TyyiccClcSK3IvRCDh0sKBc4_Sg roelly87.com: Alasan Saya Ikut Prenagen Fun Walk Bersama Ibu Hamil dan Lansia

Google Adsense 2016

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya

Jelajah Bromo, Malang, dan Sekitarnya
Ngebolang Menikmati Eksotisnya Kawasan Timur Pulau Jawa

Mengupas Sisi Lain dari Sudut Pandang Blogger...

Senin, 07 Desember 2015

Alasan Saya Ikut Prenagen Fun Walk Bersama Ibu Hamil dan Lansia



Peserta Prenagen Fun Walk foto bersama sebelum jalan santai


LAPORAN survei demografi kesehatan Indonesia pada 2012 menunjukkan angka yang mengejutkan. Yaitu, 359 ibu dari setiap 100.000 kelahiran di Tanah Air, meninggal dunia akibat melahirkan bayi dalam kandungan.

Pernyataan itu diungkapkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise saat konferensi pers di Kantor Kowani, Jalan Imam Bonjol no 58, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (6/12).

Fakta angka kematian ibu (AKI) itu tentu mengejutkan bagi siapa pun yang mendengarnya. Tidak terkecuali bagi kaum pria seperti saya. Lantaran, di era modern ini, ternyata tidak menjamin keselamatan kaum wanita saat melahirkan. Meski begitu, saya menyadari, "Setiap penyakit pasti ada obatnya."

Ya, kecuali memang sudah takdirnya, angka kematian itu bisa diturunkan. Yaitu, dengan meningkatkan kesadaran semua pihak di Indonesia mengenai pentingnya kesehatan dan keselamatan ibu hamil serta kandungan. Sebagai manusia, tentu kita wajib berusaha semampu mungkin dan saling mengingatkan antarsesama.

*        *        *

FUN Walk Langkah Pasti Menurunkan Angka Kematian Ibu Hamil dan Melahirkan 2015. Demikian, tema yang diusung Prenagen saat mengadakan acara jalan santai dan sehat, kemarin. Kebetulan, saya turut menghadiri event yang diprakarsai produsen susu ternama di Tanah Air ini bersama Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dan didukung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (KPPPA), Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI), dan klikdoktercom.

Awalnya, sebagai pria yang -saat ini- belum menikah, saya sempat merasa asing ketika tiba di lokasi. Maklum, setiap saya memandang, nyaris semuanya merupakan kaum wanita dengan didominasi pakaian berwarna ungu. Ada yang muda, lanjut usia (lansia), dan juga sedang hamil. Namun, setelah berbincang dengan mereka, akhirnya saya bisa beradaptasi.

Toh, bagaimanapun, suatu saat saya akan menemani istri yang akan melahirkan. Jadi, dengan mengikuti acara Prenagen Fun Walk ini, saya bisa mengambil pelajaran untuk masa depan. Terlebih, sebenarnya saya sudah sering mengikuti acara yang berkaitan dengan wanita, khususnya kaum ibu.

Termasuk ketika menjadi relawan di komunitas IDKita dalam rangka mengenalkan bahaya internet kepada anak. Salah satunya di SD Ar-Rahman Motik, 25 November 2013 yang dimiliki mantan ketua Kowani, Dewi Motik Pramono. Atau, saat berdiskusi di kantor KPPPA terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, 29 Juni lalu.

Jadi, kehadiran saya untuk mengikuti jalan santai ini dapat menambah pengalaman. Apalagi, bergabung dengan ibu hamil dan lansia, sangat seru. Ada saja celetukan dari mereka yang membuat saya serta beberapa rekan blogger jadi tersenyum. Salut juga dengan peserta Prenagen Fun Walk yang antusias melakukan jalan santai untuk memperingati Hari Ibu yang diperingati setiap 22 Desember.

Oh ya, ada dua rute jalan santai yang kami lakukan. Untuk kategori ibu hamil dan lansia, mengambil jalur dari kantor Kowani ke Bundaran HI dan kembali ke tempat semula. Sementara, bagi peserta umum, termasuk blogger, agak sedikit jauh dari Kantor Kowani ke Bundaran HI, Monumen Nasional, dan kembali ke garis finis.

