TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Di Balik Kesuksesan JNE dalam Melayani Masyarakat

Serial Catatan Harian Ojol

Serial Catatan Harian Ojol
Serial Catatan Harian Ojol

Senin, 17 Juni 2024

Di Balik Kesuksesan JNE dalam Melayani Masyarakat


Di Balik Kesuksesan JNE dalam Melayani Masyarakat

Maskot JNE
(Foto: Dokumentasi pribadi)


TIGA puluh tiga (33) tahun bukanlah waktu yang sebentar. Dalam periode itu, Indonesia sudah dipimpin enam presiden berbeda.

Manis, pahit, asam, asin, dan berbagai rasa sudah dialami pada lebih dari empat windu tersebut. Pasang dan surut juga jadi santapan sehari-hari.

Mulai dari krisis moneter, inflasi, hingga pandemi Covid 19. Namun, semua itu bisa dilewati dengan sukses.

Tidak banyak perusahaan yang mampu bertahan lebih dari tiga dekade. Apalagi, di bidang pengiriman barang atau dokumen.

Salah satunya, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE. Perusahaan ekspedisi yang bermarkas di Tomang Raya, Jakarta Barat ini berdiri pada 26 November 1990.

Sejak saat itu, JNE sukses mewarnai pasar ekspedisi di Tanah Air. Itu meliputi kirim barang atau dokumen dengan jangkauan area distribusi sangat lengkap.

83.000 kota, termasuk kabupaten, desa, hingga pulau terluar. Pun dengan gerai penjualan lebih dari 8.000 titik.

Jumlah karyawannya saja lebih dari 50.000!

Tak heran jika JNE jadi pilihan utama masyarakat saat melakukan pengiriman barang atau dokumen. Termasuk saya yang tidak asing dengan perusahaan yang memiliki maskot Joni, kurir pria identik dengan topi merah-putih.

Ya, saya memang kerap menggunakan jasa JNE dalam pengiriman barang atau dokumen. Maklum, gerainya tersebar luas di penjuru Tanah Air.

Dekat rumah saya pun ada beberapa. Jadi, kalo mau kirim barang atau dokumen sangat mudah.

Termasuk, jika membeli sesuatu dari olshop (online shop) atau E-commerce. JNE jadi pilihan utama dalam menentukan ekspedisinya.

Itu sudah saya lakukan sejak awal dekade 2010-an. Tepatnya, saat E-commerce mulai jadi pilihan utama masyarakat dalam berbelanja.

Kebetulan saya pernah menulisnya 10 tahun silam saat belanja di salah satu E-Commerce (https://www.roelly87.com/2014/11/pengalaman-belanja-di-lazadacoid.html).


*       *       *


PERUBAHAN itu pasti. Adagium mencatat, kita harus mengikuti arus ketimbang bertaruh keadaan untuk meladeni derasnya air bah.

Demikian dalam hidup ini. Adaptasi adalah kunci.

Itu yang dilakukan JNE dalam menghadapi perkembangan zaman. Mereka berusaha untuk adaptif dan solutif untuk menjangkau masyarakat luas.

Khususnya, di tengan kemajuan teknologi dan kehadiran perusahaan sejenis. Saya sangat mengapresiasi peran manajemen dalam membesarkan JNE yang kini menjelma sebagai merek generik di masyarakat.

Sebab, jika ingin mengirim barang, yang terpatri di hati publik kerap menyebut, "Kirim via JNE saja". Baik itu secara personal, perusahaan, hingga transaksi lewat belanja online di E-Commerce.

Sederhana tapi perusahaan ekspedisi lain tidak bisa.

Ya, JNE rutin melakukan inovasi dalam pendekatan kepada masyarakat. Dimulai sejak 1995 dengan memperkenalkan sistem drop point atau agen pengiriman.

Ketika itu, JNE sukses memanfaatkan keberadaan warung telekomunikasi (wartel) untuk menerima atau melakukan pengiriman. Ini jadi cikal bakal Agen JNE yang seperti saya ulas pada paragraf di aras mencapai lebih dari 8.000 titik di penjuru Tanah Air.

