TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Tujuh Alasan OPPO R7s sebagai Teman Sehari-hari

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Sabtu, 26 Desember 2015

Tujuh Alasan OPPO R7s sebagai Teman Sehari-hari


Antusiasme rekan-rekan media dan blogger saat peluncuran Oppo R7s 

'TAK kenal maka tak sayang". Demikian adagium lawas yang selalu saya ingat dan masih relevan hingga kini. Yaitu analogi dalam kehidupan sehari-hari agar tidak memvonis sesuatu sebelum mengenalnya lebih jauh. Sebagai blogger, sudah pasti hal itu saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya ketika saya menghadiri undangan eksklusif peluncuran OPPP R7s di Restoran Empirica, Senin (7/12). Yang paling menyita perhatian saya ketika mengkonfirmasi untuk datang ke acara tersebut mengenai harganya yang mencapai Rp 4,9 juta.

Sementara, setelah saya baca informasi lebih lanjut di media sebagai referensi untuk menambah pengetahuan saat acara berlangsung, OPPO R7s ternyata berasal dari Tiongkok. Jujur saja, mendengar negeri asal smartphone itu, saya jadi terhenyak.

Dalam hati berkata, "Masa iya, ada produk dari Tiongkok yang harganya setara dengan ponsel premium. Bagaimana dengan kualitasnya? Layanan purna jualnya? Jangan-jangan seperti beberapa gadget dari produsen asal Tiongkok lainnya yang hanya mementingkan 'jualan' ketimbang memerhatikan layanan purna jual atau garansi untuk konsumennya."

Beberapa pertanyaan itu terlintas di pikiran saya. Tanpa bermaksud menggeneralisasi bahwa produk asal Tiongkok memiliki kualitas yang pas-pasan. Namun, faktanya berdasarkan pengalaman saya memang mayoritas ya seperti itu. Apalagi, sebagai blogger yang berusaha menerapkan sembilan elemen Bill Kovac pada setiap tulisan, saya wajib kritis. Agar, artikel yang saya buat tidak menyesatkan pembaca.

Alhasil, saya pun datang ke Empirica yang lokasinya hanya sekali menyeberang dari kantor saya di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dengan rasa penasaran. Setelah tiba, saya langsung registrasi dan menuju beberapa booth OPPO R7s yang sudah dipenuhi media dan rekan-rekan blogger lainnya.

Dengan semangat 45, saya mencoba membedah klasifikasi dan keunggulan OPPO R7s untuk menemukan jawabannya. Terutama korelasi harga dan stigma negatif di masyarakat luas mengenai produk asal Tiongkok yang selama ini dikenal memiliki kualitas pas-pasan dan tidak memerdulikan layanan purna jual.

*       *       *

"Iya mas, produk ini (OPPO R7s) memang berasal dari Tiongkok. Tapi, ga semua yang asal Tiongkok itu kualitasnya jelek lho. Mas bisa 'bongkar' hape ini untuk membuktikan seri terbaru OPPO berbeda dibanding smartphone buatan Tiongkok lainnya. Bahkan, untuk kategori smartphone premium yang saat ini didominasi brand asal USA-maksudnya Amerika Serikat-, Eropa, Taiwan, dan Korea Selatan, OPPO R7s ini memiliki fitur dan spekulasi lebih lengkap," kata salah satu Sales Promotion Boy (SPB) menjelaskan kepada saya dengan tersenyum ramah.

"Harganya apa ga kemahalan pak? Rp 4,9 juta itu setara dengan smartphone di kelas high-end. Bahkan, nyaris tiga kali lipat ponsel saya saat ini," jawab saya mencoba membandingkan.

"Kalo lihat harganya memang mahal mas. Tapi, mas harus ingat, 'Ada harga ada rupa'. Jadi, mas membayar mahal untuk smartphone ini memang pantas. Karena OPPO R7s memiliki kualitas nomor satu. RAM-nya saja 4GB. Nah, mas profesinya apa? Kalo mas kerjanya lebih banyak di luar kantor, OPPO R7s ini sangat cocok karena baterainya awet. Bahkan, mas cukup men-charge lima menit untuk bisa bicara dua jam."

"Serius pak?"

