TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Jemput Bola Jadi Andalan Nissan dalam Layanan Purna Jual kepada Konsumen

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Nikmati Genflix Selama 7 Hari Gratis!

Sabtu, 25 Maret 2017

Jemput Bola Jadi Andalan Nissan dalam Layanan Purna Jual kepada Konsumen


Bagi Nissan, kepuasan pelanggan merupakan yang utama. Termasuk,
menyediakan layanan purna jual dengan cara jemput bola kepada konsumen


BAGI saya sebagai konsumen, LAYANAN PURNA JUAL merupakan faktor utama sebelum membeli sesuatu. Itu mutlak menurut saya selain faktor kredibilitas produsen dan harga. Sebab, saya membutuhkan kepastian alias garansi dari produsen yang bersangkutan.

Termasuk, jika membeli kendaraan yang jadi impian saya kelak. LAYANAN PURNA JUAL sangat penting bersanding dengan kredibilitas produsen dan harga. Salah satu produsen ternama di dunia ini yang konsisten dengan LAYANAN PURNA JUAL adalah Nissan. Di Tanah Air, Nissan di bawah naungan PT Nissan Motor Indonesia (NMI).

Yang menarik, perusahaan yang beroperasi sejak 2001 ini tidak hanya memasarkan merek Nissan, Datsun, dan Infiniti saja di Tanah Air. Melainkan juga aktif dalam penyediaan suku cadang resmi untuk tiga brand tersebut.

Apalagi, NMI memiliki dua pabrik perakitan di Purwakarta, Jawa Barat, dangan kapasitas 250 ribu unit per tahun dan mempunyai 121 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya di dealer Nissan-Datsun Alam Sutera, Tangerang, yang pernah saya kunjungi pada 13 Februari lalu saat mengikuti Media Gathering – Nissan Marches Into 2017.

Saat itu, Vice President Marketing and Sales NMI Davy Jeffry Tuilan menjelaskan komitmen Nissan untuk meningkatkan kepuasaan konsumen. Yaitu, dengan berbagai inisiatif menyeluruh di bidang penjualan, purna jual, dan produk baru. Termasuk, dengan melakukan jemput bola langsung kepada konsumen!

"Kami ingin memberikan lebih banyak keuntungan, mulai dari menyediakan akses yang lebih mudah untuk memiliki mobil Nissan, memperkenalkan model baru, dan menyediakan layanan biaya perawatan yang lebih hemat untuk semua mobil Nissan,” kata Davy seperti saya kutip dari TopSkor.id.

Dalam diskusi dengan awak media itu, Davy didampingi Budi Nur Mukmin (General Manager Marketing Strategy NMI). Mereka membeberkan pelayanan purna jual Nissan yang bisa disimak konsumen pada laman https://www.nissan.co.id/aftersales.html. Tujuannya jelas, demi lebih mengakomodasi keinginan sekaligus menjawab kebutuhan konsumen.

Kebetulan, layanan jemput bola ini berkorelasi dengan Nissan sebagai partner utama Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA). Jika kita menyaksikan tayangan Liga Champions, tentu bakal melihat logo Nissan di papan elektronik pinggir lapangan. Selain itu, Nissan juga merupakan partner eksklusif Manchester City yang merupakan raksasa di Liga Primer Inggris.

Nah, apa saja LAYANAN PURNA JUAL Nissan? Berikut, delapan di antaranya:

1. Body Paint

Salah satu dealer Nissan-Datsun di Alam Sutera (Foto: TopSkor.id/Choirul Huda)


Fasilitas Body & Paint (B&P) resmi sesuai dengan standar global. Dengan layanan ini, konsumen mendapat jaminan perbaikan body repair, khususnya terhadap hasil pengecatan. Yang menarik, NMI memberi garansi selama enam bulan sejak perbaikan dilakukan. Saat ini terdapat 11 Authorized Body & Paint Workshop yang bisa dinikmati konsumen.

Sementara, untuk fasilitas Receiving Point, terdapat 21 dealer Receiving Point. Fasilitas ini membantu mobilisasi kendaraan konsumen ke B&P Workshop tanpa biaya tambahan. Setelah selesai diservis, kendaraan tinggal diambil di B&P Receiving Point.

Nah, bagi Anda yang sibuk dengan rutinitas, bisa menikmati Body & Paint Mobile Claim. Yaitu, fasilitas pengajuan klaim asuransi body & paint tanpa harus datang ke bengkel. Alias, perwakilan NMI yang jemput bola.

2. Maintenance Cost


Gratis jasa servis berkala (Foto:Nissan.co.id)

NMI menyediakan program terbaru dengan menggratiskan biaya jasa berkala hingga 50 ribu km atau empat tahun (mana yang tercapai lebih dulu) di bengkel resmi Nissan di seluruh Indonesia.

3. Mobile Service


Layanan Mobile Service yang siap mendatangi konsumen tanpa perlu ke bengkel
(Foto: Nissan.co.id)

Yaitu, layanan jemput bola yang dilakukan tim NMI terhadap konsumen yang tidak sempat datang ke bengkel resmi. Caranya mudah, cukup menghubungi NICOLE 14023 dari ponsel masing-masing atau dealer yang menyediakan layanan Nissan Datsun Mobile Service.

