TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Rayakan HUT ke-37, YDBA Luncurkan HebatnyaUKM.org

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Senin, 10 Juli 2017

Rayakan HUT ke-37, YDBA Luncurkan HebatnyaUKM.org


HebatnyaUKM.org diresmikan Ketua Pengurus YDBA Henry C Widjadja dan
Ketua Pembina YDBA Johannes Loman
(Klik untuk perbesar gambar dan geser untuk melihat foto lainnya)


YAYASAN Dharma Bhakti Astra (YDBA) merupakan yayasan tertua kedua yang didirikan PT Astra International. Corporate Social Responsibility (CSR) ini dibentuk pendiri Astra, William Soeryadjaya pada 2 Mei 1980.

Tujuannya, untuk melakukan pembinaan dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hingga kini, YDBA telah melakukan pelatihan dan pendampingan kepada 8.646 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) binaan Grup Astra.

Saya mengenal YDBA saat mengikuti Gathering Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia: Berbagi Inspirasi 60 Tahun di Gedung SMESCO, Jakarta Selatan, pada 8 Agustus 2016 (Artikel sebelumnya: Astra Berusia 60 Tahun, Selanjutnya?).

Sepekan kemudian, saya mengenal YDBA lebih intensif. Bahkan, sempat membawa oleh-oleh VR Cardboard yang sangat menarik (https://twitter.com/roelly87/status/767563496447889408). Tepatnya, saat menghadiri Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Saat itu, terdapat dua booth YDBA di hall 3 dan 2F Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten (Artikel sebelumnya: 7 Alasan Harus Memiliki Daihatsu Sigra dan Keceriaan di Booth Daihatsu GIIAS 2016).

*        *        *
SENIN (10/7) YDBA merayakan HUT ke-37 di Gedung Astra, Sunter, Jakarta Utara dengan memberikan berbagai penghargaan kepada pelaku UKM. Sekaligus, peluncuran Digital Ecosystem yang bisa diakses pada laman HebatnyaUKM.org.

Dalam kesempatan itu, YDBA juga menampilkan sharing session dengan tiga narasumber kompeten di bidangnya masing-masing. Yaitu, Fida Heyder yang merupakan Head of SMB Marketing Google Indonesia, Rieke Caroline (CEO BuatKontrak.com), dan Leony Agus Setiawati (pemilik CV Azkasyah yang mendapat binaan YDBA).

Ketiganya, saling berbagi tips kepada peserta yang mencapai 400 orang yang terdiri dari pelaku UKM, media, hingga blogger. Bagi saya, rangkaian acara ini sangat menambah wawasan. Terutama jika kelak, saya berkecimpung di dunia UKM.

"Kami berahrap UKM bisa memahami bagaimana proses perubahan ke era digital. Sehingga, bisa membuka pola pikirnya akan pentingnya pengembangan bisnis di skala global melalui digital," ujar Ketua Pengurus YDBA Henry C Widjaja, yang didampingi Johannes Loman (Ketua Pembina YDBA), Lina Djafar (Ketua Pengawas YDBA), pengurus YDBA lainnya, dan perwakilan Astra Grup.

Apa yang dikatakan Henry beralasan. Sebab, pada era digital sekarang, berbagai kegiatan perekonomian sudah dimudahkan melalui akses internet. Baik dari perusahaan skala besar hingga kecil.

Itu mengapa, YDBA menampilkan Leony sebagai salah satu pembicara. Saya sempat merinding ketika mendengar ceritanya saat krisis pada 2015 lalu. Sebab, Leony mengakui, omzet per hari usahanya secara online setara dengan sebulan di butik!

Tak heran jika CV Azkasyah yang didirikan sejak 2001 di Ciomas, Bogor ini, sudah berkembang pesat. Perusahaan konveksi ini memiliki 18 agen manager (distributor besar) dan 400 jaringan agen di seluruh Tanah Air.

