TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: 20 Tahun Tipe-X Sukses Meriahkan Jakcloth Lebaran 2015

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Jumat, 10 Juli 2015

20 Tahun Tipe-X Sukses Meriahkan Jakcloth Lebaran 2015


Aksi Tipe-X di Jakcloth Lebaran 2015

"Ingatlah saat kita bersama
Kau pegang tanganku
Kutatap matamu
Semua terasa indah tak seorang pun mengganggu
Bersedih dan tertawa kita tetap bersatu..."

MENDENGAR lirik lagu "Salam Rindu" dari Tipe-X membuat saya teringat saat masih berseragam putih biru. Saya belum lupa ketika menyaksikan band beraliran ska itu manggung di Lebak Bulus, nyaris dua windu lalu. Sayangnya, saat itu ponsel kamera belum banyak seperti sekarang. Apalagi untuk membeli kamera SLR atau poket yang tentu tergolong mewah bagi anak seukuran SMP.

Namun, saya masih ingat dengan aksi sang vokalis, Tresno Riadi yang masih tengil dan flamboyan. Sementara, di sampingnya, Anto (Trombone) tak kalah gokilnya kalo sedang beraksi. Jangan lupa, di belakang ada Hendro (drum) yang penampilannya mengingatkan saya pada Dave Grohl KW tipis.

Setelah belasan tahun, personil Tipe-X sudah mulai kalem. Bisa jadi karena pengaruh pergantian posisi dan faktor usia. Misalnya, Tresno yang dulu ceking kini perutnya sudah maju ke depan. Yang pasti, aksi mereka dari awalnya lagu "Genit" populer di MTV atau Clear Top Ten hingga kini, tetap menggila.

Ya, apapun perubahan yang terjadi di antara personil, manajerial, hingga pemimpin di negeri ini, Tipe-X tetaplah Tipe-X: Salah satu band terbesar di Tanah Air yang menurut saya, basis pendukungnya hanya kalah dari Dewa 19 dan Iwan Fals.

*       *       *

Kemarin, Kamis (9/7) Tipe-X genap berusia 20 tahun. Sebuah perjalanan panjang dari band pengusung genre minoritas yang awalnya dipandang sebelah mata, tapi kini bisa disebut sebagai legenda hidup di blantika musik Indonesia.

Saya beruntung, sehari sebelum mereka merayakan ultah dua dekade, saya kembali menyaksikan penampilan gokilnya di Jakarta Clothing Expo (Jakcloth) Lebaran pada Rabu (8/7). Kebetulan, event tersebut berlangsung tidak jauh dari kantor saya, tepatnya di Plaza Tenggara Senayan, Jakarta Pusat.

Saat itu saya sedang mencari hidangan berbuka puasa di seputaran Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Karena teringat ada Jakcloth dengan penampilan Tipe-X pada pukul 16.30 WIB, saya langsung membeli tiket seharga Rp 15.000. Ya, dengan nominal seperti itu bisa dibilang murah meriah. Pengunjung dapat cari busana yang keren sambil ngabuburit, cuci mata, makanan melimpah untuk berbuka, dan mendengarkan musik!

Saya lupa menghitung berapa lagu yang dibawakan Tipe-X. Namun, ada beberapa yang saya ingat seperti "Salam Rindu", "Sakit Hati", "Kamu Ga Sendirian", dan "Boyband". Niat hati ingin merekam semua lagu mereka, apa daya memori ponsel saya terbatas. Alhasil, saya hanya bisa mengabadikan live performance Tipe-X saat membawakan lagu pemungkas: "Boyband", yang bertepatan menjelang azan maghrib.

Entah kenapa, jika menyaksikan konser dari band yang digawangi enam personil ini, adrenalin saya selalu terpacu. Termasuk ketika asyik bergoyang saat Tipe-X manggung dalam perayaan HUT keenam Kompasiana bertajuk Kompasianival pada 22 November 2014 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Bisa dipahami mengingat Tipe-X merupakan sedikit band beraliran ska yang masih bertahan di blantika musim Indonesia. Saya ingat, berkat album Ska Phobia, saya sampai mengoleksi kaset band bergenre sama seperti Jun Fan Gung Foo, Souljah, Shaggydog, dan sebagainya.

Namun, ya itu. jika mengingat musik bergenre ska, bayangan saya selalu tertuju pada Tipe-X. Kini mereka telah berusia 20 tahun. Entah sampai kapan Tipe-X mampu menghipnotis penggemar musik di Tanah Air? 30, 40, atau 50 tahun!

Personil boleh berganti. Lagu mereka bisa turun naik karena pasar. Namun, semangat ala anak muda yang diperagakan Tipe-X tidak lekang ditelan zaman. Contoh kecil, Trisno yang dulu masih cengengesan saat manggung, September mendatang bakal berusia 40 tahun. Tapi, penggemarnya tetap dari berbagai usia. Anak kecil, remaja, dewasa, hingga kakek-kakek asyik berbaur mengikuti irama mereka!

*       *       *
Tua muda berbaur jadi satu

*       *       *
Ratusan atau ribuan penonton memadati Jakcloth Lebaran 2015

*       *       *
Persiapan berbuka puasa...

*       *       *
Antisipasi dari panitia untuk penonton

*       *       *
Di balik Jakclot Lebaran 2015

*       *       *

Video "Boyband" dari Tipe-X
*       *       *

*       *       *

Keterangan: Seluruh foto dan video merupakan dokumentasi pribadi (www.roelly87.com)
- Cikini, 10 Juli 2015

12 komentar:

  1. habis nonton Tipe-X trus nulis repostasenya sambil goyang-goyang gak ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha ha ha

      yang pasti sambil masang headset ke lappy, buat nostalgia sejenak :)
      #eaaaa

      Hapus
  2. Balasan
    1. yuk kalo ada acara lagi ikutan mbak :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. yuk, tahun depan ikutan :)

      #eaaaa

      Hapus
  4. Kupikir Tip-ex hapusan cairan, gak tahunya grup musik toh ? hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he

      iya mbak, awalnya (tahun 90-an) saya juga nyangka gitu
      tapi sekarang tipe-x udah ngetop banget :)

      Hapus
  5. saya jga hadir om lihat aja di www.youtube.com/watch?v=jnZ32PTk_lY&feature=share

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mas :)
      kalo saya nontonya di samping soalnya penuh banget...
      he he he

      Hapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)