TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Puasa Nyaman Bersama Betadine Obat Kumur

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan
PLBN Entikong

Rabu, 23 Mei 2018

Puasa Nyaman Bersama Betadine Obat Kumur


Betadine Obat Kumur baik digunakan usai santap sahur dan sebelum tidur



RAMADAN merupakan bulan yang paling ditunggu umat muslim di seluruh dunia. Sebab, dari 12 bulan -penanggalan hijriah- hanya Ramadan, yang diwajibkan untuk berpuasa. Sementara, untuk berbagai bulan lainnya bisa dibilang sunah. Misalnya, puasa Syaban, Syawal, hingga Muharram.

Untuk Ramadan 1439 Hijriah ini memasuk hari ketujuh, Rabu (23/5). Puasa tahun ini dimulai serentak pada Kamis (17/5). Nah, puasa itu merupakan kesempatan beristirahat bagi tubuh, khususnya alat pencernaan dan memperbaiki proses regenerasi saluran pencernaan.

Namun, puasa juga memberikan risiko dehidrasi yang menyebabkan kering dan turunnya daya tahan tubuh kita. Sehingga, mudah terkena risiko infeksi kuman pada rongga mulut seperti sakit tenggorokan dan sariawan.

Untuk mencegah infeksi tenggorokan saat puasa, penting untuk memperhatikan pilihan makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka serta rutin melakukan kebiasaan gargle atau berkumur. Itu dilakukan saat sahur dan sebelum tidur.

Fakta itu yang saya ketahui usai mengikuti diskusi kesehatan yang diselenggarakan Betadine Indonesia di Beranda Kitchen, Kebayoran, Jakarta Selatan, Senin (21/5). Dalam acara bertema "Jaga Kesehatan Saat Puasa dengan Menghindari Makanan Pemicu Sakit Tenggorokan dan Biasakan Gargle" ini memberi pencerahan bagi saya.

Bisa dipahami mengingat saya baru tahu mengenai khasiat Povidone-Iodine dalam mengembalikan kadar flora normal di tenggorokan. Itu setelah saya mendapat informasi dari dua narasumber kompeten. Yaitu, Educator dan Trainer Mundipharma Indonesia Mery Sulastri dan Fiastuti Witjaksono (Ketua Departmen Ilmu Gizi RSCM FKUI).

"Pada saat puasa, tubuh kita tidak diisi dengan nutrisi selama hampir 14 jam. Nah, ketika berbuka atau sahur, tubuh membutuhkan penyesuaian kembali dengan apa yang masuk ke dalam tubuh. Begitu juga dengan tenggorokan, untuk mencegah infeksi, pilihlah makanan dan minuman yang sesuai dengan suhu tubuh normal manusia, yaitu 37 derajat celcius," kata Fiastuti di hadapan puluhan blogger dan media.

Dalam kesempatan itu, wanita asal Yogyakarta ini membeberkan fakta yang membuat saya terhenyak. Itu karena makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin bisa memicu reaksi stress pada mukosa tenggorokan sehingga kuman lebih mudah masuk. Fiastuti juga berpesan kepada kami untuk menghindari makanan berminyak seperti gorengan karena dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

Nah, ini yang kerap jadi dilema, Pasalnya, ketika berbuka, gorengan -kecuali saat tugas di luar- selalu tersedia. Bahkan, buka rasanya kurang pas jika tanpa gehu, bala-bala, mendoan, dan gorengan sejenis. Mendengar penuturan Fiastuti memberi pencerahan bagi saya. Untuk saat ini memang belum bisa menyetop kegemaran untuk mengkonsumsi gorengan. Namun, setidaknya saya bisa menguranginya.

Terkait minuman panas atau dingin, ya 11-12, Itu karena saat azan magrib berkumandang, yang saya lakukan kali pertama ya menyeruput teh manis, beberapa butir kurma, dan... gorengan! Usai diselingi magrib, biasanya dilanjutkan dengan kolak atau cemilan lain dan gorengan (lagi). Setelah tarawih, baru makanan yang berat-berat seperti nasi.

Beruntung, berkat menghadiri diskusi tersebut, saya jadi paham. Khususnya,untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Misalnya, sakit tenggorokan, sariawan, gusi bengkak, dan bau nafas tak sedap.

Salah satunya dengan menggunakan Betadine Obat Kumur yang dapat digunakan 2-5 kali sehari saat perawatan kesehatan rongga mulut. Bisa dipahami mengingat Betadine Obat Kumur merupakan antiseptik dengan kandungan Povidone-Iodone 1%.

"Povidone-Iodone 1% merupakan zat antimikroba yang memiliki manfaat untuk menjaga kebersihan daerah mulut dan tidak menimbulkan resistensi serta sudah terbukti secara klinis dapat membunuh kuman seperti bakteri, jamur, atau virus di area mulut dan tenggorokan secara efektif." Merry, menjelaskan.

Berdasarkan riset, Povidone-Iodine 1% telah aman digunakan pada rongga mulut dan daerah tenggorokan karena memiliki spectrum yang luas. Ini membantu mempercepat penyembuhan luka infeksi di rongga mulut dan membantu menghentikan pendarahan.

"Kami menganjurkan pada masyarakat untuk gargle atau berkumur selama 30 detik menggunakan cairan antiseptik Povidone-Iodone seperti Betadine Obat Kumur yang terbukti dapat mengembalikan kadar flora normal dalam 120 menit. Selama ramadan, masyarakat direkomendasikan untuk gargle dua kali sehari, yaitu saat sahur setelah selesai makan dan sebelum tidur," kata Merry, memberi analisis.

Bagi saya pribadi, pemaparan dari dua narasumber ini sangat menarik. Sebab, seumur-umur saya belum pernah menggunakan obat kumur. Biasanya, untuk membersihkan rongga mulut, saya hanya menggosok gigi disertai pembersih lidah usai santap sahur dan jelang magrib.

Namun, berkat diskusi ini membuat saya lebih peka lagi terhadap kesehatan rongga mulut, khususnya dalam menghadapi Ramadan dengan menggunakan obat kumur.***


*         *         *
Ketua Departement Ilmu Gizi RSCM FKUI Fiastuti Witjaksono membeberkan
makanan dan minuman yang harus dihindari saat puasa

*         *         *
Educator & Trainer Mundipharma Indonesia Mery Sulastri berbagi tips untuk
menjaga kesehatan tenggorokan selama puasa

*         *         *
Yeeeee, nge-game sejenak sambil menunggu buka puasa

*         *         *
Ini bukan sembarang games, melainkan seperti puzzle terkait nutrisi saat sahur,
berbuka, dan setelah tarawih

*         *         *
Sebagai penggemar sepak bola, saya baru tahu ternyata Betadine merupakan
sponsor Manchester City yang baru saja juara Liga Primer Inggris 2017/18

*         *         *
- Jakarta, 23 Mei 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan obat kuat, virus, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik.

Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)