TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: BCA Terima Penghargaan MURI atas Gerakan Berbagi Buku untuk Indonesia

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan
PLBN Entikong

Jumat, 16 November 2018

BCA Terima Penghargaan MURI atas Gerakan Berbagi Buku untuk Indonesia


Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja didampingi Direktur BCA Santoso
secara simbolis membagikan buku kepada salah satu muris SD dalam
penutupan program #BukuUntukIndonesia
(Klik untuk perbesar gambar dan geser untuk melihat foto lainnya)


BUKU merupakan sumber ilmu. Jendela yang bisa membawa pembacanya keliling dunia.

Saya pribadi merupakan penggemar buku. Sejak kanak-kanak hingga kini, setiap bepergian, satu atau dua buku serta koran dan majalah selalu ada di tas. Kendati, perkembangan teknologi membuat membaca secara fisik terganti lewat digital seperti internet, situs online, dan ebook.

Namun, harum khas ketika membolak-balikkan halaman yang berisi lembaran kertas itu yang bagi saya sangat tak tergantikan. Setidaknya hingga lebih dari seperempat abad ini.

Sayangnya, tidak semua orang bisa beruntung membaca buku setiap harinya. Terutama, bagi saudara-saudara kita di pelosok Tanah Air. Maklum, akses untuk distribusi buku masih terbatas.

Meski begitu, seperti kata pepatah, banyak jalan menuju kota Roma. Demikian dengan distribusi buku yang kepada masyarakat di pelosok seperti yang dilakukan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) lewat gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia.

Apa yang dilakukan bank terbesar di Tanah Air ini tentunya membuat banyak pihak kagum. Termasuk, saya yang terharu dengan inisiatif BCA. Bisa dipahami mengingat perusahaan yang bermarkas di Menara BCA Grand Indonesia, Jalan Muhammad Husni Thamrin No 1, Jakarta Pusat, ini sukses mengumpulkan donasi sebesar Rp 2.452.287.951.

Untuk nilai total dana yang disalurkan Rp 2.553.000.000 yang telah dikonversi jadi 43.734 buku untuk didistribusikan ke 111 sekolah pada 60 area di Indonesia. Salah satunya pada Sekolah Dasar Negeri Taktakan 2, Kota Serang, Provinsi Banten.

"Kami sangat terbantu dengan donasi buku yang dilakukan BCA. Dukungan mereka membuat perpustakaan di sekolah jadi penuh dengan buku," kata Kepala Sekolah Dasar Negeri Taktakan 2 Icih Sukaesih saat berbincang dengan saya di Menara BCA, Rabu (14/11) jelang dimulainya seremoni #PenutupanBukuUntukIndonesia.

"Alhamdulillah, sudah kami terima dengan baik. Ini sangat bagus bagi para murid yang sangat antusias untuk membaca. Kami sangat berterima kasih dengan inisiatif BCA sehingga kini di perpustakaan banyak buku yang bermanfaat bagi murid."

Pernyataan Icih beralasan. Gerakan Buku untuk Indonesia ini menegaskan komitmen BCA demi menumbuhkan kembali semangat membaca di berbagai pelosok Indonesia. Bahkan, inisiatif tersebut diganjar Museum Rekor Indonesia (MURI). Yaitu, sebagai Pendonasi Buku Terbanyak di Indonesia.

"Demi memastikan gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia tepat sasaran, kami bekerja sama dengan banyak pihak. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pelaksanaan gerakan berbagi ini," ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja saat membuka acara.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Direktur BCA Santoso, Executive Vice President Corporate Social Responsibility BCA Inge Setiawati, Executive Vice President Transaction Banking Business Development BCA Mira Wibowo, dan Senior Vice President Marketing Communication BCA Norisa Saifuddin

Selain itu, juga tampil dua nara sumber terkait #BukuUntukIndonesia. Yaitu, Ketua MURI Jaya Suprana, Duta Baca Indonesia 2011-2015 Andy F. Noya, termasuk perwakilan dari Blibli.com dan Metro TV sebagai mitra BCA, serta perwakilan sekolah dan murid yang terkait.

"Kami sangat menyadari bagaimana buku menjadi sangat berharga di pelosok yang kesulitan akses. BCA bersyukur bisa berkontribusi menyalurkan buku yang kami harapkan dapat menjadi salah satu penumpang untuk membawa mimpi bagi anak bangsa kita," Jahja, menambahkan.