"Tentu. Makanya, mari kita bedah fitur OPPO R7s satu-satu biar mas tahu lebih jelas."

"Siap pak. Nanti bantu saya membedahnya ya sekalian saya izin untuk memotret."

"Silakan mas. Dengan senang hati kami akan membantu."

*       *       *
Sambil menunggu konferensi pers yang dihadiri beberapa petinggi OPPO Indonesia, yaitu Suwanto yang menjabat sebagai Public Communications, Alinna Wen Xin (Brand Manager), Ivan Lau (CEO), dan Aryo Meidianto (Media Engagement), saya pun asyik membedah smartphone yang dipandu SPB tersebut. Mulai dari tampilan luar seperti casing, baterai, isi dus, hingga dalemannya yang meliputi RAM dan prosesor.

Maklum, meski beberapa kali pernah menulis review produk atau smartphone, saya memang bukan blogger IT yang spesialisasi gadget. Biasanya, saya hanya mengulas secara umum saja berdasarkan pengalaman pribadi saat mencobanya. Namun, untuk OPPO R7s ini saya membedahnya secara detail untuk menjawab rasa penasaran selama ini. Hingga akhirnya dengan sabar, SPB tersebut dibantu beberapa rekannya sukses menerangkan kelebihan OPPO R7s.

Ternyata, memang benar. Di balik harganya yang -menurut saya- mahal, tersimpan berbagai keunggulan. Bahkan, jadi alasan untuk saya agar suatu saat bisa memiliki OPPO R7s sebagai teman sehari-hari. Baik untuk ngeblog atau saat menjalankan tugas di lapangan.

Berikut, kesimpulan yang saya dapat berdasarkan pengalaman saat membedahnya:

1. Layanan Purna Jual
Sirna sudah prasangka saya mengenai produk asal Tiongkok yang selama ini kurang pandai mengelola layanan purna jual untuk kepuasan pelanggan. Sebab, OPPO Indonesia ternyata sudah memiliki 47 Service Center yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Bagi saya, layanan purna jual seperti garansi dan penyediaan spare parts merupakan faktor utama sebelum membeli suatu produk, khususnya smartphone. Berdasarkan informasi tambahan di situs resminya, sudah menjangkau dari ujung barat di provinsi Aceh hingga timur di Papua! Selain itu, OPPO Indonesia juga sangat responsif dalam menjawab pertanyaan atau keluhan dari pelanggannya di media sosial. Ini jadi nilai lebih bagi saya sebagai calon konsumen.

Sekadar informasi, berikut link terkait yang bisa dihubungi dari OPPO Indonesia:
- Pusat Layanan Pelanggan
- OPPO Care (Servis Tambahan)
- Informasi Resmi tentang Berbagai Produk OPPO Indonesia

Sosial Media:
- Facebook: Indonesia Oppo
- Twitter: @OppoIndonesia
- Instagram: @OppoIndonesia
- Youtube: @OppoIndonesia
- Komunitas: Oppo Community
- Pusat Penjualan Online: Ofanstore.co.id

2. Multifungsi 
Sebagai blogger sekaligus jurnalis olahraga, mutlak saya harus memiliki smartphone yang bisa segalanya. Khususnya ketika sedang meliput pertandingan atau wawancara eksklusif dengan atlet, pelatih, dan insan olahraga lainnya. Baik itu memotret, merekam video, merekam suara, mengirim email, menulis draft artikel untuk dikirim ke kantor, dan sebagainya. Apalagi, smartphone ini sudah dipersenjatai 4G LTE yang memudahkan untuk berselancar di dunia maya. Nah, itu semua sudah diwakili OPPO R7s.

3. Kamera Bertabur Fitur
Sebagai blogger, saya harus objektif dalam menulis artikel agar akurasi informasinya dapat dipertanggung jawabkan. Menurut saya, untuk kamera memang standar saja jika dibandingkan dengan smartphone di kelas premium lainnya. Yaitu, 13 Mega Pixel (MP) untuk belakang dan 8 MP di depan.

