TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Selamat Ulang Tahun Pak TeDe

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Sabtu, 11 Juli 2015

Selamat Ulang Tahun Pak TeDe


Thamrin Dahlan saat peluncuran buku perdana (sumber foto: dokumentasi pribadi/ www.roelly87.com)
"SEBAGAI pensiunan Polri, saya bangga bisa bergabung dengan kalian sesama blogger. Bagi saya, menulis di blog itu tidak hanya mengisi hari-hari setelah pensiun. Atau juga demi mengatasi kepikunan seperti yang dialami orang seusia saya. Melainkan, menulis di blog itu agar bermanfaat bagi pembaca. Saya bangga bisa disebut sebagai blogger."

Pernyataan itu diungkapkan rekan blogger Thamrin Dahlan, tiga tahun lalu. Tepatnya ketika pria asal Jambi ini meluncurkan buku perdana, "Bukan Orang Terkenal" di Rumah Sakit Kepolisian Pusat Dokter Sukanto, Jakarta Timur, 7 Juli 2012. Acara tersebut bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-60 dari sosok yang akrab disapa pak "Te-De" ini.

Sebagai blogger, saya bangga bisa kenal sekaligus menjalani persahabatan dengannya. Meski usianya terpaut jauh, namun tidak menjadi masalah. Saya tetap menghormatinya sebagai blogger senior sekaligus salah satu mentor saya untuk berkecimpung di dunia blog. Sebaliknya, pak TeDe pun senang bisa berbaur dengan saya dan rekan-rekan blogger lainnya yang masih muda.

Mungkin, ini yang dinamakan sebagai persahabatan: Tak pandang usia, jenis kelamin, ideologi, dan sebagainya. Yang jelas, selama masih hobi menulis di blog, kita harus bangga disebut blogger: Kita adalah blogger, blogger adalah kita!

*      *      *
PERSAHABATAN kami bermula saat kami sama-sama menghadiri launching Kompas TV di Balai Sidang Jakarta (JCC) pada Jumat, 9 September 2011. Kebetulan, kami mendapat undangan eksklusif sebagai blogger dari Kompasiana. Sejak itu, saya dan pak TeDe kerap sering bertemu. Baik dalam acara yang diadakan Kompasiana, komunitas blogger, dan sebagainya.

Termasuk ketika beliau mengajak saya bergabung dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk proyek penulisan artikel pada pertengahan Agustus 2012. Awalnya, mendengar kata "BNN", saya cenderung skeptis. Maklum, saya sering mendengar cap buruk dari instansi pemerintah itu dalam menangani kasus narkoba. Namun, pak TeDe dengan sabar menjelaskan lebih lanjut. Bahwa, gerakan dari BNN itu bertujuan mulia.

Kebetulan, selain pensiunan Polri dengan pangkat Komisaris Besar (Kombes), beliau juga lama berkecimpung di BNN sebagai Direktur Pasca Rehabilitasi. "Ayo rul, kita kampanyekan blogger peduli narkoba bersama BNN," tutur pak TeDe dalam pertemuan yang terjadi di Pusat Grosir Cililitan (PGC) bersama rekan blogger Aji Najiullah Thaib yang merupakan sineas dan Shulhan Ramaru (mantan admin Kompasiana).

Setahun berselang, tepatnya Desember 2013, beliau kembali mengajak saya untuk bekerja sama dengan BNN. Kali ini, skalanya lebih besar dengan melibatkan puluhan blogger untuk tergabung dalam proyek 10.000 halaman artikel bertema pencegahan narkoba. Sayangnya, proyek itu terputus pada pertengahan 2014 lantaran dana yang tersedia dialihkan pemerintah.

Meski begitu, hubungan saya dan pak TeDe beserta BNN tetap terjalin baik. Sebagai blogger, saya sering mendapat undangan dan seminar dari instansi yang bermarkas di Cawang tersebut. Termasuk saat BNN mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diadakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan (4/2), yang dihadiri Kepala BNN Anang Iskandar dan Presiden Joko Widodo.

*      *      *

"SAYA membiasakan menulis di blog itu sehari satu artikel. Waktunya fleksibel, bisa itu pagi hari, sebelum mengajar, atau setelah main tenis. Di usia saya ini, saya harus terus aktif dalam berbagai kegiatan. Untuk itu, saya senang jika ada mendapat undangan di acara blogger. Sebab, dari situ, saya bisa mendapat pengetahuan lebih dan menambah persahabatan di dunia nyata," kata pak TeDe saat kami bertemu pada acara Kompasianival 2013 di Grand Indonesia.

Ya, kini beliau sudah memasuki usia 63 tahun. Namun, semangatnya sebagai blogger jauh mengalahkan saya yang masih muda hingga membuat saya kian kagum. Pak TeDe bukan hanya piawai dalam menulis reportase. Melainkan juga hebat dalam membuat opini melalui analisisnya yang tajam. Bahkan, pak TeDe tak segan menebarkan virus menjadi blogger kepada mahasiswa dan anak didiknya. Agar, sedari muda, mereka dibiasakan menulis di blog sebelum akhirnya kelak menjadi penulis hebat.

Selamat ulang tahun yang ke-63, pak. Teruslah menginspirasi kami.

*      *      *
Celoteh Kompasianer TeDe (@roelly87)

*      *      *
Bersama rekan-rekan blogger (@roelly87)

*      *      *
Bersama Aji dan Shulhan (@roelly87)

*      *      *
Diskusi dengan Kepala BNN Anang Iskandar dan rekan blogger (@roelly87)

*      *      *
Workshop BNN darurat narkoba (@roelly87

*      *      *

*      *      *

*      *      *

- Cikini, 11 Juli 2015

6 komentar:

  1. Selamat ulang tahun buat pak Tede, wah aku belum kenal nih. btw itu fotonya kenapa miring :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. beliau yang waktu itu ngajakin kita di acara bnn mbak :)

      Hapus
  2. persahabatan yang dari hati tidak akan memandang dari sisi manapun
    Selamat ulang tahun :)

    BalasHapus
  3. happy birthday pak Thamrin Dahlan

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas, udah disampein :)

      he he he

      Hapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)