TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: KukuBima Ener-G! Kampanyekan Ayo Selamatkan Citarum

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan
PLBN Entikong

Rabu, 21 Februari 2018

KukuBima Ener-G! Kampanyekan Ayo Selamatkan Citarum


Direktur PT Sido Muncul, striker Persija Jakarta Marko Simic, dan pemain
serta ofisial dari lima klub ikut sesi foto bersama dalam kampanye
"Ayo, Selamatkan Citarum".
Klik untuk perbesar foto dan geser untuk melihat gambar lainnya


SIANG itu, matahari terlihat malu-malu. Langit-langit di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, tampak gelap. Saya pun bersiap mengenakan jas hujan untuk membelah ibu kota usai meliput rapat koordinasi Panitia Nasional Penyelenggara Asian Games XVIII/2018 (INASGOC) yang dipimpin Wakil Presiden Jusuf Kalla dan kementerian terkait di Wisma Serbaguna, Senayan.

Tepatnya, menuju Pondok Indah Golf Course, Jakarta Selatan, Senin (19/2) untuk reportase acara yang diselenggarakan PT Sido Muncul - KukuBima Ener-G! Terbukti, baru sampai kawasan Pakubuwono, sang dewi hujan sudah mencurahkan air dari langit.

Beruntung, dengan melewati padatnya ibu kota, akhirnya saya tiba sebelum acara dimulai. Tampak, beberapa manajemen PT Sido Muncul - Kuku Bima Energi, pesepak bola, manajer, jurnalis, dan blogger.

Ya, kehadiran saya pada event bertema "Ayo Selamatkan Citarum" ini berkat undangan dua blogger bersaudara, Eva Sri Rahayu dan Evi Sri Rejeki.

Ini kali pertama saya bertemu dengan "si kembar" itu sejak mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Teroris pada 2016 lalu (artikel sebelumnya: http://www.roelly87.com/2016/07/duta-damai-dunia-maya-bnpt-2016.html).

Dari kejauhan, tampak sosok yang tidak asing bagi saya. Terutama setelah dua hari sebelumnya, saya menyaksikannya sangat semringah mengangkat trofi (artikel sebelumnya: http://www.roelly87.com/2017/03/di-balik-final-piala-presiden-2017.html).

Ya... Marko Simic! Pemain yang mengantarkan Persija Jakarta juara Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Bali United 3-0 pada final yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (17/2).

*         *         *
"SEBAGAI perusahaan, kami berusaha untuk berkontribusi kepada Tanah Air. Itu bisa dilakukan pada sektor apa saja, baik itu sepak bola atau lingkungan," tutur Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat dalam bincang-bincang kepada kami usai acara.

Sangat menarik mendengar ceritanya. Terutama, bagaimana PT Sido Muncul sebagai perusahaan terlibat untuk menjaga lingkungan. Bahkan, mereka sangat aktif dengan mengkampanyekan penyelamatan Sungai Citarum.

Tidak tanggung-tanggung, PT Sido Muncul bakal membuat iklan Kuku Bima Energi dengan versi "Ayo Selamatkan Citarum" bersama pesepak bola terbaik di negeri ini.

Yupz, dalam acara tersebut, juga berlangsung MOU dengan kelima klub elite Indonesia, yaitu Persija, Bali United, Sriwijaya FC, PSIS Semarang, dan PSM Makassar. Sebagai penggemar sepak bola, jelas saya bangga dengan partisipasi PT Sido Muncul lewat brand Kuku Bima Energi.

"Semoga dengan kerja sama ini bisa memotivasi kelima klub itu untuk mengukir prestasi dan mengharumkan Indonesia di kancah internasional. Apalagi, sebentar lagi berlangsung Asian Games 2018 dengan Indonesia sebagai tuan rumah. Kita berharap, Indonesia bisa juara," Irwan, mengungkapkan.