Sejak 15 Maret 2017 hingga 21 Februari lalu, gerakan #BukuUntukIndonesia ini mengajak seluruh lapisan masyarakat di Tanah Air untuk ambil bagian. Dengan cara memilih paket berbagi yang tersedia.

Kemudian, dana yang terkumpul melalui gerakan ini akan dikonversi jadi buku untuk disalurkan pada 60 area di seluruh nusantara. Antara lain, Aceh dan Lampung yang mewakili Sumatera, Garut dan Solo (Jawa), Singkawang (Kalimantan), Makassar dan Manado (Sulawesi), dan Kupang (Nusa Tenggara).

Sebagai bentuk apresiasi, BCA menyediakan kaos kebaikan yang dipersembahkan kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam gerakan ini lewat website
https://bukuuntukindonesia.bca.co.id.

"Demi menciptakan bangsa yang cerdas, akses terhadap buku harus dibuka seluas-luasnya. Termasuk, pada era digitalisasi ketika teknologi sudah merambah hingga ke pelosok negeri. Anak bangsa perlu diimbangi dengan penyediaan buku-buku yang berkualitas. Sekaligus, untuk mendidik tunas-tunas bangsa yang kelak akan mewarisi negara ini," ucap Jahja, dengan nada bergetar.

"Terima kasih kepada masyarakat dan nasabah yang telah menjadi bagian dari gerakan #BukuUntukIndonesia yang ikut menciptakan perubahan di Tanah Air. Semoga aksi berbagi ini dapat berkontribusi positif membawa mimpi bagi anak bangsa demi masa depan yang lebih baik."

Inisiatif BCA itu mendapat apresiasi dari MURI. Jaya yang memberikan piagam penghargaan kepada Jahja turut memberi pesan. Menurutnya, apa yang dilakukan BCA ini bisa jadi tren bagi perusahaan lain. Terutama demi menyalurkan buku ke pelosok Tanah Air demi meningkatkan minat keterbacaan anak-anak.

"Semoga apa yang dilakukan BCA diikuti perusahaan lainnya. Ini bagus untuk meningkatkan minat baca anak-anak, khususnya di pelosok," Jaya, menjelaskan.

Bahkan, Andy sangat memuji upaya BCA. Sebab, menurutnya dengan mendonasikan buku, akan membuat anak-anak giat membaca ketimbang memberikan gadget.

"Bagi kita yang berada di ibu kota, menemukan buku tidak lah sulit. Namun, tidak dengan anak-anak di daerah, khususnya pelosok. Bagi mereka, buku merupakan sumber ilmu pengetahuan. Saya tahu ini karena sering berkunjung ke daerah," tutur Andy saat membagikan kisahnya.***

Tentang Buku Untuk Indonesia
Website: https://bukuuntukindonesia.bca.co.id
Twitter: https://twitter.com/BankBCA
Tagar: #BukuUntukIndonesia



*       *        *
Saya berbincang sejenak dengan Kepala Sekolah SDN Taktakan 2 Icih Sukaesih
dan empat muridnya terkait program #BukuUntukIndonesia

*       *        *
Icih Sukaesih mewakili SDN Taktakan 2 menerima penghargaan dari BCA

*       *        *
Direktur BCA Santoso secara simbolis menyerahkan buku kepada
siswa-siswi SD

*       *        *
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menerima penghargaan
dari Museum Rekor Indonesia yang diwakili sang ketua Jaya Suprana

*       *        *
Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatat BCA sebagai Pendonasi Buku
Terbanyak di Indonesia

*       *        *
Ketua MURI Jaya Suprana berharap apa yang dilakukan BCA diikuti
perusahaan lainnya demi meningkatkan minat baca anak-anak di pelosok

*       *        *
Senior Vice President Marketing Communication BCA Norisa Saefuddin
ikut memeriahkan penampilan Kelompok Teater Tanah Air 

*       *        *
Foto bersama rekan-rekan blogger, perwakilan Inke Maris Associates
Frieda Octavia, dan Andy F. Noya, seusai acara

*       *        *
- Jakarta, 16 November 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan obat kuat, virus, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik.

Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)