TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Tiga Dekade So Klin Menemani Keluarga Indonesia

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Senin, 11 Mei 2015

Tiga Dekade So Klin Menemani Keluarga Indonesia


Deretan produk So Klin dari awal kemunculannya hingga terkini (Sumber foto: dokumentasi pribadi/ www.roelly87.com)


TIGA dekade bukanlah waktu yang sebentar. Bahkan, dalam periode itu, negara kita tercinta telah mengalami pergantian banyak kepemimpinan. Mulai dari Presiden Soeharto (alm), B.J. Habibie, Abdurrahman Wahid (alm), Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, hingga kini Joko Widodo.

Tiga dekade juga menandakan banyaknya perubahan, revolusi, dan regenerasi. Hanya sedikit sosok, perusahaan, atau produk yang bertahan selama itu. Salah satunya yang saya kenal adalah So Klin. Sebuah produk deterjen yang setia menemani keluarga Indonesia. Bahkan, pada 2015 ini So Klin tepat menandakan tahun yang ke-35.

Ya, kalau kita bicara jujur, keluarga mana atau lebih tepatnya, kaum wanita terutama ibu-ibu di Indonesia, yang tidak mengenal So Klin?

Termasuk di dalam keluarga saya. Fakta itu kian tak terbantahkan. Sebab, di rumah saya kerap menemukan berbagai jenis So Klin dan produk Wings lainnya. Itu yang menjadi alasan saya sangat antusias saat mendapat tawaran dari rekan blogger, Ani Berta, untuk menghadiri perayaan tiga dasawarsa So Klin yang bertajuk "House of So Klin" di Atrium Laguna Central Park, Kamis (7/5).

Apalagi, sebelum berangkat, saya sempat berdiskusi dengan ibu saya mengenai produk yang identik dengan keharuman dan kelembutan itu. Maklum, hari itu juga, kami sekeluarga baru saja melakukan syukuran ulang tahun ibu. Jadi, ketika mengetahui saya akan mendatangi acara So Klin yang kerap menemaninya saat mencuci pakaian atau setrika, beliau sangat antusias.

*       *       *
Ternyata, So Klin dan produk keluaran Wings -seperti Mie Sedaap, Kecap Sedaap, Top Coffee, Floridina, Ale-Ale, dan Teh Javana- lainnya tidak hanya rutin digunakan ibu saya dan masyarakat umum lainnya. Melainkan juga salah satu artis ternama di Indonesia, Titiek Puspa. Itu diungkapkan langsung dari wanita berusia 77 tahun ini. Menurut sosok yang 4 Oktober lalu saya saksikan saat mengadakan konser Duta Cinta dan Drama Musikal di Grand Indonesia ini, So Klin sudah menjadi bagian dari keluarganya sejak lama. Bahkan, sebelum Titiek Puspa menjadi Brand Ambassador So Klin periode 1996-2007.

"Saya dan keluarga sangat mengapresiasi So Klin yang telah memberikan kepercayaan kami untuk menjadi bagian dari keluarga besar So Klin," kata Titiek Puspa yang melantunkan lagu hit-nya "Apanya Dong" pada akhir acara. "Apalagi setelah saya dipercaya sebagai Brand Ambassador So Klin. Banyak orang yang saat bertemu saya bukan memanggil Titiek Puspa. Tapi justru 'So Klin is the Best' yang membuat saya tertawa."

Ya, slogan "So Klin is the Best" yang dipopulerkan Titiek Puspa memang sangat terkenal pada era 1990-an. Pada acara tersebut, So Klin juga menghadirkan Brand Ambassador dari generasi muda, Indy Barends dan Rina Nose. Mereka bertiga menceritakan pengalaman menggunakan produk yang sudah diekspor langsung ke beberapa negara di Asia Pasifik, Amerika Latin, dan Afrika.

Itu membuktikan bahwa So Klin tidak hanya menemani keluarga Indonesia saja, melainkan negara lainnya. Terlebih, So Klin dan beberapa variannya selain diuji coba di laboratorium Wings juga memiliki verifikasi sebagai produk berkualitas tinggi berkat hasil tes dari Ciba Speciality Chemical Swiss dan mendapat dukungan dari Asosiasi Pertextilan Indonesia (API).