Yang menarik, tidak tampak raut kelelahan dari peserta 2.150 peserta saat melakukan jalan santai. Jumlah tersebut belum termasuk media, puluhan blogger, dan undangan lainnya. Kami larut dengan obrolan santai diselingi guyon sepanjang jalan.

Sayangnya, saat itu memori ponsel saya penuh. Alhasil, gagal mengabadikan berbagai momen keseruan tersebut melalui video seperti yang sudah saya rekam sebelum berangkat. Salah satunya ketika ada ibu-ibu yang mengajak polisi yang bertugas di Bundaran HI untuk welfie, alias foto bersama. Kebetulan, selain dari yayasan dan organisasi perempuan lainnya, juga banyak peserta yang berasal dari polisi wanita (polwan). Atau, saat adu yel-yel yang membuat masyarakat sekitar turut tersenyum.

Setelah puas menyusuri sepanjang jalan yang juga sedang ramai dipadati masyarakat yang sedang olahraga dan melakukan aktivitas lainnya karena bertepatan dengan Car Free Day (CFD), kami pun kembali ke kantor Kowani. Kebetulan, saat itu sedang diadakan konferensi pers yang menghadirkan Menteri KPPPA Yohana, Ketua Kowani 2014-2019 Giwo Rubianto Wiyogo, perwakilan dari Prenagen, dan perwakilan dari klikdokter.com.

"Kami mengajak semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, organisasi perempuan, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, dunia usaha, dan laki-laki sebagai suami, untuk menekan AKI dan bayi," kata Yohana.

Sementara, Giwo menambahkan, acara yang diprakarsai Kowani dan Prenagen ini sekaligus untuk menyambut Hari Ibu pada 22 Desember mendatang. Temanya, "Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki dalam Mewujudkan Lingkungan yang Kondusif untuk Perlindungan Perempuan dan Anak".

"Jadi, acara ini sesuai dengan tema menyambut Hari Ibu yang ke-87," kata Giwo yang merupakan nama sapaan dari Sri Woerjaningsih. "Untuk itu, penurunan angka kematian ibu dan (angka kematian) bayi tidak hanya membutuhkan peran wanita. Melainkan juga peran laki-laki."

Sosok yang ternyata merupakan blogger aktif di Kompasiana dengan akun www.kompasiana.com/giwo ini menambahkan, "Itu mengapa Kowani bersama Prenagen serta KPPPA, klikdokter.com, dan dukungan dari banyak pihak, mengadakan acara ini. Saya berharap, dengan jalan santai ini, bisa meningkatkan kesadaran semua pihak di Indonesia mengenai pentingnya kesehatan dan keselamatn ibu hamil serta kandungannya."

*        *        *
APA yang dikatakan Giwo beralasan. Sebagai pria, saya merasakan Prenagen Fun Walk kemarin tidak hanya sekadar seremoni saja. Melainkan juga sarat edukasi. Salah satunya dengan Belly Dance yang melatih otot-otot yang berkaitan dengan persalinan. Sehingga, diharapkan proses persalinan akan lebih mudah lancar.

Secara tidak langsung, acara jalan sehat ini sebagai langkah pasti dalam usaha menurnukan angka kematian ibu hamil dan melahirkan. Tidak tertutup kemungkinan, dari ribuan peserta, akan melahirkan calon-calon pemimpin bangsa selanjutnya.


*        *        *
Lokasi di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat

*        *        *
Berbagai booth yang menyediakan produk Prenagen

*        *        *
Aktivitas ibu hamil dan lansia di panggung utama

*        *        *
Pemanasan sebelum jalan santai

*        *        *
Ketua Kowani Gito Rubianto Wiyogo di atas panggung (ketiga dari kiri)

*        *        *
Peserta dari Yayasan Jantung Indonesia

*        *        *
Antusiasme dari 2.150 peserta yang mengundang kehebohan

*        *        *
Ibu Sehat Indonesia Sehat

*        *        *
Suasana di kantor Kowani untuk menyambut Hari Ibu

*        *        *
Berbagai kerajinan tangan dari, oleh, dan untuk kaum perempuan

