TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Lebih Dekat dengan GrabHealth

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan
PLBN Entikong

Kamis, 12 Desember 2019

Lebih Dekat dengan GrabHealth



Peluncuran GrabHealth powered by Good Doctor yang dilakukan perwakilan
Grab, Good Doctor, Kemenkes, Kominfo, dan IDI
(Klik untuk perbesar foto atau geser untuk melihat gambar lainnya)


KEMAJUAN teknologi kian memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya, di bidang transportasi, baik langsung ke lokasi atau menuju stasiun, terminal, bandara, dan sebagainya.

Kini, cukup pesan kendaraan lewat aplikasi. Pun demikian jika ingin makan tapi terkendala waktu akibat kesibukan di rumah atau kantor. Tinggal buka telepon seluler (ponsel) untuk memesan via aplikasi.

Kemudahan dalam satu genggaman itu tidak hanya untuk memesan kendaraan untuk antar dan jemput atau makanan saja
. Melainkan, juga aspek lain. Misalnya, kirim barang, surat, beli tiket, hingga bayar tagihan seperti listrik, internet, tv langganan, dan BPJS. Itu semua ada pada Grab Indonesia. Yaitu, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara.

Nah, kini bertambah lagi layanan dari Grab. Tepatnya, pada sektor kesehatan yang bekerja sama dengan Good Doctor Technology Indonesia. Kebetulan, saya jadi saksi dalam peluncuran yang berlangsung di Ruang Stovia, Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (10/12). 

Ya
, Grab dan Good Doctor resmi merilis GrabHealth. Kolaborasi mereka menghasilkan platform layanan kesehatan digital yang diharapkan dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. 

Sekaligus, mempromosikan gaya hidup sehat dan memperkuat upaya penceahan melalui konsultasi dokter secara online. Selain itu, kita juga bisa untuk membeli obat dan produk kesehatan, buat janji medis, hingga mendapat tips terkait kesehatan.

Semua itu itu bisa didapat pada aplikasi Grab. Di dalamnya, ada tambahan layanan kesehatan yang bsia diakses secara gratis hingga berbayar. Kebetulan, saya sudah mencobanya bersama puluhan rekan blogger dan media dalam peluncuran tersebut.

Menurut saya pribadi, layanan ini sangat inovatif. Apalagi, kita bisa mengaksesnya secara real time sepanjang 24 jam! Jelas, ini sangat berguna. Tidak hanya ketika kita sakit. Melainkan saat sehat untuk mengantisipasi jika ada gejala sakit tertentu.

Pasalnya, ada rujukan dari tim dokter di platform tersebut yang bisa kita ikuti. Baik itu sekada beli obat generik di warung, apotek resmi yang berjumlah lebih dari 300 di Tanah Air, hingga ke rumah sakit.

Apa yang disediakan GrabHealth powered by Good Doctor ini jadi bagian dalam program pemerintah untuk memberikan solusi layanan kesehatan lengkap serta mudah diakses untuk setiap keluarga di Indonesia
.

"Kami percaya, setiap orang berhak memiliki akses ke layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. Ini jadi upaya pertama kami untuk memberikan layanan kesehatan secara online," kata Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dalam sesi diskusi dengan blogger dan media.

"Didukung dengan jangkauan yang luas di seluruh wilayah Indonesia dan pemahaman mendalam mengenai pasar dalam negeri, kami harap GrabHealth powered by Good Doctor dapat menjadi solusi yang layak untuk memperluas aksesbilitas layanan kesehatan berkualitas. Sehingga, dapat meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan komunitas yang kami layani di seluruh Tanah Air."

Pernyataan dari alumni Universitas Padjadjaran ini beralasan. Sebab, salah satu prioritas layanan kesehatan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional adalah untuk mengimplementasikan Program Indonesia Sehat dengan fokus Pendekatan Keluarga berdasarkan 12 indikator utama keluarga sehat. Pada Juli 2019, Indeks Keluarga Sehat (IKS) di Indonesia 0,18 atau 18 persen. Itu berarti, sebagian besar keluarga Indonesia masih tergolong tidak hidup sehat. 

