TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: (Esai Foto) Wings Journalist Award: Ketika Blogger Bersanding dengan Jurnalis

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Rabu, 06 April 2016

(Esai Foto) Wings Journalist Award: Ketika Blogger Bersanding dengan Jurnalis




RINAI yang membasahi ibukota pada Kamis (31/3) tidak membuat jalanan lenggang. Sebaliknya, kemacetan kian bertambah akibat banyak pengemudi sepeda motor yang berteduh di kolong jembatan tanpa memerdulikan kendaraan lain di belakangnya.

Sambil mengendarai roda dua kesayangan, saya pun membelah jalan menuju kawasan Senayan, Jakarta Pusat. Yupz, setelah berpeluh ria antara keringat akibat macet dengan tetesan sang dewi hujan, akhirnya saya tiba di lantai lima dari mal elite tersebut.


*       *       *

Sesampainya di Lounge XXI Plaza Senayan untuk registrasi, saya pun melirik jam di ponsel, ternyata baru pukul 09.50 WIB. Berarti, masih ada waktu 10 menit sebelum acara dimulai.

*       *       *

"Silakan langsung masuk mas," ujar Dadan Sutiana perwakilan dari Wings Corp. Oh ya, blogger pemilik blog www.dadansutiana.blogspot.co.id ini sempat saya panggil "mbak". Tepatnya ketika Dadan memberi informasi acaranya sehari sebelumnya. Maklum, saat itu, kebetulan saya sedang di jalan jadi tidak terlalu fokus.

*       *       *

Mata saya langsung tertuju pada botol minuman raksasa berwarna oranye. Oh ya, Floridina merupakan minuman kemasan dengan bulir jeruk asli dari Florida produksi Wings Food. Kebetulan, saya tidak asing lagi dengan perusahaan yang didirikan sejak 1949 ini. Maklum, saya dan keluarga memang kerap menggunakan produk mereka. Mulai dari mie, kopi, pewangi, sabun, hingga deterjen.

*       *       *

Seusai puas memotret ke seluruh penjuru dari ruangan serbaguna bioskop ini, saya pun larut dalam perbincangan bersama beberapa rekan blogger. Ada Ani Berta yang merupakan mentor saya diikuti Dewi Sulistyawati, Agung Han, Elisa Koraag, dan Suci Risalah. Kehadiran kami untuk mengikuti tiga rangkaian acara.

1. Workshop Perkembangan Strategi Komunikasi Pemasaran Digital dan Prakteknya dalam Industri
2. Peluncuran Web Series Perdana F.O.G Mission
3. Penganugerahan Wings Journalist Award 2016

*       *       *

Sesi pertama dibuka Hifni Alifahmi mengenai teknik pemasaran suatu produk yang dikolaborasikan dengan sosial media. Pakar komunikasi dari Universitas Indonesia ini mengungkapkan, "Suatu produk yang ingin diiklankan harus dikemas dengan sangat teliti. Agar, setelah dipasarkan bisa jadi cerita seperti halnya Floridina yang memiliki ciri khas di mata konsumen (masyarakat). Yaitu, jeruknya asli dari Florida."

*       *       *

Selanjutnya, giliran Robin Malau. Saya agak gimana gitu, lupa-lupa ingat dengan sosok yang identik memakai kaca mata ini. Setelah pikir sejenak akhirnya saya ingat. Ternyata, Robin merupakan eks gitaris Puppen. Waktu masih membaca Hai pada pertengahan 1990-an, saya tidak asing dengan band tersebut hingga akhirnya agak menyayangkan ketika Marcell Siahaan memilih solo karier.

"Untuk bertahan di dunia digital seperti saat ini, kuncinya pada kreativitas dan pemahaman (bekerja)," tutur pemilik akun twitter @lowrobb ini. "Saya berbicara begini karena saya sudah mengalaminya langsung saat bekerja di tim twitter Indonesia dan Google Hangout. Selain itu, inovasi juga sangat penting demi perkembangan produk atau perusahaan lebih dikenal."

*       *       *

Sesi pertama diakhiri penjelasan Aristo Kristandyo, Group Head of Marketing Beverages Wings Food. Sosok yang sudah saya temui pada tiga acara berbeda sepanjang 2015 itu menerangkan secara gamblang korelasi produknya, Floridina, dengan pembuatan web series.

"Ini berdasarkan kami melihat perkembangan komunikasi digital yang sangat pesat. Maka, Floridina menerapkan new way of marketing campagin berupa web series dengan gamification yang membuat penonton bisa memilih jalan cerita video yang ditontonnya," Aristo, menuturkan. "F.O.G Mission menyampaikan nilai bahwa setiap orang harus memiliki keberanian untuk memperjelas kualitas dirinya meski harus melalui berbagai rintangan. Ini sesuai dengan brand story Floridina, yaitu 'Jelas asalnya, jelas kualitasnya'."

*       *       *


Dalam kesempatan itu, Aristo juga memperkenalkan David Budiatmadja yang jadi sutradaranya.

