TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Kemenhub Pastikan Mudik 2019 Ini Asyik dan Lancar

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan
PLBN Entikong

Sabtu, 25 Mei 2019

Kemenhub Pastikan Mudik 2019 Ini Asyik dan Lancar



Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi asyik ngevlog soal mudik 2019
bersama rekan blogger dan vlogger
(Klik untuk perbesar foto atau geser untuk melihat gambar lainnya)



RAMADAN 1440 Hijriah sudah memasuki separuh waktu. Itu berarti, sebentar lagi Idul Fitri.

Di Tanah Air, momentum hari raya diikuti dengan mudik alias pulang ke kampung halaman. Baik itu menggunakan bus, kereta api, kapal laut, pesawat terbang, atau kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor.

Nah, mode transportasi apa yang akan dipilih tergantung dari keinginan masing-masing. Saya pribadi kalau mudik cenderung menggunakan kereta api. Tiketnya sudah dibeli sejak dua atau tiga bulan jelang Idul Fitri.

Bagi Anda, tentu tergantung pilihan untuk menggunakan mode transportasi menuju kampung halaman. Yang penting, kalau bisa jangan menggunakan sepeda motor.

Sebab, melelahkan mengingat sepeda motor bukan ditujukan untuk jarak jauh. Maksimal hanya dua jam perjalanan di dalam kota. Sementara, untuk mudik bisa lebih dari lima jam

Misalnya, saya yang ingin menuju Semarang, naik sepeda motor itu memang asyik. Karena bisa bebas berhenti sesuka hati. Entah itu untuk membeli makan pas buka puasa, sahur, ngopi-ngopi ganteng di pinggir jalan, atau oleh-oleh .

Namun, ya itu. Dengan sepeda motor, membuat mudik jadi lebih lelah. Sebab, kedua tangan harus stand by di atas stang. Pun demikian dengan kaki yang panas dan pegal.

Mata merah karena kena angin meski sudah memakai helm tertutup. Pundak ikut pegal karena harus duduk dengan tegak. Selain itu, pantat juga kerap keram akibat terlalu lama duduk.

Itu mengapa, mudik dengan sepeda motor tidak dianjurkan banyak pihak. Bahkan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau kepada calon pemudik untuk tidak menggunakan sepeda motor.

Boleh bawa sepeda motor kesayangannya, tapi dititip di bus yang sudah ditentukan. Kitanya, ya berada di dalam bus dengan tinggal duduk manis.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di hadapan puluhan vlogger dan blogger.

Kebetulan, saya jadi saksi acara inspiratif bertema Buka Puasa dan Ngobrol Bareng Menhub: Mudik Bareng Asyik dan Lancar yang berlangsung di Multivision Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (24/5).

Dalam kesempatan itu, Budi bahkan sukses memperlihatkan kepiawaiannya ngevlog bareng kami dan juga olah vokal.

Ya, disela-sela kesibukannya mengawasi berbagai proyek pemerintah terkait mudik 2019 ini, pria 62 tahun ini berusaha mendekatkan diri kepada masyarakat. Termasuk, kami, blogger dan vlogger yang diajak untuk diskusi terkait mudik.

"Untuk mudik 2019 ini, kami melakukan persiapan sejak selesai tahun lalu. Saat itu, kami langsung mengumpulkan stake holder untuk menghadapi mudik 2019 ini. Baik itu kepala daerah, kementerian terkait, dan juga pihak keamanan," kata Budi dalam sesi diskusi.

"Kami ingin memastikan, perjalanan masyarakat selama mudik lancar. Tidak kurang satu pun untuk menuju kampung halaman. Itu mengapa, saat ini infrastruktur lebih ditingkatkan. Pun demikian dengan mode transportasi yang beragam agar bisa dipilih masyarakat."

Dalam kesempatan itu, Budi juga memastikan penyandang disabilitas bisa mudik dengan lancar. Mereka menyediakan transportasi yang ramah kepada saudara-saudara kita yang difabel. Termasuk, rest area di sepanjang jalan tol.

Bagi saya, apa yang dilakukan Kemenhub sebagai perwakilan pemerintah ini patut diapresiasi. Itu bukti, negara sangat ramah kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa dibedakan.

Apalagi, setahun lalu, Indonesia sukses menyelenggarakan Asian Para Games 2018. Yaitu, pesta olahraga untuk penyandang disabilitas pada 6 hingga 13 Oktober 2018.

"Itu yang sudah kami upayakan. Tidak hanya mudik saat ini saja. Melainkan juga pada tahun-tahun sebelumnya. Baik itu di terminal, stasiun, pelabuhan, dan bandar udara. Juga untuk anak kecil dan manula," Budi, menjelaskan.

Nah, bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui lebih lengkap terkait Mudik 2019 bisa menyaksikan di channel youtube saya pada laman https://www.youtube.com/user/rullyhuda/videos. Atau, bisa menontonnya per tayangan pada berbagai video di bawah ini.

Ketika Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Ngevlog Soal Mudik
Ini Cara Kementerian Perhubungan Bikin Mudik 2019 Jadi Lancar dan Asyik
Ini Alasan Kementerian Perhubungan Mengimbau Masyarakat untuk Tidak Mudik dengan Sepeda Motor
Ngevlog Mudik Bareng Asyik dan Lancar
Pesan Khusus Presiden Joko Widodo kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Menhub Budi Karya Libatkan Gubernur dan Kapolda di Tanah Air untuk Wujudkan Mudik Asyik dan Lancar
Ketika Menhub Budi Karya Menemukan Senyum yang Hilang


*        *        *

*        *        *

*        *        *

*        *        *
Add caption
*        *        *

*        *        *
Bersama Terry Endopoetro, rekan blogger yang tahun lalu bersama saya dan
Sekretariat Kabinet ikut meninjau PLBN Entikong, Kalimantan Barat

*        *        *

*        *        *

- Jakarta, 25 Mei 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan obat kuat, virus, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik.

Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)