Tantangan lain yang masih ada saat ini terkait distribusi tenaga profesional kesehatan yang tidak merata di Tanah Air karena hanya ada 12 provinsi yang memiliki rasio sehat 1
:2.500. Itu mengapa, GrabHealth powered by Good Doctor ini mendapat apresiasi dan dukungan dari pemerintah.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang diwakili Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Agus Hadian Rahim, mengatakan, "Kami menyadari, pada era digital sekarang, inovasi terkait layanan kesehatan memang harus terus dilakukan dan ditingkatkan untuk membangun ekosistem digital bidang kesehatan. Kementerian Kesehatan sangat menyambut baik inovasi ini."

Komentar senada diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate yang diwakili Plt. Direktur Ekonomi Digital Nyoman Adhiarna "Sekarang ini, segala aspek kehidupan berkaitan dengan teknologi. GrabHealth powered by Good Doctor ini diharapkan membuka akses masyarakat terhadpa layanan dan informasi akurat yang disampaikan langsung dari para pakar kesehatan, yaitu, dokter lewat aplikasi," tutur Adhiarna.

Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M
. Faqih pun optimistis, kolaborasi Grab dengan Good Doctor ini sangat memberikan manfaat bagi masyarakat di Tanah Air "Sebelumnya, kami juga sudah bekerja sama dengan Good Doctor. Yaitu, untuk menghadirkan aktivitas penelitian berbasis 'real world evidence' yang bertujuan membantu praktisi kesehatan dalam mengembangkan rencana aksi yang efektif dalam langkah-langkah preventif dan promotif," Faqih, menambahkan.

Di sisi lain, Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia Adhiatma Gunawan mengungkapkan, kerja sama dengan Grab karena mempunyai misi dan visi yang sama. "Good Doctor Indonesia memiliki visi untuk menyediakan 'Satu Dokter untuk Satu Keluarga di Indonesia'. Kolaborasi dengan Grab memungkinkan kami untuk menyediakan akses ke dokter dan spesialis bagi seluruh keluarga di Tanah Air," ucap Adhiatma

Yupz
, sebagai blogger sekaligus bagian dari 200 juta lebih rakyat Indonesia serta pengguna aplikasi Grab, tentu, saya sangat senang menyambut kehadiran GrabHealth powered by Good Doctor ini. 

Pasalnya, saya bisa mencari informasi terkait kesehatan hanya dalam genggaman. Pada era teknologi seperti sekarang, kemudahan akses jadi yang utama. Dengan GrabHealth powered by Good Doctor ini juga bisa membuat saya mengantisipasi jika ada gejala sakit.

Saya sudah merasakan manfaatnyaBagaimana, dengan Anda?


*       *       *
Museum Kebangkitan Nasional jadi saksi peluncuran GrabHealth powered
by Good Doctor pada 10 Desember lalu

*       *       *
Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dalam sesi tanya jawab

*       *       *
Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia berbagi
info terkait persebaran tenaga medis di Tanah Air

*       *       *
Sesi diskusi yang melibatkan blogger dan jurnalis demi meningkatkan kualitas
kesehatan di Tanah Air

*       *       *
Antusiasme blogger dan jurnalis dalam meliput peluncuran GrabHealth
powered by Good Doctor di Ruang Stovia yang merupakan sekolah
kedokteran untuk pribumi pada zaman kolonialisme

*       *       *
Rekan blogger Nunik Utama Ambarsari mencoba layanan GrabHealth
powered by Good Doctor pada layar interaktif

*       *       *
Layanan kesehatan GrabHealth powered
by Good Doctor ini sudah bisa diakses
pada aplikasi Grab!

*       *       *

- Jakarta, 12 Desember 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan obat kuat, virus, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik.

Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)