TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Antara Presiden Jokowi, Asian Games 2018, Blogger, dan Tantangan Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan
PLBN Entikong

Senin, 28 Mei 2018

Antara Presiden Jokowi, Asian Games 2018, Blogger, dan Tantangan Menghadapi Revolusi Industri 4.0


Presiden Jokowi diserbu masyarakat untuk melakukan selfie atau foto bersama
(Klik untuk perbesar gambar atau geser untuk melihat foto lainnya)


ASIAN Games 2018 tinggal hitungan hari. Tepatnya dengan pembukaan pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang. Jelang pesta olahraga antarnegara Asia itu, seluruh elemen di negeri ini bersatu untuk mensukseskannya.

Bisa dipahami mengingat pemerintah menargetkan 4S pada Asian Games 2018. Itu meliputi sukses prestasi, penyelenggaraan, ekonomi, dan administrasi. Sejak hitung mundur setahun lalu pada 18 Agustus 2017 hingga kini, geliat Asian Games 2018 kian bergema ke seluruh pelosok nusantara. Bahkan, hingga ke tingkat kantor Kelurahan yang menyebar ke Rukun Warga dan Rukun Tetangga.

Usaha untuk menggelorakan semangat Asian Games 2018 juga dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam catatan saya, pria asal Solo ini rutin untuk menggiatkan visi dan misi Indonesia sebagai tuan rumah yang sukses hajatan akbar kedua di kolong langit setelah Olimpiade ini.

Teranyar, diperlihatkan Jokowi dengan menggandeng berbagai perwakilan dari generasi muda dalam buka bersama (bukber), Pada acara yang berlangsung di Paradigma Cafe, Jalan Pegangsaan Barat, Jakarta Pusat, Rabu (23/5) itu turut dihadiri blogger, komunitas, pegiat media sosial dan CEO serta perwakilan dari perusahaan ternama di Tanah Air.

Misalnya, Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia Airlangga Hartarto yang juga menjabat sebagai Menteri Perindustrian (Menperin) sebagai pembicara dalam event bertema Masa Depan & Konsep Indonesia 4.0.

Termasuk, kami berenam dari Indonesia Social Blogpreneur (Komunitas ISB). Itu meliputi Ani BertaRiri RestianiAgatha Mey NirbanawatiThurneysen Simanjuntak, dan Titis Ayuningsih. Yupz suatu kebanggaan bagi saya bisa ikut serta dalam komunitas yang 17 Mei lalu genap dua tahun ini.

Apalagi menghadiri bukber dengan Jokowi. Sebelumnya, saya memang kerap meliput aktivitas presiden yang berkaitan dengan olahraga. Namun, untuk ramadan, khususnya bukber, baru kali ini.

"Yang hadir di sini merupakan sosok yang visioner. Namun, jangan lupa, saya ingatkan kepada saudara, meski visioner harus disertai dengan Pancasila," ujar Jokowi dalam sambutannya di hadapan ratusan hadirin.

Ayah dari Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep ini menjabarkan terkait revolusi industri 4.0 yang akan memberikan dampak perubahan kecepatan hampir 3.000 kali dibanding revolusi industri pertama. Itu berdasarkan kalkulasi McKinsey Global Institute terkait dampak perubahan dalam industri.

"Artinya, betapa cepatnya perubahan," presiden, menjelaskan sambil bercerita pengalamannya ke Sillicon Valley, Amerika Serikat (AS), pada 2016.

"Saya masuk ke markas Google, Twitter, dan Facebook. Terus terang, saya kaget betapa dunia berubah dengan cepat. Ketika berada di markas Facebook, saya main pingpong menggunakan kaca mata sebagai virtual reality." lanjut Jokowi yang disambut antusias.

Tak lupa, presiden turut menyoroti tentang uang elektronik sebagai metode pembayaran yang beredar di masyarakat seperti gopay, e-money, dan tokocash. Menurutnya, itu harus diikuti dengan kebijakan yang mendukung.

"Sebab, apa pun itu kalau tidak (didukung), kita akan susah untuk menghadapi industri 4.0," kata Jokowi, optimistis.

