TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Lebih Dekat dengan Inke Maris & Associates

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan
PLBN Entikong

Sabtu, 21 Desember 2019

Lebih Dekat dengan Inke Maris & Associates





MENDENGAR kata Inke Maris, ingatan saya langsung terbayang pada sosok penyiar sekaligus reporter Televisi Republik Indonesia (TVRI). Sebagai, bagian dairi generasi 1990-an, tentu saya sangat hafal dengan berbagai program tv pelat merah tersebut. Termasuk, Dunia Dalam Berita yang kerap dibawakan Inke.

Wanita kelahiran di Bogor
, Jawa Barat7 Desember 1950 ini identik dengan jurnalistik. Tepatnya, berkaitan dengan media. Sebelum di TVRI, bahkan Inke ini mengawali karier profesionalnya di British Broadcasting Corporation (BBC) pada 1969-1982koresponden Sinar Harapan 1976-1982, dan TVRI 1982-2001.

Dikutip dari 100 Great Women: Suara Perempuan yang Menginspirasi Dunia, sosok yang bernama asli Nyi Raden Maria Dinariati Natanegara ini berkecimpung di dunia jurnalistik lebih dari 30 tahun! Dalam periode itu, Inke sudah mewawancarai 400 tokoh dunia Mulai dari Perdana Menteri Inggris Margareth Tatcher, Pemimpin Palestina Yasser Arafat, Presiden Filipina Fidel Ramos, dan banyak lagi.

Disela-sela kesibukannya itu, Inke berinisiatif untuk membentuk Inke Maris & Associates (IM&A atau IMA) bersama suami dan adik-adiknya Yaitu, jasa konsultasi bagi instansi pemerintah atau swasta hingga perusahaan IM&A tercatat sebagai pelopor atau pionir bisnis di bidang industri jasa Public Relations (PR) 

Bisa dipahami, lebih dari tiga dekade silam itu, berbagai perusahaan di Tanah Air masih asing dengan PR. Inke yang saat itu menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) itu pun jadi wanita Indonesia pertama yang mempelopori usaha jasa PR. Sejak 1986 hingga kini, mungkin sudah ratusan klien yang dimiliki IM&A.

Mereka terdiri dari berbagai sektor. Mulai dari pemerintahan seperti kementerian atau instansi, perbankan, digital, kesehatanevent management, dan lainnya. Itu diungkapkan Director/ Senior Consultant IM&A Lawrence Tjandra dalam acara Media & Blogger Gathering di Relung Kopi, Jumat (20/12).

Kebetulan
, saya tidak asing dengan IM&A. Sebab, sebagai blogger, saya sudah puluhan kali menghadiri event yang didukung IM&A. Tepatnya, sejak tiga tahun silam berkat informasi dari rekan blogger, Lidya Fitrian untuk menghadiri gathering BCA Indonesia Open 2016. Sejak saat itu, saya jadi lebih mengenal IM&A dan beberapa sosok di balik layarnya. Terutama, Frieda Oktavia yang menjabat sebagai Government & Community Outreach Specialist.

Sebagai catatan, BCA (Bank Central Asia) jadi salah satu klien terlama dari IM&A. Itu berlangsung sejak 2012 hingga kini. Berkat IM&A pula, saya jadi lebih mengenal dekat dengan bank swasta terbesar di Tanah Air tersebut. Pasalnya, BCA kerap menyelenggarakan atau mensponsori event di Indonesia dengan banyak hal.

Misalnya, olahraga lewat bulu tangkis, kesenian (wayang), budaya (batik), pendidikan, seminar, teknologi, dan sebagainya. Kebetulan, sebagai penggemar olahraga, saya tak asing dengan bulu tangkis. Apalagi, Indonesia Open yang dalam satu dekade terakhir disponsori BCA, tepatnya Grup BCA. Mulai dari Djarum pada 2009-2013, BCA 2014-2017, dan Blibli 2018-sekarang.

Gathering yang diselenggarakan IM&A bersama media dan blogger ini memang rutin setiap akhir tahun. Termasuk pada 2018 di kawasan Kuningan sambil menyaksikan Aquaman. Untuk tahun ini temanya friendship & diversity. Sebagai blogger, tentu saya senang bisa bertemu dengan rekan-rekan lainnya sambil bersilaturahmi dengan berbagai sosok di balik layar IM&A.

Harapan saya, IM&A terus jadi yang terdepan dalam industri PR di Tanah Air.

*         *         *

*         *         *

*         *         *

*         *         *

*         *         *


Referensi:
www.inkemaris.com

- entrepreneur.bisnis.com/read/20161130/240/607654/inke-maris-raih-penghargaan-pr-of-the-year-2016
topskor.id/detail/77284/Absen-di-Indonesia-Open-2018-BCA-Tetap-Dukung-Penuh-Kegiatan-Olahraga-di-Tanah-Air
100 Great Women: Suara Perempuan yang Menginspirasi Dunia

*         *         *
- Jakarta, 21 Desember 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan obat kuat, virus, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik.

Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)