai kerja hingga 05.00 WIB menjelang tidur.

Menulis sih cukup 30 menit hingga satu jam. Bahkan, untuk reportase acara yang sudah berlangsung, biasanya saya cuma beberapa menit. Yang lama itu untuk mencari foto dan mengeditnya karena bisa mencapai 2-3 jam. Maklum, untuk artikel reportase, saya memang kerap menampilkan lebih dari 10 foto yang saya ambil dari berbagai angle.

Itu belum termasuk mengunggah video di laman youtube yang bisa berjam-jam tergantung ukurannya. Nah, pada momentum itulah, mendengarkan lagu sukses menghilangkan kantuk sekaligus sebagai penyemangat.

Ini rahasia saya dalam ngeblog untuk lebih semangat. Bagaimana dengan Anda?***




*       *       *
Artikel #ODOP Sebelumnya

- #Prolog One Day One Post (ODOP): Tantangan Sekaligus Motivasi
- #1 Si Doel Anak Sekolahan, Sinetron 1990-an yang Menginspirasi
- #2 Isra Mikraj sebagai Penanda Ramadan Akan Tiba

*       *       *
Artikel ini diikutsertakan dalam kegiatan One Day One Post (ODOP) bersama Komunitas ISB
- Jakarta, 25 April 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)