Namun, saya enggan terjebak dengan besaran Mega Pixel-nya saja, lantaran OPPO R7s memiliki keunggulan lainnya. Tepatnya pada sensor kamera Sony IMX214 dengan bukaan f/2,2. Awalnya saya ga terlalu ngeh dengan fitur ini, hingga beberapa hari kemudian saya diberitahu rekan kantor yang memang berprofesi sebagai fotografer. Menurutnya, dengan sensor dari Sony itu membuat OPPO R7s lebih bertenaga saat mengabadikan gambar.


Itu setelah saya memperlihatkan hasil pengujian di ruangan Empirica yang sengaja dikondisikan dengan cahaya minimal pun, terlihat sangat detail. Untuk menunjang gambar dengan resolusi tinggi, OPPO R7s sudah dibenamkan auto fokus PDAF yang cepat dan sistem Pure Image technology 2.0+. Bahkan, tersedia beberapa fitur ciamik seperti Ultra HD, Panorama, GIF, Audio Photo, Super Makro, serta Time Lapse, yang sempat saya coba hingga membuat saya takjub.


Bagaimana dengan kamera depan? Di era selfie dan wefie ini, 8 MP sudah lebih dari cukup. Apalagi dengan adanya fitur Beautify yang jadi penanda OPPO R7s sebagai smartphone premium untuk semua kalangan. Itu mengapa tiga rekan blogger, Kartika Putri Mentari, Astari Ratnadya, dan Myra Anastasia, antusias untuk melakukan wefie.

4. RAM 4GB
Nah, ini yang jadi andalan OPPO R7s sebagai smartphone pertama yang memiliki RAM hingga 4GB. Bagi saya, RAM 4GB ini sangat menunjang kegiatan sehari-hari yang tidak lepas dari smartphone untuk bekerja dan ngeblog. Sebab, dengan kapasitas sebesar itu, membuat OPPO R7s tidak sering nge-hang. Termasuk sudah dipersenjatai sistem operasi terbaru, ColorOS 2.1 berbasis Android 5.1. (Lollipop).

Sekadar informasi, smartphone ini sudah dilengkapi prosesor delapan inti Snapdragon 615 dengan penyimpanan internal 32 GB yang dapat ditingkatkan hingga 128 GB! Wow, jadi saya tidak khawatir untuk menyimpan file rekaman video yang rata-rata berkapasitas 500MB-2GB. Maklum, selama ini, setelah meng-upload di youtube, saya biasanya menghapus rekaman video di smartphone saya karena terkendala memori yang terbatas.

5. Baterai Tahan Lama
Saat ini, memang sudah ada power bank untuk antisipasi agar smartphone yang kita miliki tidak tiba-tiba mati akibat habis baterai saat digunakan. Namun, tetap saja itu jadi kelemahan, khususnya yang bersistem Android karena harus terkoneksi dengan internet. Saya punya pengalaman repot ketika harus memegang kabel power bank ketika harus mewawancarai tokoh olahraga. Saat itu, beliau hanya tersenyum melihat kerepotan saya yang tangan kiri memegang smartphone untuk merekam videonya dan tangan kanan menjaga kabel power bank agar tidak menjuntai ke tanah.

Nah, dengan OPPO R7s, tentu ke depannya saya tidak akan serempong itu lagi. Sebab, kapasitas baterainya sebesar 3.070 mAH yang sudah lebih dari cukup untuk dipakai seharian. Bahkan, untuk menjawab kebutuhan konsumen, OPPO Indonesia melengkapinya dengan teknologi pengisian tercepat, yakni VOOC Flash Charge. Dengan fitur itu, saya hanya butuh waktu 50 menit untuk mengisi ulang daya baterai sampai 90%. Persis seperti yang dikatakan SPB saat menemani saya membedah OPPO R7s.

6. Sylish Banget
Terdapat dua pilihan warna untuk OPPO R7s ini: Gold dan Rose Gold. Saya sendiri cenderung menyukai yang terakhir. Wajar, mengingat saya sebagai pria memang menyukai keindahan karena perpaduan warna emas dan pink terlihat lebih memesona.

Apalagi, ukurannya dengan layar 5,5 inch yang sekilas tampak bongsor namun terbilang tepat untuk digenggam. Baik saat dioperasikan dengan satu tangan, dua tangan, atau ditaruh di saku celana seperti yang saya coba. Fakta itu juga diungkapkan rekan blogger Shintaries Nijerinda saat diwawancarai Detik TV. Dalam tayangan live, co-founder komunitas Fun Blogging ini nyaman menggenggam OPPO R7s dengan satu tangan serta saat menaruhnya di kantong.