Dengan aktifnya NMI jemput bola membuat konsumen bisa menghemat waktu, tanpa biaya tambahan, dan peralatan khusus untuk mendukung kualitas pekerjaan setara bengkel resmi. Apalagi, untuk pembayaran, konsumen dimudahkan dengan dua pilihan, baik itu cash atau kartu (credit card dan debit card).

4. 1x24 Hours Part Availability Guarantee

NMI menjamin ketersediaan lebih dari 500 suku cadang asli Nissan untuk konsumen yang tiba maksimum keesokan harinya. Jika lewat hari, konsumen berhak mendapatkan suku cadang itu dengan gratis. Yang terpenting, konsumen melakukan pemesanan pada hari kerja (Senin-Jumat) sebelum pukul 15.30 waktu setempat.

5. Service Appointment

Nomor kontrak Nissan di 14023 dan Datsun 1500023
(Foto: Nissan.co.id)

Fasilitas ini memudahkan konsumen untuk melakukan servis berkala di jaringan bengkel resmi Nissan dengan perjanjian waktu yang sudah dipastikan sebelumnya. Ada empat keuntungan saat konsumen melakukan service appointment.

- Terhindar dari antrean
- Konsumen bakal lebih diprioritaskan karena telah melakukan perjanjian sebelumnya
- Kendaraan konsumen langsung dikerjakan teknisi karena fasilitas dan suku cadang sudah disiapkan sebelumnya
- Lebih hemat waktu akrena konsumen bisa mengetahui sejak awal kapan servis akan selesai

Nah, bagaimana cara menggunakan fasilitas Service Appointment? Caranya mudah, berikut secara runut.

A. Konsumen menyiapkan kendaraan (nomor polisi, model mobil, dan jenis transmisi)
B. Menghubungi dealer untuk melakukan appointment service melalui telepon. Sekadar saran, lebih baik sepekan sebelum konsumen berencana melakukan servis
C. Menyampaikan keluhan dan jenis servis yang diinginkan kepada tim NMI
D. Mendatangi bengkel 15 menit sebelum waktu appointment yang ditentukan
E. Konsumen tinggal duduk manis di ruang tunggu saat kendaraan dikerjakan
F. Setelah selesai, serah terima kendaraan

6. Nissan Genuine Parts

NMI memberikan jaminan penggantian atas kerusakan suku cadang asli Nissan dengan tidak membebankan biaya atas jasa perbaikan atau penggantian kepada konsumen. Dengan ketentuan, 20 ribu km atau 12 bulan (mana yang lebih dulu tercapai) yang terhitung setelah tanggal penggantian/pemasangan suku cadang di bengkel resmi (Authorized Workshop) Nissan.

Sekadar informasi, garansi ini berlaku khusus untuk suku cadang asli Nissan yang dibeli atau dipasang di bengkel resmi Nissan. Jika konsumen membelinya bukan asli atau di luar bengkel resmi, sudah pasti ketentuan tidak berlaku.

7. Fast Moving Spare Part Price

Konsumen yang ingin mengganti spare part dan tidak mengetahui harganya jangan khawatir. Sebab, NMI sudah merilis daftar harga resmi spare part untuk setiap kendaraan Nissan secara lengkap. Konsumen tinggal mengunduhnya dalam format PDF di laman https://www.nissan.co.id/aftersales/fast-moving-spare-part.html.

8. Nissan Genuine Key Value

Adagium lawas mengatakan, banyak jalan menuju (kota) Roma. Alias, selalu ada pilihan dalam hidup. Begitu juga dengan LAYANAN PURNA JUAL dari Nissan. NMI kini menyediakan suku cadang resmi dengan harga pas di kantong. Yupz, Nisan Genuine Key Value merupakan suku cadang alternatif dengan harga yang terjangkau dan tetap memenuhi standar kualita Nissan.

"Komponen yang key value parts, harganya lebih rendah sampai 30 persen, tapi ketahanannya mengalami penyesuaian sampai 20 persen," kata Budi seperti saya kutip dari Otomania.com.

Dalam kesempatan itu, Budi menjelaskan keberadaan key value parts sebagai solusi untuk harga spare parts asli. Meski lebih murah, key value parts tetap produk asli dari penyuplai suku cadang resmi Nissan yang spesifikasinya sesuai standar NMI. Key Value parts ini jadi bagian NMI untuk merombak LAYANAN PURNA JUAL demi mendekatkan dengan konsumen.

Nissan merupakan partner utama UEFA dan Mancheser City

*        *        *
Referensi:
- https://www.nissan.co.id/aftersales.html
- http://www.topskor.id/detail/44976/New-Nissan-March-Jadi-Andalan-Nissan-untuk-Hadapi-Persaingan-2017
- http://www.topskor.id/detail/32550/Ketika-Brand-Nissan-Tidak-hanya-Otomotif
- http://www.otomania.com/read/2017/02/16/080500430/nissan.jual.suku.cadang.asli.kw.super

Artikel Terkait:
- Tujuh Alasan Nissan X-Trail Jadi Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman
Sensasi Bermain Gokart dalam Nissan Media Competition
Nissan, Mobil Terbaik Pilihan Keluarga Indonesia
Apalah Artinya Sebuah Nama

*        *        *
- Jakarta, 25 Maret 2017

2 komentar:

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)