TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: 7 Alasan Harus Memiliki Daihatsu Sigra

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Rabu, 31 Agustus 2016

7 Alasan Harus Memiliki Daihatsu Sigra




Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 telah berakhir sejak 21 Agustus lalu. Banyak catatan menarik yang saya dapat selama menghadiri pameran otomotif terbesar di Tanah Air tersebut.

Salah satunya yang saya alami ketika mengunjungi booth Daihatsu di hall 8A dan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Tujuan saya mendatangi kedua booth yang jadi bagian dari Grup Astra International itu untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Daihatsu Sigra yang resmi diluncurkan saat pameran berlangsung (sumber: Daihatsu.co.id).

Ya, mobil yang dalam bahasa sansekerta berarti Respons Cepat ini (sumber: Kompas.com), merupakan primadona pada GIIAS 2016. Berdasarkan rilis resmi dari Daihatsu per 22 Agustus, Sigra paling banyak dipesan hingga 594 unit. Alias, persentasenya mencapai 51,74% dari total kendaraan Daihatsu yang terjual.

Bahkan, jika ditotal dengan pemesanan di luar GIIAS 2016, Daihatsu Sigra sudah menembus 2.800 unit (sumber: Beritasatu.com). Tentu, jumlah tersebut sangat mencengangkan mengingat kendaraan dengan kapasitas mesin 1.977 cc ini belum lama diluncurkan.

Fakta itu membuat saya sebagai blogger, tertarik untuk mencari tahu di balik kesuksesan Daihatsu Sigra yang memikat masyarakat. Tujuh di antaranya yaitu:

*      *      *

1. Harga Kompetitif

Ya, kompetitif. Menurut saya pribadi, Daihatsu Sigra yang dibanderol mulai Rp 106 juta ini menargetkan pangsa keluarga dan kaum muda. Dengan harga tersebut, Daihatsu Sigra mampu bersaing dengan kendaraan sejenis yang lebih mahal.

Daihatsu Sigra menawarkan dua pilihan mesin. Yaitu, 1KR-VE 1.0L yang sudah dipakai seri sebelumnya, Daihatsu Ayla dan yang terbaru 3NR-VE 1.2L. Semua pilihan dilengkapi transmisi manual dan otomatis.

*      *      *


2. Kandungan Lokal 94%

Menurut laman Antaranews.com, Daihatsu Sigra memiliki kandungan lokal yang mencapai 94%. Kebetulan, saya melihat langsung berbagai komponen dari pemasok loka, termasuk pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) saat mendatangi booth YDBA di hall 1. YDBA merupakan salah satu dari sembilan yayasan Astra yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan pelaku UKM dalam industri otomotif nasional.

Secara keseluruhan, Daihatsu Sigra melibatkan 178 pemasok lokal untuk komponen tingkat pertama dan 890 pemasok lokal (komponen tingkat kedua). Dengan begitu, Daihatsu Sigra turut berpartisipasi dalam program pemerintah dengan menciptakan lapangan pekerjaan di sektor manufakturing dan distribusi mobil serta komponen, dealer, pemasaran, dan purna jual.

*      *      *

3. Jaringan Astra

Di Tanah Air ini, siapa yang tidak mengenal Astra? Yaitu, kelompok usaha terbesar di Indonesia yang berdiri sejak 20 Februari 1957. Alias, tahun depan, Astra akan merayakan enam dekade dalam kontribusinya untuk Indonesia. Dalam lini otomotif untuk kendaraan penumpang, Daihatsu bergabung dengan Toyota, BMW, dan Peugeut (sumber: Astra.co.id).

Itu berarti, pengguna Daihatsu Sigra akan mendapat kemudahan dari Astra. Misalnya, layanan purna jual, bengkel yang tersebar luas di seluruh nusantara, suku cadang orisinal, garansi, klaim, hingga harga jual kembali yang tinggi.
*      *      *

4. Interior Memesona

Daihatsu Sigra memiliki kabin yang lebih lapang dan lega. Tujuannya jelas, untuk menghadirkan kenyamanan berkendara bersama keluarga. Kebetulan, saya sudah menelusuri Daihatsu Sigra secara langsung saat GIIAS 2016 berlangsung di booth Daihatsu dan booth YDBA. 