Leony juga berbagi tips bagi pelaku UKM dalam mengembangkan sayapnya dalam bisnis online. Menurutnya, bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, dan twitter. Selain itu, Leony mengaku rajin berinteraksi di grup aplikasi chat, misalnya Whatsapp, Line, BlackBerry Messenger, dan sebagainya. Setelah itu, Leony memasarkan di market place seperti Lazada, Zalora, Matahari Mall, Blibli, Tokopedia, hingga Kaskus.

"Yang penting, dalam menjalankan usaha, kita tidak boleh pesimistis. Misalnya, saya gaptek lah, ga ngerti internet lah, dan segala macamnya. Di era sekarang, bisnis yang kita lakukan harus bisa beradaptasi dengan perkembangan pasar. Saya berterima kasih kepada YDBA yang telah membina kami, CV Azkasyah, selama 12 tahun ini," tutur Lenny yang memiliki lebih dari 500 karyawan yang merupakan warga di sekitar perusahaannya berlokasi.

*        *        *
SELAIN Lenny, terdapat banyak pelaku UKM lainnya yang sukses berkat binaan YDBA. Itu bisa dilihat pada laman HebatnyaUKM.org yang merupakan ekosistem digital YDBA berbentuk online platform yang beriringan dengan offline platform yang sudah ada.

Situs tersebut berisikan fitur blog dan news. Kita bisa mengakses informasi seputar UKM dan kewirausahaan yang lebih mendalam. Saat saya akses kini, HebatnyaUKM.org memang masih sederhana mengingat situs ini baru diluncurkan ke publik secara resmi pagi tadi.

Namun, dalam rilisnya, ke depannya, website yang dikelola pengurus YDBA ini akan dilengkapi fitur E-Learning supaya UKM bisa belajar melalui berbagai video edukatif dan mempraktekkannya sendiri cara mengembangkan usaha.

Sebagai tambahan, selain HebatnyaUKM.org, YDBA juga akan melengkapi kanal di ydba.astra.co.id dengan fitur E-Catalogue sehingga UKM bisa terbantu menjual produk-produknya secara online.

Sejak mengikuti acara pagi hingga saat menulis artikel ini, saya jadi antusias untuk menggeluti dunia UKM. Bagaimana, dengan Anda?***

*        *        *
Ketua Pembina YDBA Johannes Loman memberi sambutan HUT ke-37 YDBA

*        *        *
Penghargaan untuk UMKM Mandiri kepada mitra YDBA

*        *        *
YDBA Awards 2017

*        *        *
YDBA didirikan pada 20 Mei 1980

*        *        *
YDBA telah membina 8.646 UKM yang tersebar di Tanah Air

*        *        *
Detik-detik peluncuran HebatnyaUKM.org

*        *        *
HebatnyaUKM.org merupakan ekosistem digital YDBA berbentuk
online platform dan offline platform

*        *        *
HebatnyaUKM.org bisa memberi inspirasi dan motivasi bagi pelaku UKM 

*        *        *
Ketua Pengurus YDBA Henry C Widjadja mengenalkan YDBA UKM Catalog
yang bisa diakses di ydba.astra.co.id

*        *        *
Head of SMB Marketing Google Indonesia Fida Heyder berbagi tips untuk
pelaku UKM yang ingin memasarkan produknya secara online

*        *        *
CEO BuatKontrak.com Rieke Caroline memaparkan pentingnya
legalitas hukum bagi pelaku UKM untuk melindungi produknya

*        *        *
Pemilik CV Azkasyah Leony Agus Setiawati berbagi pengalaman
suka dan duka sebagai pelaku UKM dalam mengemabngkan usahanya

*        *        *
Foto bersama seusai acara untuk memperingati HUT ke-37 YDBA

*        *        *


Artikel Grup Astra Sebelumnya:
Peringati HUT ke-60, Astra Kembali Selenggarakan SATU Indonesia Awards 2017
Memetik Inspirasi Bersama Astra
Astra Umumkan Tujuh Penerima SATU Indonesia Awards 2016
Pengalaman Perdana Ikut Bukber Astra

*        *        *
- Jakarta, 10 Juli 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)