Yang menarik, bezel -sisi layar- tergolong tipis, hanya 2,2 mm. Sudah tentu menambah kesan elegan dari smartphone yang sudah dibenamkan Amoled full HD (1.920 x 1.080 pixels) ini. Jadi, sangat puas untuk dinikmati saat menyaksikan video di youtube atau bermain game FIFA 16 (ini mah saya banget).

7. Made in Tangerang
Serius? Awalnya, saya tidak percaya dengan penuturan SPB yang saya anggap guyon. Ternyata benar. Sebab, OPPO Indonesia memang memiliki pabrik di Tangerang, Banten. Itu saya dengar langsung dari Suwanto saat konferensi pers.

Tentu, dengan produksi di Tangerang, ada kebanggaan tersendiri bagi saya. Sebab, dengan begitu OPPO Indonesia tidak hanya mementingkan jualan saja seperti produsen smartphone lainnya. Melainkan juga turut berkontribusi terhadap perekonomian di negeri ini. Pasalnya, keberadaan pabrik di Tangerang bakal menyediakan lapangan kerja bagi warga sekitar.

Saya berharap, selain mengundang untuk peluncuran produk, ke depannya OPPO Indonesia juga turut mengajak blogger untuk melihat proses produksi di pabriknya.

*       *       *
Spesifikasi OPPO R7s

Dimensi: 151,8 mm x 75,4 mm x 6,95 mm
Layar: 5.5 inch Amoled FHD (16 juta warna)
Berat: 155 gram
Pilihan warna: Gold, Rose Gold
Sistem Operasi: ColorOS2.1, Android 5.1 (Lollipop)
Prosesor: Qualcomm MSM8939 Octa-Core
RAM: 4GB
Memori: 32 GB (bisa diperbesar hingga 132 GB via MicroSD)
Baterai: 3070 mAh Li-Po
Kamera belakang: 13 MP
Kamera depan: 8 MP
SIM: Dual SIM
GPS: Ya
Bluetooth: 4.0
Wi-Fi: 802.11 a/b/g/n/ac
Isi kardus: OPPO R7s, earphone, kabel Micro USB, VOOC Flash charger mini, case, pendorong SIM card, Buku petunjuk

*       *       *
Tampilan OPPO R7s dengan bezel 2,2 mm

*       *       *
Hasil kameranya yang tergolong baik dengan resolusi 13 MP

*       *       *
Tampak belakang OPPO R7s

*       *       *
Beragam OPPO R7s yang saya bedah sambil dites kemampuan baterainya

*       *       *
Brand Manager OPPO Indonesia, Alinna Wen Xin
*       *       *
Tiga rekan blogger mencoba wefie (Putri, Astari, dan Myra)
*       *       *
Testimoni rekan blogger Shintaries saat diwawancarai Detik TV

*       *       *
Terima kasih untuk SPB yang telah menemani saya bedah OPPO R7s sekaligus mengabadikan foto saya 

*       *       *
Empat petinggi OPPO Indonesia. Dari kiri ke kanan: Suwanto (Public Communications), Alinna (Brand Manager), Ivan (CEO), dan Aryo (Media Engagement) 

*       *       *
Rekaman video di Youtube mengenai peluncuran OPPO R7s

*       *       *

Video Unboxing OPPO R7s

*       *       *
- Jakarta, 26 Desember 2015

32 komentar:

  1. wah made in tangerang, berarti spare partnya mudah di dapat. sayang harganya ga ramah di kantong

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, saya juga baru tahunya pas dateng ke acara :)

      oh ya, kalo harga emang sih mahal
      tapi "ada rupa ada harga" jadi ya sesuai sama kualitasnya

      *siap2 nabung

      Hapus
  2. Waah keren nih made in Tangerang...
    Rose goldnya kereeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, saya juga baru tahu pas dateng ke acara :)
      kirain saya impor langsung, eh ga tahunya dibuat di sini, bagus buat ningkatin perekonomian tangerang dan bantu warga sekitar untuk buka lapangan kerja