Menjadi sponsor dari salah satu klub itu tidaklah mudah. Namun, PT Sido Muncul justru mensponsori lima tim sekaligus! Itu membuktikan keseriusan perusahaan yang bermarkas di Semarang, Jawa Tengah ini terhadap perkembangan sepak bola nasional.

"Sepak bola merupakan olahraga paling populer di Indonesia. Demi mendukung perkembangan dunia sepak bola di Tanah Air, PT Sido Muncul melalui Kuku Bima Energi berpartisipasi kepada lima klub. Pada Liga 1 2018 nanti, logo Kuku Bima Energi akan menghiasi jersey Persija, Bali United, Sriwijaya FC, PSIS, dan PSM," kata Irwan, optimistis.

Dalam MOU tersebut, turut hadir perwakilan dari kelima tim tersebut. Persija dengan Simic dan COO Rafil Perdana, Bali United (Demerson Costa dan CEO Yabes Tanuri), Sriwijaya (Hamka Hamzah dan sekretaris klub Faisal Mursyid), PSIS (Gilang Ginarsa dan manajer Dimas Aribowo), dan PSM (Hasim Kipuw dan sekretaris klub Widya Syadzwina).

*         *         *
MENURUTNYA, olahraga, khususnya sepak bola tidak bisa dipisahkan dengan lingkungan. Fakta itu yang mendorong PT Sido Muncul untuk aktif mengkampanyekan kelestarian alam. Apalagi, mereka didukung penuh dari Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal Doni Monardo untuk sosialisasi di lapangan.

"Panjang Sungai Citarum mencapai 300 kilometer. Ironisnya, keadaan di sungai itu tercemar akibat limbah. Baik itu rumah tangga maupun industri yang membuat warna air sungai jadi cokelat kehitaman. Ini jelas sangat mengkhawatirkan," lanjut Irwan.

Pernyataan tersebut beralasan. Sungai Citarum memiliki fungsi yang sangat vital dan bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya, sebagai sumber air minum bagi masyarakat dalam jangka panjang.

Itu mengapa, PT Sido Muncul berinisiatif mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga Sungai Citarum. Termasuk, membuat iklan dengan menggandeng beberapa pemain yang klubnya mereka sponsori.

Yupz, PT Sido Muncul lewat Kuku Bima Energi sudah memulai misi untuk menyelamatkan Sungai Citarum. Selanjutnya, giliran kita, sebagai masyarakat ikut menjaganya!

*         *         *
Marco... Simic!

*         *         *
Narsis sejenak setelah dua hari sebelumnya menyaksikan kehebatan Simic di
final Piala Presiden 2018

*         *         *
Foto bersama Irwan dan manajemen PT Sido Muncul dengan  perwakilan
lima klub usai penandatanganan kerja sama 

*         *         *
Logo Kuku Bima Energi akan menghiasi jersey Persija Jakarta, Bali United,
Sriwijaya FC, PSIS Semarang, dan PSM Makassar sepanjang Liga 1 2018

*         *         *
Simic membubuhkan tanda tangan didampingi Irwan

*         *         *
Ayo, Selamatkan Citarum!

*         *         *
Diskusi hangat kami, blogger dengan Irwan terkait lingkungan dan sepak bola 

*         *         *
Liputan saya di Harian TopSkor edisi Selasa, 20 Februari 2018

*         *         **         *         *
*         *         **         *         *
*         *         **         *         *

*         *         **         *         *
*         *         **         *         *
*         *         **         *         *
- Jakarta, 21 Februari 2018

3 komentar:

  1. wah, mulia sekali Kuku Bima
    sebagai warga Semarang, kami bangga dengan perusahaan Sido Muncul yang komit dengan lingkungan

    BalasHapus
  2. Mari kita selamatkan Citarum bersama-sama, Kang :)

    BalasHapus
  3. Salut dengankomitmen Kuku Bima
    Itu Simic aslinya keren abis ya gan. hehehe

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan obat kuat, virus, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik.

Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)