TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Pentingnya Optimasi Youtube untuk Blogger

Google Adsense 2016

Tentang Juventus dan Liga Champions

Tentang Juventus dan Liga Champions
Road to Cardiff: Langkah Si Nyonya Besar untuk Bertakhta Dimulai

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Senin, 29 Mei 2017

Pentingnya Optimasi Youtube untuk Blogger


Suasana Workshop Optimasi Youtube di Restoran Bebek Dower, Minggu (28/5)
(Klik untuk perbesar foto dan geser untuk melihat gambar lainnya)

HARI kedua Ramadan 1438 Hijriah ini sangat spesial bagi saya. Sebab, untuk kali pertama pada puasa tahun ini, saya turut berbuka di luar rumah. Tepatnya, Minggu (28/5) sore, ketika mengikuti workshop di Bebek Dower, Pasar Festival, Kuningan, Jakarta Selatan.

Acara ini diselenggarakan PT Citra Nusa Indah Cemerlang (CNI Indonesia) bersama Komunitas Indonesia Social Blogpreneur (Komunitas ISB). Ini kali keempat saya mengikuti acara dari perusahaan yang pada 1 Oktober mendatang genap 31 tahun.

Sebelumnya terjadi pada 2016 hingga dua kali dan 26 Maret lalu yang berujung sebagai pemenang favorit! Wow... Seketika, hashtag #BerkahNgeblog mewarnai blog ini.

Namun, mengikuti berbagai acara yang diselenggarakan CNI dan Komunitas ISB ini tidak melulu tentang materi. Melainkan, banyak manfaat yang didapat saya sebagai blogger untuk diaplikasikannya di blog. Baik untuk konsumsi pribadi atau disebarluaskan lagi. Yupz, inti sebagai blogger itu untuk saling berbagi dan berinteraksi.

Termasuk, kemarin ketika saya mengikuti workshop bertema Optimasi Youtube. Nah, sebagai blogger, tentu mayoritas memiliki akun youtube. Salah satunya, saya yang punya sejak 2009 silam dengan username https://www.youtube.com/user/rullyhuda.

Namun, dalam periode itu, justru akun tersebut hanya sebatas untuk mengunggah koleksi pribadi. Misalnya, saat bertualang di berbagai daerah di Tanah Air. Ternyata, youtube itu juga bisa menghasilkan uang!

Itu diungkapkan Yonna Kairupan yang jadi salah satu narasumber. Selain wanita yang juga berprofesi sebagai make-up artis tersebut, ada Nico Riansyah sebagai Digital Marketing Specialist CNI. Acara dibuka Gusti Alendra selaku Promotion and Marketing CNI yang dilanjutkan Ani Berta (Founder Komunitas ISB).

"Sebagai blogger, untuk membuat artikel harus fun, visualnya (tampilan blog) menarik, dan yang utama itu informatif," tutur Nico berbagi tips. Saya setuju dengan pemaparannya. Sebab, sebagai blogger saat ini dituntut tidak hanya menghasilkan karya lewat tulisan saja.

Melainkan juga berbagai tambahan lainnya untuk menunjang artikel tersebut. Misalnya, foto, video, hingga infografis. Untuk foto saya rutin melakukannya dalam setiap artikel. Sementara, video bisa dibilang sesekali alias jarang.

Nah, untuk infografis ini, yang belum pernah dicoba. Apalagi, tampilan blog saya masih sangat sederhana karena template-nya bawaan sejak 2009 silam. Itu mengapa, setelah mendengar penjelasan Nico membuat saya terpacu untuk mencari template yang lebih segar lagi.

Maklum, dengan visualisasi yang menarik, ada kemungkinan artikel atau blog kita nongol di halaman pertama situs pencarian. Kalau ini, siapa sih yang tidak tertarik? Saya iseng-iseng melakukan pencarian, baru frasa Taman di Jakarta yang tembus halaman pertama versi Google Indonesia.

Selain itu, paling banyak mengenai sepak bola atau olahraga. Ini aneh, mengingat blog saya mayoritas berisi artikel bebas seperti lifestyle, travelling, kuliner, dan sebagainya.

Belum selesai saya mencoba, untuk mengubah tampilan blog, eh Yonna sudah memberi wawasan baru. Tepatnya, dengan memaksimalkan youtube agar tidak hanya sebagai laman dokumenter pribadi saja.

