TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Berkat Fun Blogging, Ngeblog Makin Asyik

Google Adsense 2016

Tentang Juventus dan Liga Champions

Tentang Juventus dan Liga Champions
Road to Cardiff: Langkah Si Nyonya Besar untuk Bertakhta Dimulai

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Sabtu, 11 Februari 2017

Berkat Fun Blogging, Ngeblog Makin Asyik


Tiga Dara Blogger dalam suatu acara pada awal Ramadan 2016 (Foto: @roelly87)


"Dunia di bawah langit setelah suatu masa yang terpecah-pecah
akan kembali bersatu.
Dan, setelah masa persatuan akan kembali terpisah.
Ini adalah hukum alam yang tidak dapat dihindari."

DEMIKIAN, prolog dari novel Kisah Tiga Negara (Romance of the Three Kingdoms) atau Sanguo Yanyi yang dikenal di Indonesia sebagai Sam Kok (bahasa Hokkian) yang sering saya baca sejak kecil.

Banyak kisah menarik dari novel yang saking tebalnya kerap saya dijadikan alas tidur tersebut. Berkat novel itu, saya jadi lebih mengenal kisah klasik negeri Cina seperti Sun Go Kong (perjalanan ke Barat), Batas Air, hingga... Jing Ping Mei!

Memasuki pertengahan 1990-an, saya kian mengenal novel modern dari negeri tirai bambu. Mulai dari Kembalinya Pendekar Pemanah Rajawali karangan Jin Yong yang juga ngehit filmnya di Tanah Air dengan Yuni Shara melantunkan lagu pembuka dan Tiga Dara Pendekar (Liang Yusheng).

Secara tidak langsung, kisah mereka memengaruhi gaya penulisan saya, baik dalam pekerjaan atau sebagai blogger.

*        *        *
KEMARIN, Jumat (10/2) saya genap 25 bulan bergabung di komunitas Fun Blogging. Tepatnya, sejak mengikuti workshop di Gedung Cyber, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (10/1/2015). Keikutsertaan dengan komunitas yang digawangi Ani Berta, Haya Aliya Zaki, dan Shintaries Nijerinda Mirantaura ini jadi titik tolak saya dalam ngeblog.

Ngeblog? Yupz, sebenarnya saya kenal blog sejak 2009 silam. Itu terjadi ketika saya masih bertugas di pedalaman Sumatera. Ya, awalnya iseng-iseng sambil mengerjakan laporan ke kantor sekaligus browsing internet setelah bosan main Point Blank dan Poker.

Hanya, saat itu tidak sesering sekarang. Sebab, pulsanya lumayan mahal karena memakai data satelit yang harganya wow Maklum, di pedalaman yang hanya berjarak beberapa kilometer dari gunung tertinggi di Sumatera itu, akses internet sulit. Apalagi, delapan tahun silam, internet tidak seperti sekarang. Begitu juga dengan telekomunikasi hanya menggunakan satu-satunya operator yang identik dengan logo kuning.

Setelah punya akun di berbagai platform, termasuk blog keroyokan, saya jadi lebih sering mengisinya dengan berbagai artikel reportase, opini, dan fiksi. Lumayan sering hingga saya berkenalan dengan beberapa blogger senior. Mulai dari Hazmi Srondol, Dian Kelana, Iskandar Zulkarnaen, Ani, Christie Damayanti, dan sebagainya.

Pada pengujung 2014, saya mulai intens dalam ngeblog. Tepatnya, dengan membuat akun di blogger.com dengan domain blogspot.com sambil sesekali mengisi di blog keroyokan. Sampai menjelang pergantian tahun, Ani mengajak untuk gabung ke Fun Blogging.

Sejak saat itu, saya jadi mengerti tentang dunia blog dan sisi lainnya. Banyak yang saya petik dari Ani, Haya, dan Shintaries di komunitas tersebut. Mulai dari segi penulisan blog yang tidak kaku, tips menang lomba, mendapat ilmu dari beberapa blogger senior di grup tersebut, hingga untuk kali pertama bisa jalan-jalan ke luar kota.

Yupz, tanpa Fun Blogging, mungkin blog ini isinya hanya sepak bola dan olahraga seperti yang saya isi pada awal-awal ngeblog.

*        *        *
ADAGIUM lawas mengatakan, 25 tahun merupakan satu generasi. Nah, bagaimana dengan 25 bulan? Tentu, hanya seumur jagung. Meski singkat, tapi banyak yang bisa dipetik dalam periode tersebut. Pepatah di masa lampau mengatakan, sekali jadi guru, seumur hidup tetaplah guru.

Bagi saya, mereka merupakan mentor dalam ngeblog. Secara langsung atau tidak langsung, apa yang disampaikan ketiganya jadi masukan untuk saya dalam mengisi aktivitas yang mengasyikkan ini di sela-sela padatnya pekerjaan.

Kendati 12 Oktober mendatang, saya dan mereka tidak bisa merayakan HUT keempat Fun Blogging. Ya, bagaimana pun, tiada perjamuan yang tak berakhir. Ada pertemuan tentu, ada perpisahan.

Namun, saya percaya, selama gunung masih menghijau, kita tidak akan pernah takut kehabisan kayu bakar.

*        *        *
Artikel Terkait Fun Blogging
- Kota Roma Tidak Dibangun dalam Semalam
Tentang 11 Januari
- Tiga Dara Blogger
Tips Ngeblog Asyik: Jalin Hubungan Baik dengan Komunitas Blogger (I)
Tips Ngeblog Asyik: Pentingnya Mengisi Daftar Hadir
Konten Kreatif Jadi Kunci Utama Ngeblog
- Ngeblog Antara Hobi dan Mendatangkan Profit

*        *        *
- Jakarta, 11 Februari 2017

13 komentar:

  1. Saya juga bergabung di funblogging, tapi saya kurang memanfaatkan funblogging ini, palingan cuma mention2 di Twitter :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mas.
      kalo saya interaksi dengan mereka di fb juga .

      Hapus
  2. Sambil sesekali mengisi di blog kroyokan itu maksudnya web diisi banyak kontributor ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, tapi udah lama vakum nih, sibuk kerjaan sih #eeaaaa

      Hapus
  3. "Namun, saya percaya, selama gunung masih menghijau, kita tidak akan pernah takut kehabisan kayu bakar" kan sekarang pakai kompor gas mas hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi hi hi
      pista bisa aja :)

      btw kita sama2 alumni fb 3 yaaaa

      Hapus
  4. seruuu banget kelihatannya mas :(

    BalasHapus
  5. susah banget ngebangkitin semangat ngeblog. hheheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, saya juga kadang kesulitan update blog karena harus cari waktu setelah pulang kerja :)

      Hapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)