TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Antara Afgan, Sadis, dan Konser Dari Hati

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Minggu, 15 Februari 2015

Antara Afgan, Sadis, dan Konser Dari Hati


Antara Afgan, Sadis, dan Konser Dari Hati

Afgan Syahreza saat dimintai foto bersama seusai konser (Sumber foto Choirul Huda/ www.roelly87.com)



"Semoga Tuhan membalas semua yang terjadi, kepadaku
Suatu saat nanti
Hingga kau sadari sesungguhnya yang kau punya
Hanya aku tempatmu kembali
Sebagai cintamu..."

KOR sepenggal lirik lagu "Sadis" terdengar lirih dari ribuan penonton. Alhasil, paduan suara itu sukses membuat Plannery Hall Jakarta Convention Center (JCC) seperti bergema. Ya, meski berbeda, tapi suara mereka sangat kompak layaknya orang yang sedang terhipnotis.

Itu terjadi dalam sebuah sesi pada konser tunggal Afgan Syahreza bertajuk "Dari Hati". Penyanyi solo berusia 25 tahun ini memang dikenal piawai membuat penontonnya terbuai. Terutama kaum hawa yang didominasi remaja belasan tahun.

Mereka tak segan merogoh kocek sedalam-dalammya demi menyaksikan konser yang berlangsung Sabtu (14/2). Padahal, harga tiketnya bisa dibilang tidak murah untuk musisi dalam negeri. Yaitu, mulai dari Rp 300 ribu untuk tribune, Rp 350 (festival), hingga Rp 1,75 juta (Diamond).

Yang menarik, meski harganya di atas rata-rata, Namun, -menurut Afgan- justru tiketnya sold out! Wajar, mengingat itu merupakan konser tunggal yang perdana bagi  pria kelahiran Bandung ini. Apalagi, acaranya berlangsung di tempat yang merupakan barometer pertunjukan musik selama ini.

"Terima kasih kepada teman-teman semua. Sebab, untuk tiket (pertunjukkan) malam ini sudah terjual habis," tutur Afgan saat jeda. "Konser tunggal bersama Erwin Gutawa Orkestra ini merupakan impian saya sejak kecil yang akhirnya bisa menjadi kenyataan."

Ya, Afgan memulai perjalananya di blantika musik Indonesia sejak tujuh tahun silam. Tepatnya pada 2008 dengan album perdana "Confession No 1" yang melejitkan lagu "Terima Kasih Cinta" dan "Sadis". Hingga kini, Afgan sudah menelurkan tiga album, yaitu "The One" pada 2010 dan "L1ve to Love, Love to L1ve" (2013).

Nah, saya pribadi sebenarnya kurang begitu tertarik mengikuti perkembangan dari pameran Alfa dalam film "Cinta 2 Hati" ini. Bahkan, dari sekian banyak lagunya, yang paling saya kenal hanya satu: "Sadis". Itu pun sejatinya bukan karena sering mendengar. Melainkan karena "Sadis" sudah menjadi bahasa slang di Kaskus yang diplesetkan dari "No Afgan". Alias, jangan pelit saat menawar barang dalam forum jual beli.

Fakta itu pula yang membuat saya awalnya sama sekali tidak tertarik untuk menyaksikan konsernya. Selain mahal, juga karena kurang familiar dengan musik ngepop yang dimainkan Afgan. Namun, itu semua berubah setelah teman di sebuah media cetak menawarkan tiket gratis. Kebetulan, Sabtu, merupakan hari libur yang tentu buat saya bebas untuk bertualang.

Sebelumnya, sejak pagi hingga sore, saya sudah berada di kawasan Senayan yang memang dekat dengan tempat saya bekerja. Yaitu, ketika mengikuti acara Slalom Daihatsu Sirion di Pintu Selatan Senayan.

Jadi, sebelum magrib ketika hendak ke FX sejenak untuk suatu keperluan, saya dihubungi kawan tersebut. Saat itu, beliau mengaku punya dua tiket kelas tribune. Satu untuk dirinya sendiri dan satunya masih belum terpakai. Berhubung penasaran ingin mengetahui suara asli dari Afgan, akhirnya saya pun mengiyakan kembali ke JCC yang terakhir saya datangi saat menyaksikan launching Kompas TV pada 2011.

*       *       *
Konsernya sendiri berlangsung sekitar pukul 20.00 WIB. Oh ya, selain Erwin Gutawa, juga ada dua diva yang berkolaborasi dengan Afgan. Kebetulan, bagi saya, mereka sudah tidak asing lagi karena sering menyaksikannya di layar televisi: Rossa dan Sherina.

Ternyata, adagium lawas yang berbunyi "tak kenal maka tak sayang" berlaku untuk saya. Itu karena setelah nyaris tiga jam duduk manis di tribune B, saya harus mengakui bahwa Afgan memang layak disebut salah satu musisi berbakat di negeri ini.

Sebab, pria yang kerap memakai kacamata itu seperti memiliki aura yang kuat di atas panggung. Afgan sama sekali tidak canggung untuk berdialog dengan ribuan penonton meski itu pada konser tunggal perdananya. Apalagi, olah vokalnya tergolong ok mirip Chris Cornel yang merupakan pentolan Soundgarden dan Audioslave. Bahkan, hit legendaris "Bunga Terakhir" yang diciptakan Bebi Romeo sukses dilantunkan Afgan dengan sermpurna.

Selain faktor sang penyanyi, yang membuat saya terkesan selama menyaksikan konser ini adalah tata cahayanya yang sangat luar biasa. Mungkin, sorotan lampu berwarna-warni itu yang membuat Afgan seperti memiliki karisma lebih di hadapan penonton.