Presiden Ketujuh Republik Indonesia ini turut mengingatkan, tidak hanya kepada kami yang hadir saja, melainkan seluruh rakyat di nusantara lainnya. Supaya, kita siap untuk menghadapi berbagai perubahan tersebut.

"Ini dalam kesempatan yang baik (ramadan), saya ingin mengingatkan kepada semua. Perubahan ini juga melanda berbagai negara. Meski, adakalanya kebijakan pemerintah terlambat. Namun, tidak hanya kita saja, melainkan negara lain tergagap menghadapi industri 4.0. Jadi kita harus siap," Jokowi, menjelaskan.

Pernyataan mantan Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Solo ini beralasan. Kapan pun, tentu kita harus siap menghadapi berbagai tantangan, termasuk revolusi industri 4.0.

"Mari semuanya bersatu dalam menghadapi ini. Jangan sampai di dalam kita saling bertengkar. Namun, jika berkompetisi secara sehat, itu yang harus dikembangkan. Dibanding dengan bertengkar yang akan membuat energi kita habis," tutur Jokowi, diplomatis.

Pernyataan senada diungkapkan Airlangga. Sosok yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar itu berharap, acara ini memiliki dampak positif yang besar demi melanjutkan ide Presiden Jokowi dengan tema Making Indonesia 4.0.

"Sosialisasi ini akan berlanjut. Saat ini pengenalan langsung dari pak presiden kepada pelaku muda dalam ekosistem Indonesia 4.0. Sebab, yang hadir di sini terdiri dari berbagai tokoh muda terdepan," ucap Airlangga, yang optimistis, Indonesia bisa mewujudkan 4S pada Asian Games 2018.

Yuppiii, saya setuju dengan itu. Sebagai bagian dari rakyat Indonesia, sudah saatnya bahu membahu untuk berkarya demi menghadapi revolusi industri 4,0 sesuai kapasitas masing-masing.

Misalnya, saya sebagai blogger, dengan menulis yang positif terkait perkembangan Tanah Air. Sekaligus turut memerangi hoax yang bisa memecah-belah bangsa. Saya, Anda, kalian, dan semuanya, pasti bisa!***

*         *         *
Puluhan blogger, komunitas,  dan jurnalis mengabadikan kedatangan
Presiden Jokowi 

*         *         *
Presiden Jokowi didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan
segenap menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu

*         *         *
Presiden Jokowi tampak sporty dengan jaket Asian Games 2018

*         *         *
Presiden Jokowi dan Menperin Airlangga melepas sepatu sebelum berwudu
untuk salat magrib berjamaah

*         *         *
Kejarlah Presiden Jokowi, kan kuajak selfie 

*         *         *
Jaket Asian Games 2018 juga turut dibagikan Presiden Jokowi kepada hadirin
yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar

*         *         *
Yeeeeeeeeeee, Komunitas ISB sudah dua tahun! Met Milad

*         *         *
Mimin Komunitas ISB ikut selpih dengan pak pol yang baik hati

*         *         *
Reuni dengan  travel blogger Terry Endropoetro setelah kali terakhir bertemu pada
22-25 April lalu bersama rombongan Kementerian Sekretariat Kabinet
meninjau Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong
*         *         *
Artikel Terkait Presiden Jokowi
- Sisi Lain Indonesia Masters 2018
- Count Down Asian Games 2018
- Di Balik Final Piala Presiden 2017
- Presiden dan Kepala BNN Kompak

- https://www.topskor.id/detail/69223/Tinjau-Wisma-Atlet-Presiden-Jokowi-Alhamdulillah-Sudah-999
- https://www.topskor.id/detail/67875/Resmikan-Lapangan-Tenis-GBK-Presiden-Jokowi-Ini-yang-Ketujuh
- https://www.topskor.id/detail/69287/Presiden-Jokowi-Tegaskan-Kelancaran-Wisma-Atlet-GBK

*         *         *
- Jakarta, 28 Mei 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan obat kuat, virus, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik.

Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)