*        *        *
Menteri KPPPA Yohana Susana Yembise saat konferensi pers

*        *        *
Perwakilan dari Prenagen
*        *        *
Beberapa produk Prenagen dan dari Kalbe Farma lainnya

*        *        *        *        *        *
*        *        *        *        *        *
*        *        *        *        *        *

Video Pemanasan jelang Fun Walk Prenagen di depan Kantor Kowani
*        *        *

Video Sambutan Menteri KPPPA dan Ketua Kowania toss produk Prenagen jelang Fun Walk Prenagen

*        *        *
Artikel Terkait Perempuan Sebelumnya
Diskusi tentang Perempuan dan Anak Bersama Serempak.or.id dan KPPPA
Ngobrol Bareng Christie Damayanti: Ngeblog sebagai Terapi Otak

*        *        *
- Jakarta, 7 Desember 2015

28 komentar:

  1. tadinya mau ikut mumpung lagi libur,, tapi takut gak ada yang 1 identitas :D,,,,,


    sebenernya sih takut direbutin Ibu-Ibu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak juga mas blogger yang hadir, termasuk pria :)

      iya, pas cfd itu jalanan padet banget he he he

      Hapus
  2. Saya waktu hamil minum Prenagen dan ikut senam hamilnya juga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. produknya banyak juga ya mbak, ada susu, jus, gula 0 kalori, dll :)

      Hapus
  3. wahhh diantara lautan ibu ibu (muda) nih hahahahii
    tapi aku lebih fokus ke kerajinan tangannya nih, dompetnya metalik banget sampae mencolok mata wahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. penjualnya ramah mbak, waktu saya izin foto, mereka responsif banget :)

      Hapus
  4. seru ya bisa ikut acaranya. bner juga tuh bisa mengambil pelajaran untuk masa depan, sautu saat pasti menemani istri melahirkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, itu yang saya cari
      buat nambah pengalaman :)

      Hapus
  5. Seru yaa.. tapi aku juga gagal fokus ama barang kerajinan tangannya..
    *pengen nyomot clutch nya 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. tasnya keren2 mbak :)
      apalagi katanya itu buatan tangan semua

      Hapus
  6. Semoga jadi bekal ayah yang telaten

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...
      iya mas, belajar buat masa depan :)

      Hapus
  7. Waktu hamil 8 tahun yg lalu aku juga minum prenagen, tp blm ada acara jalan2 kyk begini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya malah baru tahu ada acara seperti ini mbak :)

      Hapus
  8. Wah lengkap sekali. Terimakasih reviewnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cie cie cie...
      yang menang live tweet :)

      Hapus
  9. Kamu pria idaman mas. Hehehe tapi kehamilan dan kelahiran seyogyanya menjadi kepedulian kita bersama ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mas
      sebagai pria, kita harus peka dan peduli terhadap wanita yang melahirkan...

      Hapus
  10. OOh itu toh alasannya hehehe
    setuju banget Ibu sehat Indonesia sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he
      bener, awalnya sempat asing banget mbak :)

      yupz, Ibu sehat, Indonesia sehat

      Hapus
  11. Balasan
    1. he he he
      belajar dari sekarang mbak buat pengalaman ke depan :)

      Hapus
  12. seneng banget ya ...
    gabung sama mahmud2 ... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mahmud?
      apaan tuh mas?

      iya seru banget, bareng keliling jalan imam bonjol-hi muter balik :)

      Hapus
  13. aku gak ikutan, gak tau infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. moga lain waktu ada lagi mbak, ntar kita gabung :)

      Hapus
  14. Wah, seru ya, acara seperti ini.
    Acara seperti ini kan mengedukasi masyarakat juga ya, karena berhubungan dengan kesehatan ibu dan anak.
    Salut mas,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kebetulan meski saya masih single (he he he) tapi tetap bisa dijadiin pelajaran dan pengalaman buat masa depan

      Hapus

Maaf ya, saat ini komentarnya dimoderasi. Agar tidak ada spam, iklan judi, obat kuat, penjual gunting kuku, dan sebagainya. Silakan komentar yang baik dan pasti saya kunjungi balik. Satu hal lagi, mohon jangan menaruh link hidup...

Terima kasih :)