TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Hukumpedia, Situs Apa Sih?

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Selasa, 28 April 2015

Hukumpedia, Situs Apa Sih?

Hukumpedia, Situs Apa Sih?

HukumPedia.com


HUKUMPEDIA?
Itu situs apa sih?
Masih keluarga dengan HukumOnline ya?
Ribet ga cara daftarnya?
Bla... bla... bla...

Demikian respons yang saya dapat ketika membuat postingan berjudul "Belajar Mengerti Hukum bersama Hukumonline.com dan Hukumpedia.com". Berbagai reaksi saya terima seusai men-share artikel tersebut di media sosial. Ada yang bilang ini-itu, itu-ini, ini Budi, ini ibu Budi, dan sebagainya.

Ok, skip sebentar mengenai epilog tersebut. Di postingan ini saya ingin menjawab beberapa "keraguan" dari beberapa rekan -kerja, sesama blogger, dan lainnya- mengenai Hukumpedia. Oh ya, sekadar informasi, situsnya beralamat di www.hukumpedia.com.

Anda familiar?
Tidak?
Sama dong berarti!

Saya juga awalnya tidak ngeh dengan hukumpedia. Tahunya malah hukumonline yang memang sering lihat thread-nya di Kaskus sebagai salah satu kontributor yang aktif. Hingga, ketika ladang gandum menjadi cokelat akibat yang cowok ga peka dan yang cewek gengsi dan jadilah koko krunch pada suatu hari tepat di bulan yang identik dengan lagu Iwan Fals (22 Januari) saya mendaftar di hukumpedia.

Adalah salah satu penjaga gawangnya yang memiliki paras mirip Dr. Helen Cho di film The Avengers: Age of Ultron ini mengenalkan saya dengan situs yang dikelola PT Justika Siar Publika (JSP). Bahkan, saya sampai mencoba memposting dua artikel lawas yang beralamat di www.hukumpedia.com/roelly87.

Setelah itu, saya sempat vakum beberapa saat sampai akhirnya mengikuti mini gathering bersama belasan blogger berkat undangan dari rekan Ani Berta di markas Hukumpedia pada 21 April lalu. Dalam acara tersebut, seperti yang saya tulis pada postingan sebelumnya, terdapat diskusi antara kami, belasan blogger dengan tiga penjaga gawang Juventus Hukumpedia.

Sejak itu, saya jadi lebih paham mengenai Hukumpedia. Minimal, untuk membuat postingan ini.

*       *       *
Jika pada postingan pertama saya mengulas tentang bagaimana bergabung di Hukumpedia. Untuk tulisan kali ini, mungkin saya akan membeberkan lebih dalam mengenai situs yang akan merayakan hari jadinya ketujuh pada 30 April mendatang.

Menurut saya, salah satu kelebihan Hukumpedia selain statistiknya yang lumayan komplet adalah terintegrasi dengan Hukumonline. Wajar, mengingat keduanya berada dalam satu perusahaan yang sama. Di Hukumpedia, anggota dapat mendiskusikan atau membahas soal hukum dengan bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti. Kenapa? Karena hukum adalah kita!

Alias, kita, sebagai warga negara pasti bersinggungan dengan hukum. Maka, Hukumpedia menjadi semacam wadah untuk berinteraksi membahas persoalan yang mayoritas bertema hukum. Terlebih, konten yang kita buat tidak perlu dimoderasi admin. Dengan catatan, artikelnya orisinal dan tidak menyinggung SARA.

Selain tulisan, anggota juga dapat memposting gambar seperti foto atau yang sedang hit saat ini: Meme. Begitu juga dengan video, audio, dan sebagainya.

Oh ya, pada postingan sebelumnya, saya menyebut beberapa keuntungan bergabung dengan Hukumpedia. Beberapa di antaranya mendapat reputasi, lencana, hingga merchandise! Lalu, apakah cuma itu saja? Tentu tidak.

Ternyata, menurut admin Hukumpedia, mereka akan menjaring anggota yang aktif sebagai penasihat di berbagai konten. Untuk mencapainya, memang tidak mudah. Sebab, user harus membuat lebih dari 100 artikel berkualitas.

Yang menggiurkan, ada imbalan dari pihak Hukumpedia. Yaitu, user yang sudah masuk tahap expert ada kemungkinan diikutsertakan dalam berbagai event atau seminar yang diadakan Hukumonline.

Tentu, ini sangat menarik. Mengingat dalam seminar yang kerap mengundang berbagai tokoh yang kompeten di bidangnya ini, harga tiketnya lumayan mahal yang mencapai jutaan rupiah.

Jadi, apakah Anda sama seperti saya, tertarik untuk berinteraksi di Hukumpedia?

*       *       *
Artikel sebelumnya:
*       *       *

- Cikini, 28 April 2015

12 komentar:

  1. Semoga Hukumpedia mampu menjawab keresahan masyarakat dalam bidang hukum. Ganbatte....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mas, di forward ne ke mas-mbak adminnya :)

      Hapus
  2. Semacam komunitas penyadaran hukum ya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga sih mas, tapi seperti jurnalis warga gitu
      lebih lengkapnya di:

      http://www.hukumpedia.com/page/tentang-kami :)

      Hapus
  3. reward yang diberikan menarik ya, jadi kita bisa menimba ilmu dari tamu-tamu yang datang diundang oleh hukumpedia

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya menarik mbak :)

      kalo topiknya tepat, saya juga mau ikut lagi...

      Hapus
  4. di hukumpedia siapapun boleh menuliskan artikel, mengirim foto/gambar, audio, video, mengenai apapun yang bernafas hukum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mbak admin :)

      terima kasih informasinya...

      Hapus
    2. wah saya baru tahu ttg ini, makasih infonya mas

      Hapus
    3. sama2 ijaah...

      kalo ada waktu luang, bisa buka2 hukumpedia & hukumonline buat tambah referensi ;)

      Hapus
  5. Aku berasa keren kalau lagi berselancar dan nulis di hukumpedia, seolah olah aku ini lawyer wkwkwkkwkw :))
    Mantap deh hukumpedia bisa kolaborasi sama awam ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho ho ho

      ibu emang cocok jadi lawyer
      supel, pergaulan luas, dan smart :)

      Hapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)