Kendaraan ini sudah dilengkapi berbagai perangkat musik yang akan menemani sepanjang perjalanan. Seperti, CD, MP3, AUX, USB, dan bluetooth. Jangan lupakan keberadaan dual Airbag yang akan membuat pengemudi dan penumpang di depan makin terlindungi.

Saya juga berkesempatan untuk menjelajahi Daihatsu Sigra lebih jauh saat singgah di booth Daihatsu dan YDBA. Daihatsu Sigra mampu menampung tujuh orang sekaligus, dengan pola 2-2-3. Jarak antar ruang dengan kaki dan kepala, menurut saya cukup lega. Terutama bila membawa keluarga atau barang yang lumayan banyak bisa diantisipasi dengan melipat bangku paling belakang.
*      *      *

5. Eksterior yang Menggoda

Terdapat enam pilihan warna untuk Daihatsu Sigra yang bisa dipilih calon konsumen. Yaitu, Classic Silver Metallic, Icy White, Red Solid, Ultra Black Solid, Dark Grey Metallic, dan Nebula Blue Metallic. Keenam warna itu merepresentasikan Daihatsu Sigra sebagai kendaraan keluarga dan anak muda.

Di antara keenam warna itu, tentu relatif bagi masing-masing pembeli. Saya pribadi cenderung memilih yang warna perak karena terlihat lebih elegan saat dikendarai siang atau malam hari. 

*      *      *

6. Paket Lengkap

Baru juga diperkenalkan kepada publik sejak pembukaan pada 11 Agustus lalu, Daihatsu Sigra sudah mencuri perhatian masyarakat luas sebagai mobil laris. Salah satunya dari MarkPlus Inc, yang menobatkan Daihatsu Sigra sebagai jawara dalam kategori Best In Product Display (sumber: Detik.com) pada hari kedelapan GIIAS 2016.

Itu tak heran mengingat ibarat menu makanan, Daihatsu Sigra menawarkan paket lengkap. Yaitu, harga yang kompetitif namun memiliki kualitas nomor satu. Fakta tersebut ditegaskan Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra seperti saya kutip dari Berita Satu, "Daihatsu Sigra lebih murah dibanding Xenia. Namun, ini bukan mobil murahan. Kami melakukan berbagai penelitian dan uji coba untuk menghasilkan mobil LCGC berkualitas, termasuk sisi keselamatan. Daihatsu Sigra berhasil meraih bintang empat dalam safety test. Sebagai perbandingan, safety test terbaik untuk mobil mewah adalah bintang lima."


*      *      *

7. Mendukung Program Pemerintah

Selain paket lengkap dengan segudang fitur, Daihatsu Sigra turut mendukung program pemerintah untuk mengembangkan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC). Daihatsu Sigra merupakan satu paket dengan Toyota Calya yang menyandang nama Astra (sumber: Kemenperin.go.id).

Bahkan, pada 2 Agustus lalu Menteri Perindustrian Airlangga Hartato memberikan apresiasi setinggi-tinginya kepada PT. Astra Daihatsu Motor atas komitmennya yang terus berinvestasi di Indonesia. Serta, menjadikan negara ini basis produksi industri kendaraan bermotor serta komponennya di ASEAN dan dunia.

*      *      *

*      *      *
Referensi Tambahan:
Daihatsu.co.id, Astra.co.id, Kemenperin.go.id, Antaranews.com, Okezone.com, Kompas.com, Beritasatu.com,
*      *      *

Artikel Terkait Daihatsu dan Astra
Keceriaan di Booth Daihatsu GIIAS 2016

*      *      *
- Jakarta, 31 Agustus 2016

3 komentar:

  1. Ntar deh, kalau saya udah punya uang yang banyak baru beli mobil. Hehehe...

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)