Yang pasti, konser "Dua Hati" ini seperti membuka mata saya sendiri. Bahwa, ketenaran Afgan selama ini bukan hanya faktor keunggulan fisiknya saja. Melainkan juga berdasarkan suaranya yang memiliki aura kuat.*


*       *       *
Tata cahaya yang memesona

*       *       *
Desain panggung yang minimalis tapi keren

*       *       *
Kolaborasi dengan Erwin Guatawa Orkestra

*       *       *
Ribuan penonton yang didominasi kaum hawa dengan mayoritas remaja

*       *       *

*       *       *
Sebelumnya:
Titiek Puspa dan Riwayat Panjang Kupu-kupu Malam
Yon Koeswoyo yang Tak Pernah Tua
Di Balik Panggung Mahakarya HUT RCTI ke-25
Grand Launching Kompas TV
Antara Kahitna dan JKT 48 di Haiday 2013

*       *       *

- Cikini, 15 Februari 2015

32 komentar:

  1. wooooooow kereeen mas Hudaaaaaa

    BalasHapus
  2. diamon memang selalu bikin dompet menangis.
    pasti keren banget ni, saya penggemar erwin gutawa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya justru penggemar anaknya (gita gutawa)
      hehehehehehe :)

      Hapus
  3. Weis... keren, MasChoirul, nonton konser Afgan. Penontonnya pasti heboh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwkwkw

      ini pengalaman pertama saya nonton konser Afgan dan solois cowok :)
      berasa gimana gitu...
      tapi keren juga sih

      Hapus
  4. OMG, nonton konsernya? gratisan lagi, beruntungnyaaaa, tapi emang konsernya bagus ya, liat dari foto-fotonya Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi hi hi
      tiket gratisan :)

      kalo foto, itu dipotret pake ponsel, jadi agak ngeblur
      soalnya, baterai kamera poket keburu habis pas jepret acara slalom daihatsu...

      Hapus
  5. Senangnya bisa nonton konser gratis:D Kalau saya suka Afgan karena suaranya mirip Josh Groban di telinga saya.

    Kalau ada konser afgan lagi, mau nonton lagi, Mas Huda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Kalau ada konser afgan lagi, mau nonton lagi, Mas Huda?"

      kalo gratis sih kayaknya mau (tergantung waktu)
      tapi, kalo bayar ya ogah :)
      heheheheheh

      Hapus
  6. liat foto ini langsung jatuh cinta sama afgan.. hahaha ganteng banget yak ciptaan Allah yang satu inii :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa siiiih?
      perasaan Afgan biasa aja deh? (ya iyalah, secara saya kan cowok, masa' suka sama cowok juga ^_^)

      suaranya oke juga mbak, selama ini kan saya dengernya di televisi, jadi pas nyaksiin langsung ya lumayan...

      Hapus
  7. Aku kurang suka Afgan, mendingan Freddie Mercury atau Kurt Cobain aja deh hihihi
    btw priviledge banget bisa dapat kesempatan ini ya, Mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. buset...
      Mercury & Cobain mah udah jadul banget bu ;)

      iya, kebetulan ada teman dari media yang nawarin,
      akhirnya disikat juga heheheh

      Hapus
  8. Saya malah ketawa baca tulisan -no afgan- wkwk

    Saya termasuk orang yang males nonton konser, tapi sih kalo gratis lain cerita yaah hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dari kaskus :)
      h ihi hi

      kita sama-sama PPG dong (para pencari gratisan)

      Hapus
  9. kalo denger nama penyanyi yang satu ini aku koq malah keingetan lapak kaskus -_- ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuh kan, ada yang mendukung tulisan saya tentang no afgan :)
      hi hi hi

      no afgan, bro sis...

      Hapus
  10. Waa.. Enak banget bisa nonton konser gratis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiiiiih

      meski awalnya ga tertarik, tapi mumpung malam minggu waktunya bebas, ya akhirnya ikutan juga :)

      Hapus
  11. Hari ini ada Afgan di acara Sunsilk. Aku mau dateng hihu huhi ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh...

      baru tahu infonya :)
      oh ya, afgan kan jadi brand ambassador sunsilk (sampo wanita) ya mbak.

      Hapus
  12. Balasan
    1. no afgan ya bro n sis, harga ini udah murah (kaskus mode on)
      wkkwkwkwkwk

      Hapus
  13. Widiiih beruntungnya bisa nonton ya. Gak sangka muka Rambo member Afganista eh, Afganism maksudnya **Maaf becanda he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkkwkwkw

      kan gretongan, jadi coba2 nonton
      tapi bagus juga aksi afgan mas :)
      *promosi

      Hapus
  14. Saya juga suka Afgan
    Tapi samaaaa, mikir juga kalau harus beli tiket konser
    Huuu sayang yaaa gak tahu ada kuisnya biar dapat gratisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan kuis mbak, tapi dikasih :)
      hehehehhehe

      kalo kuis saya malah ga tahu
      ini mah gretongan dari temen...

      Hapus
  15. hwaaaaa.. aku nonton di tribun A mas huhuhuh.. keceeeee bgt ya Prince Charming kuhh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya di tribune G (gratisan)
      hi hi hi

      ntar kalo ada lagi, minta ya tiketnya :)

      Hapus
  16. Waaah rame dan seru ya acaranya ...keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, rame :)
      rata2 yang nonton wanita semua
      hehehe

      saya jadi agak terasing deh

      Hapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)