Lima tahun berselang, seiring dengan tumbuhnya tren pemanfaatan internet, Agen JNE mampu membuka jam operasional hingga 24 jam untuk kota-kota besar.

10 tahun silam, JNE meluncurkan MY JNE. Yaitu, aplikasi serba guna berbasis android yang menyuguhkan beragam fitur untuk memudahkan masyarakat. 

Di aplikasi ini, kita bisa mengecek tarif kiriman, menelusuri posisi paket, lokasi konter terdekat, hingga tempat transaksi jual-beli antara penjual dan pembeli individual. Untuk aplikasi ini pernah saya ulas delapan tahun lalu (https://www.roelly87.com/2016/03/inovasi-jne-untuk-manjakan-pelanggan.html).

Teranyar, menyambut perayaan HUT ke 31, JNE meluncurkan Roket Indonesia pada 23 November 2021. Yaitu, layanan kurir instan berbasis aplikasi yang menggaransi estimasi pengantaran dalan waktu 1 jam. Saat ini, Roket Indonesia tersedia di 54 kota atau cabang JNE.

Yang menarik, dengan aplikasi ini, kita sebagai pelanggan tidak perlu mendatangi konter/gerai JNE untuk mengirim barang. Apalagi, pilihannya banyak meliputi instan alias langsung sampe, multi address (ke banyak alamat tujuan) dan sameday (garansi sampai di hari yang sama).

Tarifnya pun bukan lagi berdasarkan berat atau kilogram. Melainkan secara radius atau jarak kilometer seperti layanan ojek online (ojol).

Ini jadi inovasi yang menarik. JNE mampu jemput bola kepada pelanggan di mana pun dan kapan saja.

Apalagi, pembayarannya bervariasi. Bisa tunai, wallet, kartu kredit, hingga Qris.

Dengan nama besar JNE sejak puluhan tahun, Roket Indonesia sukses jadu andalan masyarakat dalam mengirimkan barang atau dokumen secara instan. 


*       *       *


MEMPERTAHANKAN lebih sulit dibanding saat meraihnya. Konsistensi merupakan faktor utama setiap perusahaan dalam menguasai pasar.

Itu yang saya lihat dalam kehidupan sehari-hari. Contoh gampang, di sepak bola. 

Yang sedang ramai saat ini, Piala Eropa 2024. Sepanjang sejarahnya, baru sekali ada tim yang sukses juara beruntun. Itu dilakukan Spanyol pada Piala Eropa 2008 dan 2012.

Untuk Piala Dunia, ada dua tim. Italia pada 1934 dan 1938 serta Brasil (1998 dan 2002). 

Dua tahun lalu, Prancis nyaris menyusul usai juara Piala Dunia 2018. Namun, langkah Kylian Mbappe dan kawan-kawa di final digagalkan Argentina.

Apa korelasinya dengan artikel ini?

Sebagai perusahaan ekspedisi terbesar di Tanah Air, tentu JNE tidak boleh berpuas diri dengan status pemimpin pasar. Manajemen wajib terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

Terlebih mengingat sebentar lagi mereka akan menyambut ultah yang ke-34. Saya berharap seluruh penggawa JNE dari level manajemen, kurir, hingga agen di berbagai penjuru Tanah Air untuk Gasss Terus Semangat Kreativitasnya!

Dengan penuh energi, semangat, maju, dan inovasi, JNE akan tetap jadi pilihan utama masyarakat.

Yuk, gas terus semangat kreativitasnya!


*       *       *

- Jakarta, 17 Juni 2024


*       *       *


Artikel terkait: 


- https://www.roelly87.com/2018/01/jne-loyalty-card-award-2018.html

- https://www.roelly87.com/2017/10/belanja-di-tokopedia-bayar-di-jne.html

- https://www.roelly87.com/2016/03/inovasi-jne-untuk-manjakan-pelanggan.html

- https://www.roelly87.com/2015/10/memetik-manfaat-dari-tokopedia-roadshow.html

- https://www.roelly87.com/2014/11/pengalaman-belanja-di-lazadacoid.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan obat kuat, virus, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik.

Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)