TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Kunjungan Blogger ke PT. Pindo Deli Pulp and Paper: Ketika Higienis Saja Tak Cukup

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Rabu, 20 April 2016

Kunjungan Blogger ke PT. Pindo Deli Pulp and Paper: Ketika Higienis Saja Tak Cukup


PT Pindo Deli yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat


KONSISTENSI dan inovasi merupakan kunci utama untuk meraih kesuksesan. Dua hal itu selalu saya ingat dalam kehidupan sehari-hari pada berbagai lini. Misalnya, dalam sepak bola karena saya merupakan penggemar olahraga si kulit bundar.

Keberhasilan Juventus menjuarai empat Seri A beruntun karena dua faktor tersebut. "I Bianconeri" konsistensi dalam visi permainan dan kerap berinovasi dalam strategi atau skuat pemain pada setiap musim. Tak aneh jika Juventus kini masih merajai kompetisi Italia dan jadi barometer kesuksesan klub asal "negeri Piza" tersebut.

Dalam ranah bisnis, dua hal itu juga yang kerap jadi acuan berbagai perusahaan, start up, perbankan, dan sebagainya. Salah satu yang saya kenal, Sinar Mas Group. Kelompok usaha yang memiliki usaha di berbagai lini seperti properti, media, telekomunikasi, air minum dalam kemasan, pertambangan, agribisnis, hingga percetakan kertas, dan sebagainya.

Kebetulan, sebagai blogger, saya tidak asing dengan berbagai unit usaha dari perusahaan yang berdiri sejak 1962 ini. Sebab, sudah beberapa kali saya menulis artikel di blog yang berkaitan dengan Sinar Mas Group.
|
*        *        *
MATAHARI tampak malu-malu memancarkan sinarnya pada pagi itu, Selasa (19/4). Usai menyaksikan cuplikan olahraga di layar televisi, saya bergegas menuju Plaza Sinar Mas di Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat. Kehadiran saya saat itu untuk mengikuti tur ke pabrik PT Pindo Deli Pup & Paper di Karawang, Jawa Barat, bersama rombongan blogger dan media.

Setelah sampai di gedung yang berdiri megah di jantung ibu kota, sudah terdapat beberapa rekan blogger, termasuk Anazkia, yang merupakan pengelola Indonesiana, bersama Emmy Kuswandari (perwakilan Sinar Mas).

Setelah berbincang sejenak diiringi ngemil-ngemil ganteng -karena ngopi-ngopi cantik sudah mainstream- tak lama, bus yang kami tumpangi bergerak ke arah timur Jakarta. Menurut aplikasi Global Positioning System (GPS) di ponsel saya, jarak dari Plaza Sinar Mas menuju PT Pindo Deli mencapai 60 km.

"Kalau normal, kita sampai di pabrik sekitar jam 10-an mas," tutur Jaka Anandita, yang duduk di samping saya. Pemilik akun twitter @jakaanindita itulah yang jadi guide dadakan saya sepanjang jalan karena sudah lama bekerja di Sinar Mas. Termasuk, memberi penjelasan mengenai air minum dalam kemasan 400 ml yang rasanya sungguh menyegarkan, "Pristine juga salah satu dari lini produksi Sinar Mas Group."

Pemandangan rimbun terhampar di balik jendela bus ketika memasuki lokasi yang bertempat di Jalan Prof. Dr. Ir. H. Soetami no 88. Saat melihat plang bertuliskan Asia Pulp Paper (APP), saya baru ngeh jika Pindo Deli memang masuk dalam unit usahanya. Kebetulan, sejak kecil hingga kini di saat beberapa rekan sebaya memiliki anak kecil lagi, saya tidak asing dengan berbagai produk APP.

Mulai dari kertas HVS yang dipakai saat SD dengan merek Bola Dunia, faktur yang digunakan untuk pekerjaan, kertas printer (Paperline), tisu (Paseo), bahkan hingga bungkus kebab serta hot dog yang sering saya beli di kantin depan kantor.

"PT Pindo Deli memiliki orientasi pasar dalam negeri 40 persen dan ekspor yang mencapai 60 persen," kata Andar Tarihoran, CSR dan Humas Pindo Deli, memberi keterangan usai sambutan dari Huang Hua Cing (Direktur). "Kami (PT Pindo Deli) memproduksi berbagai kertas dan tisu dengan kualitas terbaik. Untuk itu, di kami higienis saja tidak cukup. Melainkan, harus (prosesnya) halal yang sudah bersertifikasi MUI, termasuk pada tisu."

Mendengar penuturan Andar, seketika membuat saya terhenyak. Tisu halal? Serius nih? Sebagai blogger yang memegang asas jurnalistik, terutama berdasarkan sembilan elemen Bill Kovach, tentu mendengar kata "halal" membuat saya penasaran. Sekaligus ingin mencari tahu lebih jelas makna yang terkandungnya. Yupz, blogger itu harus kritis dan melakukan cek dan ricek lebih lanjut.

Maklum, di sisi lain, sebagai masyarakat awam, yang saya tahu tentang halal itu hanya makanan saja. Meski di meja kantor dan rumah memiliki Paseo, tapi saya tidak pernah memerhatikan label halal. Hingga, akhirnya ketika sesi selanjutnya mengenai tisu, Meliza, yang merupakan perwakilan dari PT Pindo Deli, memperlihatkan Paseo dengan gambar Hello Kitty. Di balik kemasan, selain terdapat beberapa sertifikasi ISO yang membuktikan kualitas terbaik, juga ada logo MUI.