      Hapus
  3. Kameranya 13 Mp Bro, jelas banget, kunjungan baliknya ya di amir-silangit.blogspot.co.id/2015/12/oppo-r7s-smartphone-berbodi-binaraga.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupz, resolusi 13 mp ditambah segudang fitur canggih :)

      siap ke tkp mas

      Hapus
  4. Balasan
    1. iya, kebetulan penasaran sama smartphone generasi terbaru Oppo
      apalagi, lokasinya deket sama kantor :)

      Hapus
  5. wah hadir di acara launchingnya

    http://www.daengfaiz.com/2015/12/oppo-r7s-aku-rapopo_25.html

    BalasHapus
  6. Idiih, harganya 4,9 juta? Nabung berapa tahun ini mah? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. harganya relatif mahal sih mas, tapi sebanding sama kualitasnya yang superkeren :)

      kalo ga salah di salah satu toko online ada yang bisa dicicil sampe 6 bulan mas

      Hapus
  7. Layarnya kece ya? Tipis.
    Dan soal batere saya paling tertarik nih jika kekuatannya mumpuni. Gak khawatir jika powerbank menipis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu, bezelnya elegan sama tampilannya memesona banget :)

      kalo baterai, kebetulan udah saya cek langsung dipandu spb-nya yang hasilnya positif

      Hapus
  8. Bangga juga diproduksinya di Tangerang, mungkin sebelum keluar dari pabrik, saya bisa beli...lumayan irit ongkos. Hehee. Kualiatas Oppo, keren dach

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi hi hi
      bisa aja mbak :)

      saya malah penasaran pengen lihat langsung Oppo Indonesia saat produksi smartphone

      Hapus
  9. RAMnya gede juga ya 4 GB, jadi beli gak nih ?kalau gak hadiah tahun baru lah buat aku :-p

    BalasHapus
    Balasan
    1. mauuu banget mbak :)
      iya, 4GB di atas rata2 smartphone sekarang pada umumnya

      Hapus
  10. Balasan
    1. hi hi hi
      wefie-nya seru banget mbak :)

      Hapus
  11. ngiler ngeliat hape ini terus2an, feminim tapi canggih spesifikasinya. Apalagi yang warna Rose Gold, duh mupeng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rose Gold itu saya juga suka, kesannya elegan
      secara, jarang ada smartphone premium yang warnanya seperti itu :)

      Hapus
  12. yang paling menarik perhatian adalah kamera *katakan saja saya narsis hehehe. secara kontras dia lebih tinggi dan lebih nge dop warnanya ya.

    yang kedua adalah batere...kalo ge charge cepet begini, ga perlu khawatir abis batere, numpang charge sebentar di stasiun bisa penuh lagi deh.

    harganya....hmm nabung dulu deh ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mbak, sama2 kita nabung
      cukuplah 2-3 bulan sisihin uang gaji buat beli :)

      Hapus
  13. aku ada kamera oppo tapi bukan tipe yang ini...jadi malas ikutan lomba wahahahah, saingannya keceh keceh begindang ahahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi hi hi
      santai aja mbak, ikut yuk
      DL nya diperpanjang sampe 8 januari, masih sempat:

      http://community.oppo.com/id/forum.php?mod=viewthread&tid=5718

      Hapus
  14. mauuuu Opponya, kemarin gak ikutan eventnya jadi nyesel, makin canggih aja nih smartphone

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mbak ikutan, mumpung deadline-nya diundur sampe 8 januari :)

      http://community.oppo.com/id/forum.php?mod=viewthread&tid=5718

      Hapus
  15. Suka banget sama design and resolusi kameranya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik :)
      sama dong, kayak saya juga plus ram-nya supergede bikin ga takut hang pas multitasking

      Hapus
  16. Ini merk berkualitas, bagus. tapi kenapa ya masih kalah bersaing dengan merk lainnya. Padahal dari harganya juga standart

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena masih baru masuk di Indonesia mas, biasa kan sesuatu itu butuh proses dan adaptasi :)

      kalo sekarang sih udah lumayan banyak, terutama karena OPPO sukses gandeng komunitas

      Hapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)