*       *       *

Untuk bisa menyaksikan web series yang berjumlah 13 episode dengan durasi 5-7 menit ini, kita bisa menyimak di www.floridina.com atau di laman youtube Wings Indonesia

*       *       *

Ternyata, salah satu pemain dari web series itu merupakan mc pada acara berlangsung! Duh, saya baru tahu setelah memasuki 3/4 acara, yaitu Ricky Wattimena. Tiga pemeran lainnya yaitu, Velove Vexia, Surya Lee, dan Harold Pama yang juga turut hadir dan duduk tepat di belakang kursi saya.

*       *       *

Aristo juga mengungkapkan sejarah berdirinya Wings Corp atau PT Sayap Mas Utama yang berdiri sejak enam dekade lalu hingga kini menjelma jadi salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia.

*       *       *

Konsistensi dan inovasi membuat Wings Corp memiliki 38 brand yang hadir dalam empat kategori: Home Care, Fabric Care, Personal Care, dan Food-Beverages. Dari Sabang sampai Merauke, siapa sih yang tidak memakai Wings?

Top Coffee merupakan salah satu teman saya dalam begadang menyelesaikan pekerjaan, Kecap Sedaap sahabat semua masakan, Mie Sedaap bisa disebut sebagai mi instan sejuta umat bagi saya. Sementara, di dapur tersedia So Klin, Super Sol, Zync, hingga Kodomo yang merupakan shampoo sejak kecil. 

*       *       *

Sebagai salah satu perusahaan raksasa di Indonesia, Wings tidak ketinggalan untuk memberikan penghargaan edukasi. Salah satunya dengan menyelenggarakan Wings Journalist Award. Yaitu, apresiasi untuk jurnalis dan blogger. Yupz, saya salut dengan Wings yang menyamakan kami, para blogger untuk bersanding dengan jurnalis.

Berikut, enam kategori Wings Journalist Award:
- Best Content
- Best Historical View/Cultural Content
- Best Business Feature
- Best Lifestyle Feature
- Best Photo
- Best Blog Writing

*       *       *

Ternyata, ada karya milik rekan blogger yang bersanding dengan jurnalis dalam kategori foto. Yaitu, Cahyanto Chan yang memiliki alamat di www.ngapak.id.

*       *       *

Pada sesi pamungkas, Dewi keluar sebagai juara satu bersama Agung (runner-up). Keduanya memang dikenal sebagai blogger yang konsisten dalam menulis. Bahkan, hari itu kali ketiga secara beruntun saya bertemu Dewi di tempat yang berbeda. Untuk Agung, saya sudah tidak asing lagi karena dalam beberapa tahun terakhir rutin mengikuti acara blogger.
*       *       *

Menjelang acara berakhir, ada lima doorprize untuk peserta yang hadir. Ani disebut pertama karena jadi penanya terbaik. Di sisi lain, saya sempat kaget ketika nama saya juga disebut dalam pengundian tersebut. Ternyata, saya jadi salah satu yang beruntung bisa membawa pulang voucher yang kebetulan malam harinya dipakai untuk belanja akhir bulan.

*       *       *

Setelah pengundian doorprize, acara pun berakhir. Saya masih singgah di Lounge tersebut untuk berbincang dengan beberapa rekan blogger. Ketika melirik waktu di ponsel yang sudah menunjukkan pukul 13.30 WIB, saya mengundurkan diri karena harus kembali bekerja.

Dari teras Plaza Senayan, langit tampak cerah. Saya pun menyusuri jalan menuju Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) yang letaknya hanya beberapa meter. 

*       *       *


*       *       *
- Jakarta, 6 April 2016

11 komentar:

  1. Wih floridina makin mengudara nih mas
    Btw produk makanan wings sekarang dah mulai merajsi pasar ya
    Padahsl dulu identik dg produk sabun hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupz, dulu saya tahunya juga sabun
      apalagi produk wings familiar di dapur n kamar mandi :)

      he he he

      Hapus
  2. sesuai harga kantong nih, hehe,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, harganya kompetitif
      ga murah, tapi juga ga mahal :)

      Hapus
  3. Wah seru acaranya
    Lumayan juga tuh dapet doorprize :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...
      iya mas, rezeki nomplok seperti nama blog mas :)

      Hapus
  4. Baru tahu kalau Floridina itu anaknya Wings
    Sama kayak Gus, kirain Wings itu cuma produk sabun saja
    Maafin eike ya, Wings ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi hi hi
      ntar kalo ada event wings lagi, ikut aja mbak
      mereka rutin ngajakin blogger :)

      Hapus
  5. Minuman kesukaan anak saya neh. Asyik banget itu dapet doorprize, selamat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin :)
      iya mbak, rezeki pas akhir bulan lagi

      btw, saya tahunya floridina pas sponsorin acara squash di gbk

      Hapus
  6. wih ada dua blogger yang menang ya

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)