TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Daftar Peralatan Olahraga Renang yang Wajib Kita Punya

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Minggu, 12 Juni 2016

Daftar Peralatan Olahraga Renang yang Wajib Kita Punya





HARI ini memasuki sepekan puasa. Bagaimana ibadah ramadan kalian? Lancar? Semoga belum jebol ya.

Salah satu kegiatan untuk mengisi aktivitas ramadan selain ibadah (salat, tadarus, salawat), juga dengan berolahraga. Ya, seperti kata pepatah, "Di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat". Itu mengapa, saya sering mengisi waktu ramadan untuk olahraga. Baik seusai salat subuh atau pas ngabuburit (menjelang buka).

Nah, memasuki pertengahan tahun, biasanya merupakan puncak kemarau bagi negara yang terletak di garis khatulistiwa. Khususnya, Jakarta sebagai ibukota, yang puanasnya nuampoll pake buanget! Untuk itu, saya kerap berolahraga di air, alias berenang. Ya, bisa di mana saja, baik di kolam renang umum, air terjun, atau bahkan laut (snorkeling serta diving).

Oh ya, sekadar info. Ternyata, renang saat puasa bagi yang muslim itu diperbolehkan. Dengan syarat, airnya tidak ikutan masuk ke dalam tubuh. Kalo kata ustad di rumah saya sih, seperti wudu, misalnya kumur-kumur airnya ketelan ya tetap saja batal. He he he.

Kebetulan, di dekat rumah saya ada kolam renang umum. Cukup bayar sekian rupiah, bisa berenang bebas seharian.  Maklum, renang merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi bagi saya yang bekerja di media olahraga. Selain dapat memaksimalkan kebugaran tubuh dan meningkatkan kualitas kesehatan, olahraga ini juga bisa dilakukan sebagai hobi atau aktivitas fisik bagi semua orang.

Bisa dipahami mengingat renang dapat dilakukan semua kalangan dan tak terbatas usia, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lanjut usia. Biasanya, kami -saya dengan keluarga atau rekan kantor- memaksimalkan aktivitas ini dengan memakai berbagai perlengkapan dan peralatannya. Sebab, itu bakal membuat kegiatan berenang jadi lebih seru, aman, dan nyaman.

Sekadar info, berikut ini daftar peralatan olahraga renang yang wajib kita punya.

1. Pakaian atau baju renang

Olahraga air ini harus dilakukan dengan pakaian yang tepat. Baju biasa seperti kaos dan celana pendek bukanlah jenis pakaian yang cocok untuk dikenakan ketika renang. Oleh karena itu, gunakanlah pakaian atau baju khusus renang yang tepat dan berkualitas agar aktivitas terasa lebih nyaman.

Biasanya, pria hanya menggunakan celana renang. Sementara, untuk wanita, ada banyak pilihan baju renang khusus dengan desain yang unik dan beragam. Oh ya, ada juga baju renang untuk wanita yang berhijab seperti yang kerap dipakai beberapa rekan kantor saya. Intinya, semua pilihan ada di tangan kita.

2. Kacamata renang

Ini bukan untuk gaya-gayaan, melainkan bermanfaat demi mencegah iritasi atau mata perih karena terkena air di kolam renang, sungai, atau laut. Terlebih, kacamata renang juga sangat membantu kita untuk melihat dengan jelas, misalnya di kolam. Alhasil, aktivitas renang kita jadi lebih menyenangkan.

Bahkan, kini tersedia kacamata renang minus jika kita memiliki masalah dengan penglihatan. Yang pasti, sesuaikanlah kacamata renang yang akan kita gunakan berdasarkan kebutuhan dan pastikan memiliki kualitas terbaik agar air tidak mudah masuk ke mata.

3. Penutup kepala

Penutup kepala masuk ke dalam salah satu daftar peralatan olahraga yang perlu dipakai ketika renang untuk melindungi rambut dari risiko kerusakan yang disebabkan air yang mungkin kualitasnya kurang baik. Selain itu, penutup kepala juga dipakai agar aktivitas renang terasa lebih nyaman dan tidak terganggu dengan rambut yang terurai.

Biasanya, penutup kelapa untuk renang terbuat dari karet yang elastis sehingga ukurannya dapat menyesuaikan bentuk kepala deladengan baik. Namun, pastikanlah penutup kepala yang Anda gunakan memiliki kualitas terbaik hingga kita tidak terasa sakit ketika dipakai.