"Sebagai blogger, kita harus memanfaatkan channel youtube untuk mengenalkan blog kita. Bukan sebaliknya, justru akun youtube yang dikenalkan dari blog. Banyak, manfaat yang bisa didapat jika kita eksis di youtube," tutur pemilik akun https://www.youtube.com/user/yokairupan ini.

Dalam kesempatan itu, Yonna membeberkan kiat agar channel youtube kita diminati banyak orang. Itu berdasarkan pengalaman pribadinya yang memiliki 7.892 subscriber. Jumlah tersebut 136 kali lipat dari milik saya!

Tak heran jika sharing dari Yonna sangat memotivasi saya. Tentu, saya enggan seperti dirinya yang memiliki banyak pengikut di youtube. Melainkan, agar bagaimana saya bisa memadukan blog dengan akun youtube. Yupz, sinkronisasi dua arah.

Pasalnya, selama ini, dalam setiap video di youtube saya selalu dibubuhi keterangan, "Untuk foto-foto dan artikel lebih lanjut bisa disimak di www.roelly87.com bla-bla-bla." Seharusnya, itu juga berlaku pada artikel di blog. Misalnya, "Jika ingin menyaksikan berbagai video menarik yang tidak diposting di artike lini bisa menyimak pada laman youtube https://www.youtube.com/user/rullyhuda, bla-bla-bla.

"Punya youtube itu harus berani berisik. Tidak hanya di blog saja, tapi juga di media sosial yang kita miliki seperti facebook, twitter, dan sebagainya. Kita juga wajib mengenalkan akun ini kepada teman dan orang terdekat," Yonna, mengungkapkan.

Yupz, semua teori dari Yonna dan Nico sudah saya save di memori. Selanjutnya, tinggal praktek saja. Nah, bagaimana dengan tampilan blog dan akun youtube Anda?

*         *         *
Gusti Alendra (Promotion and Marketing CNI)

*         *         *

Ani Berta (Founder Komunitas ISB)

*         *         *
Nico Riansyah (Digital Marketing Specialist CNI)

*         *         *
Yonna Kairupan (Youtuber)

*         *         *
Yonna membeberkan rahasia menggaet banyak subscribe di youtube

*         *         *
Putra dari Yonna yang ikut hadir

*         *         *
Rekan blogger Liswanti Pertiwi dalam sesi diskusi

*         *         *
Enam rekan blogger yang menang live-tweet

*         *         *
Yonna, Gusti, dan enam pemenang live-tweet

*         *         *

Artikel Sebelumnya:

Workshop CNI
Blogger Harus Punya Personal Branding yang Kuat
Buka Bersama CNI, Blogger, dan Windy Ghemary
(Esai Foto) Kopdar CNI Perdana Bersama Fun Blogging

*         *         *
- Jakarta, 29 Mei 2018

8 komentar:

  1. Ternyata tuk jadi content creator you tube mudah ya, tp untuk introvert seperti saya butuh effort yg kuat hehehe. Inget bgt kata kak Yonna yg penting tau tujuannya dulu utk apa jd bisa fokus ga salah jalan. Makasih sharingnya ya mas, salam kenal. Monggo mampir di blog saya a new bie blogger ☺

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah hadir semalam di acara ini Mas Huda yg hambel :)

    BalasHapus
  3. Huhu sayang banget ga bisa ikutan soale tiba2 bapakku ngedrop.Thx for sharing mas.

    BalasHapus
  4. bermanfaat secara lg demen ngeyutub...syg ga bs ikutan kmr :(

    BalasHapus
  5. Hmmm, aku juga sempet kepikiran untyk sinkronisasi blog sama yutup, tapi seperti biasa, mageeer. Hixhixhix. Editing videonya itu, lho, mesti ada waktu khusus Dan enggak keganggu biar cepet selesai.

    BalasHapus
  6. Kalok infografis aku gak tertarik belajar, Roel. Lebih suka belajar motret dan bikin video. Soal selera, ya. :)

    BalasHapus
  7. Tampilan blog lagi saya perbaiki sih, kalau yutub masih proses konsistensi nih..susah ya ternyata Hehehe..

    BalasHapus
  8. hmm, ternyata blog dan youtube bisa juga ya dikolaborasikan. Tapi untuk bikin vlog masih agak sulit.

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)