TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Investasi Dini, Memang Penting?

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan

Di Perbatasan, Harga Diri Indonesia Dipertaruhkan
PLBN Entikong

Jumat, 30 November 2018

Investasi Dini, Memang Penting?

Investasi Dini, Memang Penting?






SYAHDAN, sejak dulu saya suka berinvestasi Tentu, masih menggunakan cara konvensional.

Salah satunya, lewat celengan. Saya masih ingat ketika jelang liburan memecahkan kendi berornamen ayam jantan yang ketika menyentuh tanah, bunyinya sangat merdu.

Tepatnya, ketika melihat puluhan uang logam  yang kala itu jadi harta karun. Belasan tahun berselang, sudah pasti, situasi berbeda.

Salah satunya, lewat reksa dana. Bagi generasi milenial, investasi dini bisa dibilang sebagai tantangan.

Baru mendengarnya pun, sudah apriori. Sebab, membayangkan saja sudah rumit.

Apalagi, terjun langsung?

Namun, seiring perkembangan zaman, segala sesuatu jadi lebih mudah dipelajari. Termasuk, reksa dana.

Itu terkait pesatnya teknologi. Sehingga, generasi milenial, seperti saya bisa memahami reksa dana dari berbagai sisi.

Misalnya, sambil diiringi musik. Itu yang  dilakukan Sorak Gemilang Entertainment (SGE) bekerja sama dengan PT Narada Aset Manajemen yang menyelenggarakan Tomorrow Today Fun (d) Festival.

Yaitu, acara edukasi finansial yang dikemas dengan musik dan art di Mal Senayan City, Jakarta Pusat, Sabtu (1/12). Terdapat berbagai pengisi acara yang hadir.

Mulai dari wiraswasta yang juga putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, Ligwina Hananto, hingga Tulus.

Namun, dua hari sebelumnya, saya dan belasan rekan blogger serta media turut menghadiri jumpa pers pra acara. Lokasinya, masih di Senayan City, tapi di Kaffein X Fashionlink, Lantai II (29/11).

Dalam kesempatan itu, turut hadir tiga narasumber. Mereka meliputi  Direktur Utama PT Narada Aset Manajemen Oktavian Dondi, Mervi Sumali (Marketing Director Sorak Gemilang Entertainment), Darling Kania Annisa Anggiani (Founder & Creative Director Chic) dan Ligwina (Financial Trainer & Founder QM Financial)

"Saat ini, banyak generasi milenial di  Indonesia yang sukses pada usia muda. Baik sebagai pengusaha maupun karyawan," kata Mervi dalam sambutannya.

"Seiring dengan keberhasilan itu, para milenial rentan dengan gaya hidup yang tinggi. Misalnya, traveling, shopping, dan hang out. Untuk itu, penting dengan membekalinya dengan perencanaan dan pengelolaan yang bijak."

Mervi menilai, bekal tersebut sangat berguna. Tujuannya, agar masa depan lebih baik.

Fakta itu yang jadi latar belakang Tomorrow Today Fun (d) Festival. Lewar event ini, Mervi mengajak para milenal untuk menyiapkan masa depan dengan baik yang salah satunya lewat investasi sejak dini.

Bisa dipahami mengingat berdasarkan data terbaru Bursa Efek Indonesia (BEI), generasi milenial menguasai investasi di pasar modal. Dari sekitar 1,5 juta investor perorangan,  34,08 persen teridenfikasi dengan rentang usia 21-30 tahun yang masuk generasi milenial.

"Investasi bukan hanya untuk mereka yang berkecukupan. Namun, untuk semua, termasuk generasi milenial," Dondi, menjelaskan.

"Salah satu bentuk investasi adalah reksadana yang dikelola manajer investasi yang dapat jadi alternatif yang aman serta dimulai dengan nominal terjangkau. Kemudahan berinvestasi inilah yang ingin kami sosialisasikan kepada milenial di Tomorrow Today Fun (d) Festival."

Yang menarik, selain festival ini, masyarakat juga masih bisa menikmati instalasi art. Yaitu, untuk menyambut tahun baru hingga 1 Januari mendatang dengan membayar tiket Rp 50.000.

"Sebelum memulai investasi, tetapkan tujuan keuangan. Setelah itu, atur penghasilan dengan baik," Ligwina memberi praktek kepada kami terkait awal muka investasi.

"Ada tiga hal agar keuangan tetapsehat. Pertama, biasakan catat pengeluaran. Selanjutnya, alokasikan uang untuk menabung, minimal 10% dari penghasilan bulanan. Terakhir, menjaga cicilan agar maksimal hanya 30% dari penghasilan bulanan."

Yupz, saya,seruju dengan pernyataan tersebut. Agar, kita tidak besar pasak daripada tiang.

Kebetulan, saya pribadi tidak punya cicilan karena sepeda motor sudah lunas. Namun, saya tetap menyisihkan penghasilan di bank sekian persen. Tujuannya, demi masa depan.***
d
,.;:?/
,
.
;
:
?
/


*        *        *

*        *        *

*        *        *

*        *        *

*        *        *

*        *        *

*        *        *

*        *        *

*        *        *


- Jakarta, 30 November 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan obat kuat, virus, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik.

Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)