*        *        *
SETELAH sesi dengan diskusi dengan Andar, Hua Cing, Meliza, Yeni, dan Jumali, kami pun diajak untuk menyambangi lokasi produksi. Sebagai blogger, jelas ini sangat menarik. Sebab, melihat proses pembuatan kertas dan tisu ini menambah pengetahuan saya yang bisa saya tuangkan dan share dalam artikel di blog.

Maklum, sebelumnya, saya sudah pernah melihat cara kerja Bea Cukai, Kantor Pajak, BNN, pameran Kepolisian, dan teranyar TNI AU. Kini, ditambah melihat langsung dengan mata kepala sendiri proses produksi kertas dan tisu yang kelak bisa dijadikan cerita untuk anak dan cucu.

"Di sini terdapat proses pembuatan kertas, mulai dari persiapan bahan baku, pulp, pemutihan, pengambilan kembali, pengeringan pulp, dan pembuatan kertas," kata salah satu pegawai PT Pindo Deli yang saya lupa namanya bersama Bukhari (bagian produksi) saat mengiringi kami, rombongan blogger dan media di pabrik seluas 450 hektar tersebut.

Ya, kunjungan ke PT Pindo Deli Pulp and Paper ini jadi salah satu pengalaman menarik saya sepanjang 2016. Sebab, saya baru tahu, untuk menghasilkan selembar kertas atau tisu yang sehari-hari saya pakai, prosesnya tidak mudah. Dan, di balik kualitas terbaik yang dihasilkan mereka, terdapat kerja keras dan kerja cerdas dari segenap karyawannya.

*        *        *
Memakai helm sebagai bagian dari safety saat memasuki pabrik
*        *        *
Sebagian hasil produksi dari PT Pindo Deli

*        *        *
Lokasi pabrik yang tertata rapi dan bersih turut andil dalam proses produksi

*        *        *
Mengisi daftar hadir

*        *        *
Direktur PT Pindo Deli Huang Hua Cing

*        *        *
CSR dan Humas PT Pindo Deli Andar Tarihoran menjelaskan tentang makna halal 

*        *        *
Yeni dan Jumali dari tim produksi 

*        *        *
Meliza memperlihatkan berbagai jenis tisu

*        *        *
Ini salah satu jenis tisu untuk toilet 

*        *        *
Kantor PT Pindo Deli dari balik jendela bus

*        *        *
Disiplin jadi salah satu kunci untuk menghasilkan produk terbaik

*        *        *
Kunjungan blogger dan media di lokasi

*        *        *
Saya selalu percaya adagium yang berkata: Di balik keberhasilan seorang pria terdapat wanita hebat di belakangnya. Begitu juga dengan di balik kesuksesan suatu perusahaan, terdapat pegawai yang telah bekerja keras dan kerja cerdas

*        *        *
Foto ini akan jadi cerita berkesan pada 10 hingga puluhan tahun mendatang untuk anak dan cucu 

*        *        *
Higienis saja tidak tak cukup, melainkan proses dan hasilnya harus halal

*        *        *
Artikel Terkait:
Aplikasi OrangeKu bikin Mudah Cek Jadwal Pertandingan Sepak Bola
Jadi Sutradara dalam ProjecTV Genflix
Genflix Puaskan Penggemar Seri A
Piala Amerika dalam Genggaman Bersama Genflix
Grand ITC Permata Hijau bikin Kontes Modifikasi

*        *        *
- Jakarta, 20 April 2016

12 komentar:

  1. wow mantab kang.. pengen sekali saya ikut tuh kang hehehe karena jauh yaudah dapet kabarnya aja saya sudah seneng sekali kang.! salam hangat pagi dan selamat hari kartini ya akang.!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mas, kapan2 pasti bisa ikutan :)
      salam hangat kembali

      Hapus
  2. God job...yg paling berkesan bagi aku tissuenya halal ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang paling berkesan bagi saya, pengalamannya ke luar kota sebagai blogger untuk mengunjungi suatu pabrik :)

      *wow banget nih, bisa jadi cerita kelak

      Hapus
  3. Wiih reportasenya kereeennnn... subscribe ah :)

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. di mana ada mbak?
      *celingak celinguk ga nemuin he he he :)

      Hapus
  5. ahaaa pindo deli, jadi inget kantor ni, dulu langganan masuk majalah juga nih, ikut awarding gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi hi hi
      iyalah, secara mbak tya ini kan mantan jurnalis yang sering nulis perusahaan di Tanah Air :)

      Hapus
  6. aku tau pabriknya nih deket rumah tenteku

    BalasHapus
  7. fyi, kalo alamat Pindo Deli Mills 2 nya sih di Desa Kutamekar Karawang Timur mas, ini pabrik jadi sejarah hidup saya mas, dulu awal kerja di Pindodeli, hhe..

    BalasHapus
  8. baca postingan ini bikin saya nostalgia mas,
    fyi mas, alamat Pindo Deli Mills 2 ada di Desa Kuta Mekar Karawang Timur.

    mantap mas, maju terus

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)