4. Alat bantu renang

Bagi Anda yang belum mahir berenang -ho ho ho, saya mahir sih, dikiiit- atau masih dalam proses belajar, memiliki alat bantu renang sangat penting utnuk memperlancar proses belajar. Berdasarkan pengalaman dan referensi yang saya dapat, berikut beberapa alat bantu renang yang perlu disiapkan.

- Papan Pelampung
Pelampung berbentuk papan ini cocok dipakai untuk pemula yang baru belajar meluncur di dalam koma renang dan efektif menjaga keseimbangan. Papan pelampung juga bisa dipakai untuk melatih gerakan kaki sesuai gaya renang yang dipelajari penggunanya. Kecuali, gaya batu ya...

- Pull boy
Alat ini digunakan untuk melatih renang gaya kupu-kupu untuk pemula. Dulu, waktu saya belajar renang menggunakan pull boy yang membuat kaki bisa terangkat ke atas hingga jika konsisten melakukannya bisa membuat kita mahir.

- Ban atau pelampung
Digunakan utnuk bermain bagi anak-anak hingga dewasa. Tersedia dalam berbagai bentuk yang bervariasi. Kalau saya sih suka yang bentuknya angsa atau bebek-bebekan, menarik gitu.

Demikian beberapa daftar peralatan olahraga renang yang wajib kita miliki untuk menunjang kegiatan olahraga di air agar lebih optimal. Semua alat dan kebutuhan itu sangatlah penting dan memiliki fungsi yang beragam. Jadi, pastikan jenis alat yang disiapkan sesuai kebutuhan kita, sehingga kegiatan renang dapat berjalan lancar.

Apabila kebutuhan alat renang disediakan secara lengkap dan aktivitas renang berjalan lancar, otomatis berbagai manfaat bisa didapatkan. Ya, tubuh yang bugar dan berstamina dapat kita miliki karena melakukan olahraga renang secara konsisten dan berkala dengan alat-alat olahraga yang tepat.

Yuk ah, pagi ini atau sore kita berenang biar kita tetap segar dan bugar saat berpuasa.

*        *        *

*        *        *

*        *        *

*        *        *

*        *        *

*        *        *

*        *        *
- Jakarta, 12 Juni 2016

17 komentar:

  1. Berenang bikin bubar dan senang
    Apalagi lengkap alat renang
    Betapa hati riang

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mbak, yang penting jangan ketelan airnya kalao puasa dan harus punya perlengkapannya agar berenang lebih maksimal :)

      Hapus
    2. Iya takut batal
      Jadi harus maksimal
      Supaya tak ada sesal

      :)

      Hapus
    3. yongkru :)
      setuju mbak...

      Hapus
  2. Balasan
    1. sama mas, saya juga senang renang dan nyebur apalagi pas puasa bikin seger :)

      Hapus
  3. Ak suka renang tapi takut

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu, gunanya peralatan olahraga renang untuk bikin kita aman dan nyaman selama di air :)

      Hapus
  4. wah mas saya kalo renang uda angkat tangan deh.bisanya gaya batu...alias tenggelem huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. gaya batu?
      sama dunkkkk :)

      hehehe, intinya ya suka nyelem juga kan mbak

      Hapus
  5. Suka renang tapi belum pernah snorkling :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo snorkling saya juga baru dua kali di pulau pari sama bunaken :)
      *pengen diving kapan2...

      Hapus
  6. Benar gak mas renang itu adalah olahraga yang tidak mengeluarkan keringat ? memang sangat asik dilakukan saat puasa tapi takutnya air kolam tersebut masuk ke dalam tubuh secara tidak sengaja dan menyebabkan puasa kita batal

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya sih kalo kata ahli medis yang saya baca di beberapa media, renang tetep ngeluarin keringat, cuma emang ketutup sama air, secara kita kan melakukannya di kolam renang yang berisi air :)

      kalo puasa yang penting jangan diminum, sama kayak wudu aja mas hehehe

      Hapus
  7. Aku nggak bisa renang.Tetapi ngapung sih bisa.Atau berenang dari ujung ke ujung tapi berhenti sampai tiga kali karena renangnya pakai gaya ngapung doang sambil gerak gerakin kaki.Hehhe...Baru tau ada alat namanya pull boy.Bentuknya seperti apa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih mending gaya ngapung mbak, daripada saya gaya batu alias nyemplung aja wkwkwkwk :)

      ntar saya cari foto2nya kayaknya dulu ada pull boy...

      Hapus
  8. penutup kepala yg belum punya

    BalasHapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)