"Bersih saja tidak cukup. Kami dari Wings juga sudah meluncurkan beberapa varian So Klin yang kini banyak digunakan masyarakat. Seperti So Klin Liquid yang mudah larut dalam air, So Klin Softergent yang menggabungkan deterjen dan pelembut wangi segar, dan So Klin Bio-Matic yang ramah lingkungan. Untuk So Klin Higinis, terdapat formula 'anti bacterial' yang dapat membunuh kuman dan bakteri pada pakaian," kata Joanna Elizabeth Samuel, Produc Manager So Klin Fabric yang ditemani Aristo Kristandyo (Group Head of Marketing Communications).

Yang menarik, dalam acara House of So Klin yang sejatinya berlangsung pada 5-10 Mei ini mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat. Itu terlihat dari ramainya pengunjung yang menghadiri booth So Klin. Maklum, selain menampilkan tiga Brand Ambassador (Titiek Puspa, Indy Barens, dan Rina Nose) serta Delon pada 8-9 Mei lalu, terdapat beberapa program lainnya.

Mulai dari product experience, testimoni berbagai varian So Klin dan produk Wings lainnya, dan talk show mengenai internet sehat bagi anak. Tak lupa, So Klin juga menyediakan area bermain untuk anak yang ingin belajar meewarnai, menempel gambar, hingga menonton puppet show pada zona Kids Entertainment.
*       *       *
Suasana talkshow dalam House of So Klin

*       *       *
Titiek Puspa melantunkan tembang "Apanya Dong"

*       *       *
Titiek Puspa menjadi magnet jurnalis, blogger, dan pengunjung yang ingin foto bersamanya

*       *       *
Berbagai produk So Klin

*       *       *
Booth untuk testimoni

*       *       *
Booth So Klin Experience

*       *       *
Pengunjung menyimak cara hasil produk So Klin 

*       *       *
Zona bermain dan belajar anak di Kids Entertainment

*       *       *
Beberapa produk So Klin yang ada di rumah saya

*       *       *
Keterangan: Seluruh foto merupakan dokumentasi milik penulis (www.roelly87.com)
*       *       *
Sebelumnya:
- Riwayat Panjang Lagu "Kupu-kupu Malam" Titiek Puspa

*       *       *
- Cikini, 11 Mei 2015

14 komentar:

  1. iya, so Klin adalah salah satu detergen legendaris nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he
      udah 35 tahun di Indonesia, berarti lebih tua dari saya juga :)
      hebatnya So Klin tetap bertahan

      Hapus
  2. Nih... sabun dari jaman saya kecil udah ada, malah merupakan sabun kebanggaan hampir seluruh warga kampung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dulu waktu tv masih ngetren alias belom ada internet, slogan "So Klin is the Best" populer banget :)

      Hapus
  3. Produk So Klin emang bagus-bagus. Lebih murah lagi dibandingkan dengan produk-produk sejenisnya. Ga heran kalo produk So Klin bisa tahan di pasaran sampe sekarang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo soal murah saya kurang tahu
      ga pernah beli, maklum cowok ;)

      yang pasti, di rumah saya sejak dulu selalu tersedia

      Hapus
  4. Hehe.... sama. Tiap mau beli pembersih lantai, misalnya. Tanpa nyebutin merk, penjaga warungnya langsung ngasihin So Klin. Daku jadi sadar sudah lama pake merk ini. Hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho ho ho

      berarti so klin ini emang udah jadi merek generik ya mbak :)

      Hapus
  5. produk soklin yg paling saya suka adl produk pewanginya. apapun detergen yg dipakai selalu ingin direndem sama soklin pewangi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemaren pas di booth so klin experience sempat nyium wanginya ;)

      kalo saya belom lama ini baru tahu ternyata so klin satu grup dengan mie sedaap
      pantes mereknya terpercaya
      he he he

      Hapus
  6. Dari jaman iklannya Titik Puspa sampe skrg gak tahu deh siapa modelnya, So Klin mah eksis aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mbak :)

      emang produk ini udah melekat banget di kalangan masyarakat...

      Hapus
  7. Wah ada Eyang Titiek Puspa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. beliau udah lebih dari 70-an tahun, tapi masih gagah
      salut saya sama Titiek Puspa :)

      Hapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)