TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Pentingnya Vaksinasi di Tengah Pandemi

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan
PLBN Entikong

Selasa, 29 September 2020

Pentingnya Vaksinasi di Tengah Pandemi

 Pentingnya Vaksinasi di Tengah Pandemi


Rekomendasi dari Halodoc untuk
klinik dan rumah sakit
untuk vaksinasi di Jakarta
(Foto: Halodoc.com)



PANDEMI Covid 19 atau Koronavirus yang berlangsung sejak awal tahun mengubah banyak hal di muka bumi ini. Termasuk, yang melibatkan masyarakat di Tanah Air. Untungnya, pemerintah, baik pusat maupun daerah sudah sangat tanggap untuk mengatasi dan mengantisipasi wabah ke depannya dengan bergandengan pihak swasta.

Sejak Juni lalu, Indonesia memasuki New Normal. Alias, tatanan baru bagi masyarakat untuk beradaptasi dengan Covid 19. Seperti yang diungkapkan Presiden Joko Widodo terkait New Normal, agar seluruh warga bisa menjalankan aktivitas sehari-hari berdampingan dengan Koronavirus. Era ini akan berlangsung hingga ditemukan solusi atau obat untuk mengatasi Covid 19.

Meski di tengah pandemi, tentu kita tidak boleh terfokus pada Koronavirus saja. Melainkan juga, penyakit lainnya. Terutama, kini jelang musim hujan yang membuat ketahanan tubuh jadi rentan. Itu mengapa, kita, harus melakukan vaksinasi. Tujuannya, demi memperkuat sistem imun guna melawan segala jenis virus atau bakteri penyebab penyakit. 

Sebagai catatan, vaksinasi ini tidak pandang usia atau gender. Alias, setiap individu memang disarankan untuk melakukan. Baik itu anak-anak, dewasa, hingga manula. Khususnya, bagi anak dan manula yang kondisi tubuhnya tergolong rentan dibandingkan dengan orang dewasa. Alhasil, vaksin-vaksin yang umum seperti cacar air, hepatitis, flus, dan lainnya jadi rekomendasi.

Pada perkembangan zaman yang seiring dengan kemajuan teknologi, kita bisa dengan mudah mencari rumah sakit atau klinik untuk melakukan vaksinasi. Misalnya, dengan aplikasi Halodoc yang tersedia di berbagai platform smartphone. Baik itu via Google Play untuk ponsel pintar berbasis Android atau App Store. 

Halodoc merupakan startup aplikasi kesehatan. Kebetulan, saya sudah mengenalnya sejak 2018 lalu dan kian intens menggunakannya pada tahun ini. Tidak hanya terkait Koronavirus saja, melainkan juga penyakit lain. Saya biasa untuk konsultasi dengan dokter rekomendasi Halodoc secara online. Pun demikian saat mencari obat di berbagai apotek seperti yang saya dan keluarga lakukan setiap waktu.

Dengan Halodoc, kita ga perlu keluar rumah jika ingin konsultasi dengan dokter. Sebab, bisa dilakukan via chat atau video. Begitu juga untuk mendapatkan obat, cukup memesannya pada berbagai apotek ternama yang sudah bekerja sama dengan Halodoc untuk diantar langsung lewat ojek online di ibu kota dan seitarnya.

Nah, di Halodoc ini juga menyediakan rekomendasi  rumah sakit dan klinik untuk Vaksin Jakarta. Terdapat puluhan hasil yang bisa kita tuju. Misalnya, di ZAP Clinic yang menawarkan vaksinasi dengan berbagai kriteria. Mulai dari flu hingga meningitis.


Bagaimana dengan biayanya? Bagi saya pribadi, kesehatan dan keluarga merupakan yang paling utama dalam hidup. Itu berarti, tentu saya tidak terlalu mempersoalkan biaya. Toh, harganya tergolong kompetitif yang berkisar ratusan ribu. Tergantung, jenis layanan dan fasilitas yang kita tuju. 

Kebetulan, pada pandemi ini, saya belum melakukan vaksinasi. Namun, untuk antisipasi ke depan, saya sudah mencoba untuk mencari klinik atau rumah sakit yang dekat dengan rumah. Khususnya, sebagai rekomendasi jika ada di dalam keluarga atau kerabat yang memiliki anak berusia di bawah lima tahun. Maklum, saat ini, selain pandemi juga memasuki musim hujan. 

Nah, anak di bawah lima tahun ini memiliki risiko tinggi terkait komplikasi serius akibat flu. Itu mengapa, vaksin flu sangat dibutuhkan untuk memberikan pertahanan dalam tubuh demi mencegah komplikasi yang tak diinginkan. Sekaligus, mengurangi penyebaran flu ke orang lain. Bisa dipahami mengingat pemberian vaksin flu terbukti mengurangi terkena penyakit flu untuk anak. Demikian berdasarkan analisis Centers for Diseases Control and Prevention (CDC).

Baik untuk anak maupun dewasa, tentu vaksinasi harus rutin dilakukan. Alias, tidak seperti mitos yang beredar di masyarakat, bahwa vaksinasi flu cukup sekali dalam seumur hidup. Sebab, riset National Health Service UK menyatakan, vaksinasi flu dapat bekerja optimal ketika penyakit flu berlangsung.

Itu mengapa, vaksinasi flu merupakan cara terbaik untuk mencegah penyakit flu bagi setiap orang. Terutama, warga Jakarta yang sejak pertengahan bulan sudah diguyur hujan. Selain itu, kita juga bisa melakukan pencegahan flu secara mandiri. Misal, rutin mencuci tangan dan menjaga kebersihan tubuh. Selanjutnya, mengokonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin C, banyak minum air putih, dan istirahat yang cukup setiap harinya.


Berbagai pilihan di menu
Halodoc terkait konsultasi dan
rekomendasi dokter


Artikel sebelumnya:
- Bersama Halodoc Cegah Covid 19 secara Dini

*        *        *

- Jakarta, 29 September 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan obat kuat, virus, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik.

Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)